8 Cara Membersihkan Layar TV LED Dari Bercak Noda Secara Praktis

Advertisements

Cara Membersihkan Layar TV LED – Memiliki sebuah TV mungkin kini menjadi salah satu keharusan bagi sebagian orang. Karena peranan yang penting entah sebagai media penyampai informasi atau hanya sekedar hiburan semata.

Kini berbagai merk dan tipe TV sudah dapat dengan mudah untuk dijumpai di pusat toko elektronik terdekat dengan harga TV cukup bervariatif. Mungkin kini banyak dari sebagian orang yang beralih dari TV tabung menuju TV LED atau smart TV.

Teruntuk Anda para pemilik TV LED dan sudah cukup lama, pastinya akan mengalami kotor terutama di bagian layar. Dengan adanya bercak-bercak tersebut, pastinya para pemilik TV atau yang menyaksikan akan sedikit terganggu.

Advertisements

Dengan begitu, Anda harus membersihkan bercak atau kotoran tersebut agar menjadi bersih. Nah pada kesempatan kali ini kami akan sajikan tips atau cara membersihkan layar TV LED dari bercak yang mengganggu tersebut.

Cara Membersihkan Layar TV LED

Advertisements

Cara Membersihkan Layar TV LED

Terkait cara membersihkan sendiri sebenarnya sangat mudah dan mungkin hampir semua pemilik TV LED sudah bisa melakukannya. Meskipun demikian, ada beberapa hal yang harus diperhatikan pada saat membersihkan. Nah kali ini kami akan sajikan secara lengkap cara membersihkan TV-nya.

1. Siapkan Peralatan

Langkah pertama yang musti Anda perhatikan sebelum melakukan pembersihan adalah menyiapkan peralatan yang nantinya akan digunakan saat mulai pembersihan layar televisi LED. Peralatan itu sendiri seperti misalnya:

  • Kain dengan permukaan lembut.
  • Tisu basah dan tisu kering.
  • Cairan pembersih (Air biasa, Cuka, Tisu Basah, Minyak Kayu Putih).
  • Kemoceng dengan bulu lembut.
  • Ember dan air bersih.

2. Matikan TV LED

Jika semua peralatan sudah siap semua, maka Anda tinggal lanjut ke pembersihan. Namun sebelum memulai pastikan jika TV LED Anda dalam kondisi mati.

Bahkan jika perlu Anda bisa matikan TV LED dengan cara mencabut kabel power yang tertancap pada stop kontak. Tujuannya adalah guna hindari saat pembersihan tersetrum.

Selain itu, Anda bisa angkat TV LED tersebut dan menaruhnya dibawah / lantai. Tujuannya minimalisir agar TV LED tidak terjatuh saat dibersihkan akibat tersenggol.

3. Periksa Kondisi Layar TV

Setelah itu Anda juga perlu periksa kondisi layar TV LED guna menemukan kerusakan atau lecet. Apabila ada kerusakan, alangkah baiknya bersihkan bagian tersebut lebih hati-hati.

Karena jika ada kerusakan, maka riskan atau bisa memperparah kondisi layar jika tertekan terlalu keras. Untuk memudahkan proses membersihkan layar LED TV, beri tanda dengan selotip.

4. Gunakan Cairan Pembersih

Jika sudah maka lanjut dengan siapkan tisu basah atau kain bersih dengan permukaan lembut. Untuk penggunaan tisu basah mungkin bisa langsung saja untuk memulai membersihkan.

Namun untuk penggunaan kain lap Anda bisa menambahkan carian pembersih. Namun dirasa tidak ampuh untuk hilangkan noda maka bisa tambahkan air dicampur cuka atau pun minyak kayu putih.

5. Mulai Pembersihan Layar

Mulai Pembersihan Layar

Setelah itu mulailah dengan mengusap atau lap layar dengan tisu basah atau kain lap. Teruntuk penggunaan kain lap lebih baik jangan langsung semprotkan carian pembersih pada layar TV.

Melainkan semprotkan pada kainnya saja dan mulai lap terlebih dahulu baru mulai pembersihan pada kain layar TV LED. Usahakan jangan menekan terlalu kerap pada layar guna hindari kerusakan.

6. Pastikan Kondisi Layar TV Kering

Jika sudah berhasil lap atau membersihkan noda bercak pada layar televisi LED maka segera untuk mengeringkan dengan kain lap yang tidak basah.

Tujuan mempercepat layar cepat kering adalah untuk minimalisir munculnya bercak-bercak lain pada layar setelah dilakukan pengelapan.

7. Bersihkan Juga Tempat Menaruh TV

Sembari menunggu layar TV LED kering total, Anda bisa juga lakukan pembersihan pada tempat menaruh TV. Hal ini nantinya bisa menjadikan layar TV dan area TV bersih dan terasa nyaman.

Pembersihan bisa dilakukan dengan menggunakan kemoceng atau kain lap jika memungkinkan tempat (meja TV) bisa dilakukan pembersihan dengan kain lap.

8. Letakkan Kembali TV di tempat Awal

Jika semua sudah bersih, langkah berikutnya Anda tinggal menempatkan kembali TV LED tersebut ke tempat semula. Pastikan peletakan TV LED sudah benar.

Kemudian jika sudah, lanjut dengan tancapkan kembali kabel power ke stop kontak. Dengan begitu maka Anda sudah bisa kembali menyaksikan acara TV dengan layar bersih.

Mungkin itu saja cara mudah membersihkan layar TV LED yang dapat hargaalat.id sajikan untuk Anda semua. Semoga dengan adanya pembahasan cara membersihkan layar televisi di atas bisa bermanfaat, terutama bagi para pemilik televisi baru.

Advertisements