√ Harga Alat Swab Antigen Mandiri 2021 : Tips & Risiko

Harga Alat Swab Antigen – Meningkatnya kasus positif Covid-19 membuat banyak orang semakin khawatir akan penularan virus berbahaya ini. Alhasil, banyak orang melakukan swab antigen pribadi untuk mengetahui kondisi kesehatannya.

Meskipun melakukan tes swab antigen secara mandiri memiliki risiko dan hasil pemerikasaan tidak selalu akurat. Namun, banyak orang yang membeli alat swab antigen untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara mandiri di rumah.

Alat swab antigen kini sudah semakin mudah didapat, pasalnya alat kesehatan ini banyak dijual di apotek ataupun dijual secara online. Untuk satu set box alat swab antigen mandiri dijual dengan harga yang bervariasi dan berbeda-beda.

Lantas, berapa harga alat tes swab antigen? Nah, bagi Anda yang belum mengetahui harga alatnya, maka inilah saat paling tepat untuk mengetahuinya. Dimana di bawah ini Hargalat akan menyajikan daftar harga alat swab antigen mandiri.

Harga Alat Swab Antigen

Harga Alat Swab Antigen

Memiliki alat swab antigen, mungkin untuk sekarang ini cukup diperlukan. Namun yang harus menjadi catatan adalah alat ini hanya bisa digunakan oleh orang yang sudah ahli dan untuk melakukan tes antigen secara mandiri harus mendapatkan izin dari kementerian kesehatan.

Adapun jika benar-benar membutuhkan alat swab antigen, maka sangat dianjurkan untuk tidak melakukan pemeriksaan secara mandiri. Lakukan pemeriksaan dengan meminta bantuan kepada petugas kesehatan.

Untuk harga alat swab antigen sendiri berada di angka kisaran ratusan ribu rupiah. 1 box alat swab antigen dibanderol dengan harga Rp. 250.000Rp. 1.000.000 tergantung kualitas alat itu sendiri.

Sementara untuk harga alat swab antigen Panbio yaitu sekitar Rp. 2.310.000 per 25 unit. Nah, untuk melakukan tes swab antigen dengan hasil yang lebih akurat sebaiknya lakukan pemeriksaan di puskesmas atau rumah sakit.

Pemeriksaan Rapid Test Antigen Swab yang dilakukan di Puskesmas atau Rumah Sakit hanya membutuhkan biaya sebesar Rp. 250 ribu untuk Pulau Jawa dan Rp. 275 ribu untuk luar Pulau Jawa.

Untuk mengetahui tubuh terjangkit virus Covid-19, sebaiknya kenali gejala-gejala Covid-19 atau melakukan pemeriksaan suhu tubuh dengan ALAT PENDETEKSI SUHU TUBUH.

Tips Memilih Alat Swab Antigen

Tips Memilih Alat Swab Antigen

Jika memang benar-benar membutuhkan alat swab antigen, maka dianjurkan untuk memilih alat yang berkualitas. Memilih alat swab bukan dilihat dari segi harga, namun dari segi lainnya.

Pemilihan alat swab harus steril dan original, jangan asal pilih alat swab atau yang penting harga satuannya terjangkau. Anda perlu mempertimbangkan risiko melakukan tes swab antigen mandiri menggunakan alat yang tidak steril atau tidak berkualitas.

Hal itu dapat merubah hasil pemeriksaan. Berikut adalah beberapa tips memilih alat swab antigen yang baik dan benar.

  1. Pilihlah klinik atau pusa kesehatan yang memiliki izin dari pihak yang berwenang.
  2. Perhatikan standar dan prosedur petugas pemeriksaan antigen.
  3. Pastikan alat swab antigen yang diberikan masih baru dan belum terbuka segelnya.
  4. Jangan tergiur dengan harga murah, lakukan riset harga terlebih dahulu.

Risiko Swab Antigen Mandiri

Risiko Swab Antigen Mandiri

Hal benar-benar harus sangat diperhatikan dalam melakukan tes swab antigen secara mandiri yaitu risiko yang bisa terjadi. Memang swab antigen mandiri membuat Anda tak keluar rumah dan hasilnya pun bisa langsung diketahui.

Alat swab antigen juga banyak dijual secara bebas dengan harga yang bervariasi. Meskipun demikian, namun swab antigen sangat tidak disarankan dilakukan secara mandiri, dimana tes hanya boleh dilakukan oleh tenaga kesehatan.

Oleh sebab itu, jika memang ingin membeli alat swab antigen, maka sangat dianjurkan untuk melakukan tes swab dengan bantuan tenaga kesehatan. Hal itu bertujuan untuk mengurangi risiko yang bisa terjadi jika melakukan tes mandiri.

Adapun risiko melakukan swab antigen secara mandiri yaitu sebagai berikut :

Hasil Pemeriksaan Tidak Akurat

Perlu Anda ketahui, bahwasanya tes swab antigen secara mandiri yang dilakukan oleh seseorang yang bukan ahlinya memiliki tingkat akurasi yang lebih rendah. Pasalnya, hasil swab antigen sangat dipengaruhi oleh cara pengambilan serta penanganan sampel ketika rapid antigen untuk Covid-19. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa pengambilan serta pembacaan tes antigen tidak layak.

Cara Pengambilan Sampel Tidak Benar

Swab antigen dilakukan dengan memasukkan alat seperti cotton bud panjang ke hidung dan mendorongnya hingga ke nasofaring yaitu bagian atas tenggorokan. Kemudian, alat swab diputar sekitar 15 detik agar sampel lendir nasofaring bisa diambil  dengan baik.

Nah, jika lendir nasofaring tidak menempel pada alat pemeriksa, maka sampel yang diambil pun tidak tepat, sehingga akan menujukan hasil pemeriksaan swab antigen negatif. Padalah, hasil negatif belum tentu karena tidak ada Coronavirus, tetapi karena sampel yang diambil tidak tepat.

Itulah informasi dari Hargaalat.id seputar harga alat swab antigen. Meskipun dibanderol dengan harga yang relatif terjangkau untuk 1 box atau sekitar 25 unit alat swab dibandingkan harus membayar Rp. 250 untuk 1 kali tes swab, namun Anda harus tetap mempertimbangkan risiko yang bisa terjadi jika melakukan tes secara mandiri.

Oleh sebab itu, kami menganjurkan untuk melakukan tes di klinik atau pusat kesehatan. Jikalau memang memiliki alat antigen mandiri, sebaiknya lakukan swab dengan bantuan petugas kesehatan. Demikianlah, informasi seputar harga alat swab antigen semoga bermanfaat.