15 Cara Reset Printer Epson L120 Manual & Dengan Resetter

Advertisements

Cara Reset Printer Epson L120 – Meskipun printer Epson L120 diciptakan dengan kualitas terbaiknya, namun itu bukan berarti printer ini tidak dapat mengalami masalah. Error hingga tidak bisa cetak dapat terjadi pada printer ini.

Printer Epson L120 error, tidak bisa digunakan untuk mencetak hingga menampilkan lampu indikator berkedip bersamaan adalah masalah umum. Jika hal itu terjadi maka solusi untuk memperbaikinya adalah dengan melakukan reset.

Printer Epson L120 yang menampilkan lampu indikator berkedip bersamaan merupakan gejala full service atau pemberitahuan tinta yang habis. Kemudian memberikan pesan atau kode bahwa perangkat mengalami masalah atau error.

Advertisements

Masalah seperti itu akan selesai dalam sekejap, jika printer Epson L120 direset. Lantas, bagaimana cara melakukan reset? Adapun cara reset printer Epson L120 dapat kalian lakukan dengan terus membaca artikel dari hargaalat di bawah ini.

Penyebab Epson L120 Perlu Reset

Epson L120 memang menjadi pilihan terbaik, dimana kualitasnya sangat baik dengan spesifikasi yang lumayan tangguh. Walaupun punya kualitas tinggi, namun harga printer Epson L120 terbilang cukup terjangkau sesuai pasaran Indonesia.

Dibalik kualitasnya, namun seiring lamanya waktu pemakaian printer Epson ini dapat mengalami kendala. Berikut ini adalah beberapa faktor yang sering kali menjadi penyebab printer Epson L120 mengalami masalah error.

1. Error Notification

Ketika melakukan pencetakan dokumen terkadang printer Epson L120 akan menujukan notifikasi tinta kosong ditandai dengan lampu tinta berkedip. Padahal tabung tinta masih terisi penuh.

Kondisi inilah yang membuat printer tersebut harus di reset agar printer kembali normal. Caranya cukup dengan menekan tombol tinta selama 5 detik. Setelah itu, lepaskan dan tekan kembali selama 5 detik.

2. Paper Jam

Paper jam mengidikasikan bahwa kertas yang digunakan tersangkut pada mesin, sehingga printer berhenti bekerja. Error ini biasanya terjadi pada printer Epson L120 karena kertas yang terlalu banyak, sensor rusak atau lainnya.

Cara untuk mengatasinya yaitu dengan memasukkan kertas secukupnya saja dibagian paper jam dan menggunakan ketebalan yang normal. Apabila sensor mengalami kerusakan, maka untuk mengatasi samalah ini harus diperbaiki di service center.

3. Overload

Untuk kendala overload terjadi karena printer Epson L120 sudah terlalu banyak melakukan pencetakan. Selain itu, masalah ini juga bisa disebabkan karena printer terlalu banyak menarik kertas lebih dari satu lembar.

Permasalahan ini terjadi di bagian roller penarik kertas. Maka dari itu, saran terbaiknya adalah untuk selalu mengganti roller karena untuk memperbaikinya terbilang cukup sulit.

Cara Reset Printer Epson L120

Cara Reset Printer Epson L120

Advertisements

Pastinya sangat menyebalkan ketika ingin menggunakan printer untuk mencetak dokumen, namun printer tersebut tidak bisa digunakan. Lalu, hanya bisa menampilkan lampu indikator yang berkedip bersamaan.

Nah, jika lampu printer Epson L120 berkedip bersamaan dan tidak dapat mencetak, maka Anda harus segera melakukan reset. Berikut adalah beberapa cara reset printer Epson L120 yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi error pada printer.

Cara Reset Printer Epson L120 Secara Manual

Cara Reset Printer Epson L120 Secara Manual

Untuk cara pertama, Anda bisa reset printer Epson L120 secara manual tanpa software resetter. Berikut ini langkah-langkah untuk mereset printer Epson L120 secara manual.

  1. Pertama-tama, silahkan nyalakan printer Epson L120 Anda.
  2. Kemudian, telan tombol Power dan Resume secara bersamaan selama 5 detik. Setelah itu, lepaskan kedua tombol tersebut.
  3. Selanjutnya, tekan kedua tombol tersebut kembali selama 3 detik.
  4. Lalu, biarkan printer L120 selama beberapa menit.
  5. Setelah itu, maka printer Epson L120 akan bekerja kembali secara  normal.

Setelah melakukan cara di atas, namun printer Epson L120 masih mengalami error, maka solusi lainnya mencoba mereset dengan resetter Epson seperti di bawah ini.

Cara Reset Printer Epson L120 Dengan Resetter

Software resetter Epson dapat membantu kamu untuk menyelesaikan semua masalah yang terjadi di printer Epson L120. Selain itu, software resetter ini juga dapat digunakan secara gratis dan cocok untuk semua printer Epson seri L.

  1. Pertama, silahkan unduh software resetter printer Epson L120 terlebih dahulu melalui tautan berikut ini : Resetter Epson L120.
  2. Setelah itu, ekstrak dan instal di komputer atau laptop Anda.
  3. Kemudian, nyalakan printer Epson L120. Lalu, buka aplikasi resetter.
  4. Lalu, klik tombol Select dan pilih L120 atau versi yang sesuai dengan printer Anda.
  5. Selanjutnya, pilih mode pada Particular Adjusment Mode.
    pilih mode pada Particular Adjusment Mode
  6. Berikutnya, silahkan pilih Waste ink Pad Counter.
    pilih Waste ink Pad Counter
  7. Lalu, periksa Play Pad di kotak tengah.
  8. Kemudian, klik Instalasi dan pilih OK pada pesan pop up yang muncul.
  9. Setelah itu, tinggal hidupkan printer Epson L120.
  10. Printer Epson L120 telah berhasil di reset dan semua error akan diperbaiki.

Nah, itulah informasi lengkap dari hargaalat.id terkait cara reset printer Epson L120 secara manual dan dengan resetter untuk mengatasi lampu berkedip bergantian. Mungkin hanya itu saja informasi dari kami, semoga membantu Anda.

Advertisements