√ Meteran Listrik Diblokir : 8 Penyebab & Cara Mengatasi

Meteran Listrik Diblokir – Penggunaan listrik mungkin jadi salah satu kebutuhan pokok saat ini. Karena hampir semua pekerjaan atau kebutuhan sudah memerlukan sebuah listrik untuk mengoperasikannya.

Dengan begitu, jika sampai ada masalah pada meteran listrik baik meteran prabayar atau pascabayar. Hal itu menjadikan pekerjaan Anda akan sedikit tertunda, nah mengenai masalah meteran bermasalah sendiri terbilang cukup beragam.

Gangguan masalah tersebut seperti misalnya METERAN LISTRIK MUNCUL TULISAN DAYA LEBIH, sering anjlok, meteran error, diblokir dan masih banyak lainnya. Tentunya dari masalah tersebut, nantinya dapat pengguna listrik alami.

Namun tidak perlu khawatir, karena masalah-masalah tersebut nantinya masih bisa teratasi. Namun, banyak dari pengguna meteran listrik PLN yang belum tahu apa yang menjadikan masalah tersebut terjadi dan bagaimana cara mengatasinya.

Meteran Listrik Diblokir

Meteran Listrik Diblokir

Nah, pada kesempatan kali ini hargaalat.id akan sampaikan informasi mengenai meteran listrik diblokir lengkap dari penyebab dan cara mengatasinya. Jadi, bagi Anda pemilik meteran listrik yang mengalami masalah serupa dan tidak bisa beli token pulsa, adanya cara ini semoga bisa membantu mengatasi.

Penyebab Meteran Listrik Diblokir

Panyebab Meteran Listrik Diblokir

Sebelum berlanjut ke pembahasan mengenai cara mengatasi meteran prabayar atau token diblokir. Alangkah baiknya Anda tahu kenapa ID pelanggan (IDPEL) PLN diblokir atau terblokir? Adapun penyebab umumnya sendiri seperti:

1. Penaikan / Penurunan Daya

Penyebab pertama bisa saja meteran diblokir adalah yaitu akibat penaikan atau penurunan daya, baik dari 450 VA ke 1300 VA maupun sebaliknya. Lalu kenapa hal itu terjadi? Meteran diblokir karena hal ini, biasanya dikarenakan ada sedikit kesalahan yang tidak disadari.

Dengan pengubahan daya listrik, pengguna akan dibebani biaya administrasi. Bahkan tidak hanya biaya administrasi saja, melainkan juga membayar tagihan per bulan sesuai tarif listrik. Nah, jika sampai hal ini tidak disadari maka meteran pulsa bisa diblokir.

2. Salah Memasukkan Token / Nomor Voucher

Meteran diblokir selanjutnya, bisa dikarenakan oleh kesalahan pengguna saat memasukkan token atau nomor voucher ke dalam meteran. Biasanya jika pengguna meteran listrik prabayar salah sampai 10 kali dalam memasukkannya.

Dengan begitu, saat memasukkan nomor voucher pulsa listrik pada meteran. Alangkah baiknya selalu bersabar, jangan terlalu cepat dan selalu teliti, jika perlu cek kembali barang kali ada kesalahan dalam memasukkan nomornya.

3. Menunggak Tagihan

Faktor penyebab atau masalah berikutnya yang menjadikan meteran listrik diblokir adalah terlambat bayar tagihan listrik. Biasanya ini terjadi saat pemilik lupa atau terlalu sibuk sehingga tidak menyadarinya.

Untuk mengantisipasi terjadinya meteran diblokir, alangkah baiknya pelanggan PLN selalu cek apakah terlambat bayar tagihan listrik tidak. Untuk mengetahui pulsa atau token listriknya terblokir yaitu karena tidak bisa melakukan isi ulang.

4. Kesalahan Sistem

Selain beberapa faktor penyebab diblokir meteran listrik di atas, ternyata meteran listrik diblokir juga bisa dikarenakan kesalahan dari sistem. Masalah pada sistem memang bukan masalah sembarangan dan Anda perlu menghubungi PLN sesegera mungkin agar listrik dirumah kembali normal.

Cara Mengatasi Meteran Listrik Diblokir

Setelah tahu apa saja faktor penyebab yang menjadikan meteran token listrik pelanggan PLN terblokir di atas. Selanjutnya Anda tinggal tahu bagaimana cara untuk mengantisipasi ID pelanggan yang terblokir, untuk lebih jelas simak terus cara atasi meteran diblokir di bawah ini.

1. Hubungi Sosial Media PLN

1. Hubungi Sosial Media PLN

Cara pertama untuk atasi meteran diblokir yang harus dilakukan adalah menghubungi PLN melalui layanan sosial medianya. Silakan tanyakan dan apa keluhan yang Anda rasakan dengan mengirim pesan ke akun sosial media tersebut.

  • Twitter : @pln_123
  • Facebook : PLN 123
  • Instagram : pln123_pln.co.id
  • Web : www.pln.co.id

2. Kirim Email Keluhan

2. Kirim Email Keluhan

Selain mengirim pesan lewat akun media sosialnya. Pengguna meteran yang diblokir akibat beberapa hal, bisa mengatasinya dengan mengirim email keluhan di alamat email pln123@pln.co.id. Anda bisa kirim pesan email ini kapan saja selama 24 jam non stop.

  • Login ke akun gmail.
  • Klik “Compose” atau “Tulis”.
  • Isikan alamat email penerima pada To/kepada (pln123@pln.co.id) Subjek/Judul lalu isi email tersebut.
  • Terakhir klik tombol “Send” untuk kirim email.

3. Hubungi Call Center PLN

3. Hubungi Call Center PLN

Cara mengatasi meteran diblokir selanjutnya yaitu dengan hubungi contact center atau call center PLN secara langsung di “123” jika dengan telepon namun jika dengan HP “kode area + 123”. Mungkin cara ini salah satu cara atasi paling mudah, karena Anda hanya perlu lakukan panggilan saja.

  • Siapkan HP dan pulsa yang cukup.
  • Tekan dial “kode area + 123” atau “123 (Telepon)”.
  • Jika terhubung, sampaikan keluhan yaitu meteran listrik diblokir.
  • Kemudian ikuti instruksi petugas untuk mengatasinya.
  • Bisa untuk meminta pihak PLN datang ke rumah dan memperbaiki langsung.

4. Datang ke Kantor PLN

4. Datang ke Kantor PLN

Cara terakhir mengatasi meteran listrik diblokir yaitu dengan datang langsung ke kantor PLN terdekat. Mungkin cara ampuh ini sama seperti CARA MENGATASI METERAN LISTRIK TERKUNCI. Di mana Anda bisa sampaikan langsung keluhan dengan petugas.

  • Kunjungi kantor PLN yang terdekat dengan lokasi.
  • Temui petugas yang berjaga.
  • Sampaikan tujuan, jika meteran listrik dirumah terblokir.
  • Petugas atau pihak PLN akan mulai merespon dengan meminta beberapa keterangan.

Demikian mungkin informasi dapat hargaalat.id sampaikan mengenai apa saja faktor penyebab dan cara mengatasi meteran listrik diblokir. Dengan adanya informasi meteran diblokir di atas, semoga bisa bermanfaat dan membantu bagi siapa saja yang mengalami masalah serupa.

Tinggalkan komentar