Apa Itu Kompresor? Pengertian, Fungsi, Jenis & Cara Kerja 2020

Apa Itu Kompresor – Melakukan sebuah pekerjaan terutama dibengkel tentunya banyak sekali membutuhkan alat-alat khusus untuk menunjang pekerjaan anda agar dapat berjalan lancar. Jika alat lengkap pekerjaan nantinya akan berjalan mudah.

Nah pada pembahasan kali ini hargaalat.id akan menyampaikan informasi mengenai salah satu alat bantun yang pastinya anda sudah pernah melihatnya. Mungkin sebagian justru sering menggunakannya, namun tidak paham secara jelas.

Dimana yang akan dibahas kali ini yaitu alat yang bernama kompresor, pastinya tidak asing lagi mengenai alat satu ini bagi anda yang biasa berada di bengkel atau tukang cet. Bengkel apa saja pastinya memerlukan alat satu ini untuk menunjang kelancaran dalam usahanya.

Selain itu alat satu ini juga bisa dikatakan menjadi salah satu alat yang perlu bahkan wajib dimiliki saat anda ingin membuka usaha bengkel. Walaupun memiliki kecil tidak masalah yang terpenting ada alat satu ini.

Pengertian Apa Itu Kompresor, Fungsi, Jenis & Cara Kerja Terlengkap

Pengertian Apa Itu Kompresor Fungsi Jenis Cara Kerja Terlengkap

Namun sedikit dari anda pastinya banyak yang belum paham betul mengenai alat satu ini. Lebih jelas mengenai alat satu ini akan disampaikan secara lengkap dibawah, jadi terus simak dan ikuti ulasan ini sampai akhir

Pengertian Apa Itu Kompresor

Pengertian Apa Itu Kompresor

Kompresor adalah suatu alat atau mesin yang menempatkan dan meningkatkan tekanan udara atau fluida gas. Alat ini dapat menyala dengan menggunakan bahan bakar bensin atau mesin diesel sebagai tenaga penggeraknya.

Cara Kerja Kompresor

Cara Kerja Kompresor

Untuk prinsip atau cara kerjanya sendiri nantinya alat bernama kompresor ini tidak jauh berbeda dengan pompa ban mobil maupun sepeda pada umumnya. Dimana ketika piston ditarik ke atas, tekanan silinder dibawah akan menurun sampai dibawah tekanan atmosfer.

Nantinya udara luar tersebut akan dapat masuk lewat celah katup hisap. Dari sinilah udara masuk ke pompa kemudian dimampatkan oleh piston yang nantinya didorong ke bawah. Karena udara dimampatkan, maka volumenya nantinya akan menjadi lebih kecil dan mengalir ke tempat yang memiliki tekanan udara lebih rendah.

Fungsi Kompresor

Fungsi Kompresor

Alat bernama kompresor sendiri memiliki fungsi utama untuk mengambil gas atau udara dari sekitar, lalu kemudian alirkan dan diberi tekanan di dalam tabung lalu akan disalurkan kembali sebagai udara yang memiliki tekanan tinggi. Itu fungsi utamanya, nantinya tekanan udara tersebut dapat dimanfaatkan untuk beberapa keperluan, seperti:

  • Mengisi udara ban motor, mobil dan lainnya.
  • Menyuplai udara untuk alat-alat spray atau air brush dalam pengecetan.
  • Menyuplai udara bagi para penyelam.
  • Menyuplai udara bersih dengan tekanan tinggi untuk mengisi tabung gas.
  • Menyuplai udara bersih yang memiliki tekanan pada sistem kontrol Heating, Air Conditioning (HVAC) pneumatic dan Ventilaiton di bangunan-bangunan perkantoran, sekolah dan gedung-gedung.
  • Menghasilkan udara bertekanan dalam volume besar sebagai keperluan proses industri skala besar. Seperti sistem purge di pabrik semen.

Jenis Kompresor

Jenis Kompresor

Sedangkan untuk jenisnya sendiri alat bernama kompresor masih terbagi menjadi beberapa jenis. Namun berikut beberapa jenis yang umum di temukan di bengkel dan tempat-tempat lainnya.

  • Air Compressor Mini

Pada jenis pertama ini nantinya tidak akan menampun tekanan udara yang dihasilkan melainkan bekerjanya hanya menghasilkan tiupan udara.  Sebagai contoh kompresor mini dengan penggerak motor DC seperti di perlengkapan mobil atau keperluan pengecetan. HARGA KOMPRESOR MINI juga terbilang menjadi salah satu kompresor yang termurah

  • Air Compressor Direct Driven

Jenis selanjutnya ini yaitu menggunakan sistem direct driven dimana penggerak motor terkoneksi langsung dengan pompa udara. Jenis kompresor ini memiliki kelebihan mengenai kecepatannya pengisiannya yang terbilang cukup tinggi, namun sayangnya sedikit rada bising.

  • Air Compressor Belt Driven

Janis kompresor belt driven sendiri ialah yang paling banyak digunakan dan pastinya tidak asing karena sangat mudah untuk di temui seperti di tukang tambal ban. Pada jenis ini nantinya menggunakan sistem koneksi antara tenaga penggerak dan pompa udara menggunakan v-belt.

  • Air Compressor Screw

Jenis yang terakhir ini bisa dikatakan menjadi kompresor yang beroperasi atau menyala selama 24 jam non stop maupun penggunaan debit yang cukup tinggi. Kelebihan dari jenis ini sendiri yaitu tidak banyak mengandung uap air dan tidak timbul suara bising.

Mungkin itulah informasi yang dapat hargaalat.id sampaikan untuk anda semua mengenai apa itu kompresor secara lengkap dari pengertian, cara kerja, fungsi dan jenisnya. Semoga bagi anda yang belum paham betul mengenai apa itu kompresor, dengan adanya ulasan ini dapat membantunya.