12 Persamaan Transistor D882 NPN Yang Lebih Bagus

Advertisements

Persamaan Transistor D882 – Berbagai seri transistor dapat dengan mudah dijumpai pada rangkaian elektronik. D882 menjadi salah satu yang sering dijumpai pada rangkaian elektronik, seperti raket nyamuk, relay, penguat audio atau switch.

Transistor D882 biasanya ada di beberapa rangkaian yang memiliki kinerja tinggi. Arus kolektor maksimal D882 yaitu 3A yang mampu mendorong banyak relay, dinamo atau sirkuit elektronik lain yang memiliki tegangan saturasi minimum 0.3A.

Namun sayang, jenis transistor NPN ini cukup sulit ditemukan dipasaran, baik di toko elektronik online maupun offline, bahkan seringkali habis stok. Dengan begitu Anda perlu mencari persamaan D882 yang benar-benar cocok dijadikan pengganti.

Advertisements

Nah, dalam artikel ini akan kami bagikan beberapa seri yang cocok dijadikan sebagai pengganti transistor D882 yang paling cocok dan bahkan lebih bagus. Adapun untuk informasi lebih jelasnya, silahkan Anda simak ulasan di bawah ini.

Persamaan Transistor D882

Persamaan Transistor D882

Advertisements

Ada banyak seri transistor yang bisa menjadi persamaan dari transistor ini atau bahkan Anda dapat menemukannya dari persamaan transistor BC547 yang sama-sama jenis transistor NPN. Mencari persamaan D882 memang gampang-gampang susah.

Untuk memudahkan Anda mencari persamaan transistor D882, berikut ini akan kami sajikan beberapa type transistor yang cocok digunakan sebagai pengganti terbaik untuk D882 yang rusak. Adapun persamaan transistor D882 yaitu sebagai berikut.

  1. BD189
  2. BD185
  3. BD131
  4. BD187
  5. BD349
  6. MJE802
  7. MJE182
  8. TIP122L
  9. 2SD1693
  10. 2SC4342
  11. 2SD1018
  12. 2SD1712

Nah, itulah beberapa seri persamaan dari D882, dimana kebanyakan persamaan transistor D882 adalah seri BD yang banyak dipilih. Perlu diketahui, PIN konfigurasi beberapa transistor di atas mungkin berbeda dengan D882, sehingga pastikan Anda untuk memeriksa PIN konfigurasi sebelum memasang pengganti D882.

Datasheet Transistor D882

Untuk memastikan PIN konfigurasi pengganti yang akan Anda gunakan cocok, maka Anda wajib memahami datasheet transistor ini. Berikut ini kami sajikan datasheet lengkap transistor D882 yang dapat Anda lihat pada ulasan di bawah ini.

Data PIN Out

Data PIN Out

  1. Emitor
  2. Colektor
  3. Basis

Absolute Maximum Ratings

Absolute Maximum Ratings

Electrica Characteristics

Electrica Characteristics

Fungsi Transistor D882

Fungsi Transistor D882

Transistor paling cocok untuk amplifikasi dan switching serta juga bisa digunakan dalam berbagai rangkaian elektronik berbeda. Misalnya seperti pada sirkuit catu daya, regulator tegangan, sirkuit pengisi daya baterai, switch dengan beban dibawah 3A, motor penggerak dan lain-lain.

Selain itu, transistor D882 juga banyak digunakan sebagai penguat sinyal audio pada amplifer kecil dan rangkaian elektronik yang serupa. Agar transistor D882 dapat berjalan dengan baik, maka sebaiknya untuk tidak memaksakan beban lebih dari 3A dan gunakanlah resistor basis yang sesuai.

Dalam pengaplikasiannya transistor jenis NPN ini seringkali di pasang dalam beberapa rangkaian elektronik seperti.

  • Voltage regulation
  • Relay driver
  • Generic switch
  • Audio power amplifier
  • DC-DC converter

Karakteristik Transistor D882

Karakteristik Transistor D882

Bukan hanya persamaan dan fungsinya saja, Anda juga harus mengetahui karakteristik dari transistor ini agar dalam mencari pengganti Anda benar-benar mendapatkan persamaan yang paling bagus. Karakter setiap transistor itu berbeda-beda.

Untuk transistor D882 sendiri memiliki karakteristik yang begitu jelas dan mudah dipahami. Adapun untuk informasi selengkapnya, simak ulasan berikut ini.

  • Kemasan Transistor D882: TO-126
  • Tipe Transistor: NPN
  • Arus kolektor maksimal (IC): 3A
  • Tegangan maksimum kolektor-emitor (VCE): 30V
  • Tegangan maksimal kolektor-basis (VCB): 40V
  • Tegangan maksimal emitor-basis (VEBO): 5V
  • Daya maksmal disipasi kolektor (PC): 10Watt
  • Frekuensi Transisi maksimal (fT): 90MHz
  • Maksimal dan minimal penguat arus DC (hFE): 60-400
  • Suhu operasi maksimal: -55 hingga +150 derajat Celcius
  • Low saturation voltage VC E(sat) = 0.5 V MAX. (IC = −2 A, IB = 0.2 A)
  • Excellent hFE linearity and high hFE hFE = 60 to 400 (VCE = 2 V, IC = 1 A)
  • Lebih sedikit ruang yang diperlukan untuk kram karena kemasannya yang kecil dan tipis serta mengurangi kesulitan pemasangan ke radiator.
    Tidak diperlukan bushing isolator.

Nah, itulah informasi lengkap dari hargaalat.id terkait persamaan transistor D822 lengkap beserta datasheet dan fungsi dari transistor satu ini. Jadi, silahkan Anda cara persamaan transistor di atas, baik di toko elektronik online maupun offline yang dijual dengan harga sekitar Rp. 1.600 – Rp. 2.000 untuk 1 buah transistor.

Dengan membaca artikel ini, maka kini Anda sudah bisa menemukan persamaan transistor D882 yang paling cocok dijadikan sebagai pengganti. Nah, sekiranya hanya cukup sekian informasi dari kami, semoga artikel di atas bermanfaat.

Advertisements