TV Digital Tidak Ada Sinyal ? Ini 10 Penyebab & Cara Mengatasi

TV Digital Tidak Ada Sinyal – Untuk Anda para pengguna TV digital atau Set Top Box (STB) namun sulit dalam menemukan sinyal siaran. Mungkin bukan hanya Anda saja yang mengalami, melainkan para pengguna TV digital lainnya.

Karena seperti yang sudah beredar menurut banyak informasi jika di November tahun 2022, pemerintah bermaksud akan melakukan ASO atau Analog Switch Off. Ini bertujuan agar penggunaan TV digital lebih mudah dan terjangkau di seluruh Indonesia.

Tentu saja dengan adanya kebijakan ini, masyarakat harus memiliki perangkat tambahan agar bisa mengakses sinyal atau siaran sehari-hari. Jika sebelumnya ada yang masih menggunakan antena UHF/VHF, maka sekarang harus menggunakan STB.

Nah, permasalahan yang kerap muncul pada pengguna TV digital yaitu tidak ada sinyal atau tidak bisa menangkap sinyal. Mengenai hal itu pastinya acara menonton TV Anda akan terganggu sampai Anda mengetahui penyebab dan cara mengatasinya.

TV Digital Tidak Ada Sinyal

TV Digital Tidak Ada Sinyal

Mengenai permasalahan TV digital tidak mendapat sinyal, pada pembahasan kali ini hargaalat.id akan sajikan informasi mengenai penyebab dan cara mengatasinya. Agar lebih jelasnya, silakan simak dan ikuti pembahasan di bawah ini sampai akhir.

Penyebab TV Digital Tidak Ada Sinyal

Penyebab TV Digital Tidak Ada Sinyal

Berbicara mengenai penyebab TV digital tidak mendapat sinyal, rupanya ada beberapa faktor. Namun, secara umum permasalahan TV tidak ada sinyal itu sendiri terjadi karena beberapa hal ini:

  • Ada perubahan arah atau posisi antena.
  • Kabel antena rusak atau terputus akibat beberapa hal.
  • Jack penghubung antara TV dan STB alami masalah.
  • Adanya kerusakan pada komponen tuner TV.
  • Adanya kerusakan pada IC program.

Secara umum itulah beberapa penyebab yang menjadikan TV digital Anda kehilangan sinyal dan akibatkan nonton TV terganggu. Hal itu juga kerap sampaikan oleh para teknisi TV yang sudah mengatasi permasalahan ini.

Cara Mengatasi TV Digital Tidak Ada Sinyal

Cara Mengatasi TV Digital Tidak Ada Sinyal

Setelah tahu akan penyebab yang jadikan TV tidak ada sinyal, selanjutnya Anda tinggal mengetahui bagaimana cara mengatasinya. Di mana cara mengatasi tinggal sesuaikan dengan penyebab yang menjadikan sinyal hilang.

1. Ubah Posisi Antena

Cara pertama silakan atasi dengan mengubah posisi antena, ini menjadi salah satu cara umum yang perlu dilakukan. Karena kemungkinan pemasangan antena posisinya kurang tepat.

Posisi antena bergeser sendiri bisa terjadi karena cuaca, angin, maupun burung yang bertengger. Dengan begitu silakan cek posisi antena, jika posisi berubah maka silakan atur kembali posisinya.

2. Periksa Kabel Antena

Cara kedua, bisa dilakukan dengan memeriksa kabel antena. Karena permasalahan tidak ada sinyal bisa jadi datang dari unit kabel yang alami kerusakan atau bahkan terputus karena digigit tikus atau hal lain.

Setelah lakukan pemeriksaan dan benar ada kerusakan maupun terputusnya kabel antena, maka silakan ganti dengan kabel antena baru. Selain itu silakan ganti kabel antena dengan memilih kabel antena yang sesuai.

3. Periksa Kondisi Jack

Cara ketiga, masih berkaitan dengan poin diatas yang mana datang dari jack antena yang terhubung dari antena ke tuner alami kerusakan. Selain itu, adanya karat atau penghalang pada yang akibatkan sinyal tidak tersampaikan sepenuhnya.

Jadi pastikan kondisi jack benar-benar berfungsi normal atau baik-baik saja tanpa ada penghalang. Jika pun ada semacam karat, coba untuk bersihkan baru Anda mulai untuk tancapkan jack kembali dan umumnya sinyal dapat tersampaikan normal.

4. Periksa Tuner TV

Cara keempat yaitu dengan memeriksa tuner TV apakah bermasalah tidak dapat sinyal. Hal ini harus diperhatikan dengan cara memastikan tidak ada karat yang menempel dalam tuner atau kotoran lain yang terdapat pada tuner.

Selain itu, bisa juga atasi dengan lakukan penyolderan ulang pada kaki tuner. Namun pastikan dahulu jika Anda sudah mengukur kembali tegangan pada tuner yaitu 5-12vdc yang masuk ke B+ tuner.

Jika tuner TV digital rusak parah dan tidak bisa diperbaiki, maka solusi utamanya adalah dengan mengganti dengan tunner TV serupa. Secara umum dengan pergantian TV tuner rusak ini sinyal akan muncul kembali.

5. Ganti IC Program

Cara terakhir yang bisa dilakukan untuk atasi TV digital tidak dapat sinyal yaitu dengan mengganti IC program yang bermasalah. Pastikan pergantian IC ini sesuai dengan IC yang diganti agar kinerja tetap normal.

Untuk pergantian IC ini Anda kurang yakin mengatasi sendiri, maka bisa panggil tukang service profesional. Dengan begitu maka Anda perlu siapkan uang untuk ongkos perbaikan. Catatan biaya tergantung tukang service di wilayah Anda berada.

Tips Memperkuat Sinyal TV Digital

Selain cara mengatasi di atas, Anda juga bisa memperkuat sinyal TV digital dengan beberapa tips di bawah ini. Tujuannya agar penerimaan sinyal tetap kuat dan gambar di TV tetap tampil pada layar TV.

Mungkin itulah informasi mengenai terkait penyebab dan cara mengatasi TV digital tidak ada sinyal yang dapat hargaalat.id sajikan. Semoga dengan adanya pembahasan tidak ada sinyal di atas bisa bermanfaat.

Tinggalkan komentar