5 Cara Memperbaiki TV LCD Samsung Bergaris 100 % Work & Normal

Cara Memperbaiki TV LCD Samsung Bergaris – Bagi pengguna TV Samsung LED/LCD, tentunya berbagai macam masalah mungkin seringĀ  ditemui. Seperti misalnya TV tidak mau nyala, gambar tidak jelas, MATI STANDBY, layar bergaris maupun masalah/kerusakan lainnya.

Dan salah satu kerusakan TV Samsung yang kerap terjadi yaitu kondisi layar bergaris. Bergaris itu sendiri ada dua macam yaitu bergaris secara vertikal maupun horizontal, dan bergarisnya TV ini membuat para pemilik TV akan sedikit terganggu.

Lalu pemilik TV Samsung tersebut bertanya mengenai apa penyebab dan bagaimana cara memperbaiki masalah TV Samsung bergaris? Tepat, karena pada pembahasan kali ini hargaalat.id akan sampaikan secara jelas dan lengkap dari penyebab serta cara memperbaikinya.

Dan untuk lebih paham akan penyebab serta cara memperbaiki TV Samsung LCD bergaris, berikut akan disampaikan di bawah ini. Jadi simak terus pembahasan sampai akhir, agar nantinya Anda paham akan cara memperbaiki TV Samsung bergaris.

Cara Memperbaiki TV LCD Samsung Bergaris

Penyebab TV Samsung LCD Bergaris

Untuk penyebab atau masalah utama layar TV Samsung bergaris, baik itu bergaris vertikal maupun horizontal yaitu adanya komponen yang rusak. Seperti sering terjadi pada transistor/IC/ jalur pixel transistor driver pada rangkaian panel yang tidak berfungsi.

Komponen rusak itu sendiri bisa disebabkan oleh TV Samsung LCD Anda yang sudah memiliki waktu lama. Karena apa saja jika digunakan atau dalam pemakaian lama akan mengalami penurunan kualitas bahkan terjadi kerusakan tentunya,

Langkah Memperbaiki TV LCD Samsung Bergaris Horizontal & Vertikal

Langkah Memperbaiki TV LCD Samsung Bergaris Horizontal Vertikal

Lalu bagaimana dengan cara memperbaiki TV LCD bergaris tersebut? Tenang dan tidak perlu khawatir, karena hargaalat.id akan sampaikan secara lengkap dan jelas bagaimana cara atau langkah-langkah memperbaikinya. Simak ulasan berikut:

1. Amankan Kondisi TV

Amankan Kondisi TV

Sebelum mulai memperbaiki TV Samsung bergaris, terlebih dahulu untuk mengamankan kondisi TV-nya. Yaitu dengan cara mencabut jek power yang terhubung, agar nantinya saat mulai memperbaiki TV bergaris tersebut lebih aman.

2. Lakukan Pengecekan

Lakukan Pengecekan

Jika sudah mencabut jek power TV, maka cara memperbaiki selanjutnya yaitu dengan mencoba untuk cek komponen-komponen seperti transistor atau IC. Lakukan pengecekan pada tegangan output IC power Tcon.

Dengan begitu Anda harus membuka cover belakang dari TV Samsung LCD-nya. Lakukan pembukaan cover TV secara perlahan dan berhati-hati agar nantinya tidak melukai komponen lain di TV Samsung LCD Anda.

3. Putus Jalur PIN Out 21

Putus Jalur PIN Out 21

Memperbaiki selanjutnya pada TV Samsung bergaris baik horizontal atau vertikal yaitu dengan memutuskan jalur PIN Out 21. Di mana jalur tersebut merupakan jalur yang memiliki aliran ke FPc (panel).

Kembali periksa dan tingkatkan tegangan dalam kondisi tanpa beban atau dalam kondisi TV Samsung tidak menyala. Dan pada umumnya jika di cek nantinya PIN Out 21 tersebut cenderung konstan pada angka kurang lebih 24.

4. Ganti Komponen

Ganti Komponen

Jika sudah melakukan pengecekan di atas dan menemukan komponen bermasalah seperti misalnya IC, panel, maupun jalur in yang menuju panel bermasalah maka Anda hanya perlu menggantinya.

Anda bisa mendapatkan komponen-komponen tersebut di toko elektronik terdekat. Jika perlu, komponen yang dimaksud dilepas dan dibawa saat membelinya. Lalu tunjukkan pada penjual jika Anda mencari komponen seperti ini.

5. Rakit & Coba Nyalakan

Rakit Coba Nyalakan

Setelah mendapatkan komponen yang dimaksud, maka Anda bisa memulai memperbaiki TV Samsung bergaris itu kembali. Langsung saja untuk pasangkan komponen yang sudah didapat.

Setelah semuanya berhasil terpasang seperti semula, maka Anda mulai untuk menyalakan dan mencoba TV Samsung LCD-nya. Jika TV Samsung LCD Anda sudah tidak bergaris, maka langkah memperbaiki di atas berhasil.

Catatan : Jika Anda kurang yakin untuk memperbaiki TV Samsung bergaris, maka disarankan untuk panggil jasa tukang service TV. Agar nantinya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan, seperti menambah kerusakan-kerusakan pada komponen lain.

FAQ

1. Bagaimana Jika di Toko Elektronik Komponen yang Dicari Tidak Ada?

Anda bisa membelinya di toko online, karena sudah banyak penjualnya.

2. Berapa Biaya Jika Memperbaiki dengan Panggil Jasa Tukang Service TV?

Biaya memperbaiki TV Samsung LCD bergaris sendiri berkisar di antara Rp 100 – Rp 350 ribu, tergantung dengan besar kecilnya TV Samsung Anda.

Bagaimana? Mudah bukan langkah atau cara memperbaiki TV Samsung LCD/LED bergaris. Mungkin itulah cara memperbaiki yang bisa hargaalat.id sampaikan, semoga bermanfaat dan selamat mencobanya.

Tinggalkan komentar