3 Cara Kerja Termometer, Kenapa Bisa Sangat Akurat !

Cara Kerja Termometer – Termometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur temperatur suhu. Ketika mengalami demam, biasanya tubuh akan mengalami kenaikan suhu atau menjadi panas.

Nah, untuk mengetahui suhu tubuh saat kondisi demam, biasanya orang akan menggunakan termometer. Maka dari itu, termometer ini memiliki peranan yang cukup penting dan banyak manfaatnya.

Selain digunakan untuk mengukur suhu tubuh, termometer juga bisa digunakan untuk mengukur suhu benda ataupun zat. Ukuran suhu yang terbaca pada termometer dinyatakan dengan satuan derajat celcius.

Namun, tahukah anda cara kerja termometer, kenapa bisa mengukur dengan sangat akurat? Cara kerjanya sendiri sangat beragam. Untuk lebih jelanya, simak informasi selengkapnya berikut ini.

Cara Kerja Termometer, Kenapa Bisa Sangat Akurat !

Cara Kerja Termometer Kenapa Bisa Sangat Akurat

Sederhananya, cara kerja termometer juga dipengaruhi oleh perubahaan suhu serta perubahan volume zat atau benda yang akan diukur menggunakan termometer. Secara garis besar cara kerjanya dapat dijelaskan.

Jika, zat cair didalam tondon terkena panas, maka zat cair tersebut akan memuai. Karena memuai, maka zat cair akan masuk ke dalam celah pipa kapiler dan akan berhenti pada celah tertentu. Adapun cara kerja setiap jenis termometer yaitu sebagai berikut.

Termometer Air Raksa

Termometer Air Raksa

Pada saat suhu dari luar lingkungan didekatkan dengan termometer ini, maka cairan raksa yang ada didalamnya akan memuai yang menyebabkan volumen akan terus bertambah, seiring dengan bertambahnya suhu. Untuk mengetahui berapa suhunya yaitu dengan melihat indikator berhentinya air raksa tersebut.

Termometer Digital

Termometer Digital

Termometer digital adalah jenis alat ukur yang sering digunakan. Pasalnya pengukur suhu di termometer ini sangat akurat. Selain itu HARGA TERMOMETER DIGITAL, juga sangat terjangkau.

Sedangkan, untuk cara kerjanya termometer ini akan mendeteksi suhu dengan sensor. Suhu benda yang diukur akan membuat tegangaan kaki output sensor suhu menjadi berubah. Perubahan inilah yang akan dikonversikan ke angka yang akan menunjukan nilai suhu.

Termometer Inframerah

Termometer Inframerah

Berbeda dengan termometer raksa dan digital yang menggunakan rambatan panas secara konduksi. Termometer infrared ini menggunakan prinsip rambatan panas melalui radiasi.

Menurut ilmu fisika kedokteran, setiap benda atau zat dengan temperatur lebih besar dari 0 kelvin akan memancarkan radiasi elektromagnetik yang disebut dengan radiasi benda hitam.

Begitulah cara kerja termometer. Pada umumnya prinsip kerja termometer dipengaruhi oleh perubahan suhu benda atau zat dan volume benda atau zat yang akan diukur. Jadi kesimpulannya.

  • Apabila zat raksa di dalam tondon terkena suhu panas, maka raksa tersebut akan memuai.
  • Nah, pemuaian ini akan menyebabkan raksa masuk kedalam celah pipa kapiler tertentu.
  • Nantinya, raksa akan berhenti pada celah tertentu, maka dari skala tersebut dapat terbaca suhu dari benda atau zat tersebut.

Itulah informasi yang dapat hargaalat.id sajikan untuk anda terkait informasi lengkap tentang cara kerja termometer. Pada kenyataannya prinsip kerjanya sangat sederhana, namun hasilnya sangat akurat.

 

Tinggalkan komentar