TV Polytron Tidak Bisa Menangkap Siaran : Mengatasi & Penyebab 2020

TV Polytron Tidak Bisa Menangkap Siaran – Menonton TV mungkin menjadi salah satu hal yang sangat di gemari oleh banyak orang. Dengan menonton TV nantinya stres atau kejenuhan bisa teratasi dan hilang dengan terhiburnya dengan acara siaran TV.

Namun apa jadinya jika anda ingin menonton TV ternyata TV yang sudah dinyalakan tidak menangkap siaran siaran, pastinya sangat kesal dan menggumam didalam hati. Nah pada kesempatan kali ini hargaalat.id akan menyampaikan informasi mengenai cara mengatasi TV Polytron tidak bisa menangkap siaran.

Mungkin sebagian dari anda yang di rumahnya memiliki TV Polytron pernah mengalami masalah seperti ini, apalagi jika TV Polytron yang di gunakan sudah cukup lama. Pastinya tidak menutup kemungkin mengalami masalah tersebut, karena faktor usia dari TV.

Tenang dan jangan berfikiran untuk menggantinya dengan yang baru terlebih dahulu, alangkah baiknya cek serta periksa terlebih dahulu siapa tahu masih bisa diperbaiki sehingga bisa menyala serta menangkap siaran kembali. Namun pastinya banyak yang bertanaya-tanya mengenai caranya untuk bisa mengembalikan siaran tersebut.

Cara mengatasi TV Polytron Tidak Bisa Menangkap Siaran

TV Polytron Tidak Bisa Menangkap Siaran

Nah jika anda penasaran akan sebuah penyebab serta cara mengatasinya, berikut akan hargaalat.id sampaikan di bawah ini. Jadi terus simak serta pahami mengenai cara mengatasi masalah tersebut agar anda jelas dan bisa mengatasi jika TV Polytron di rumah anda mengalami masalah berupa tidak bisanya menangkap siaran.

Cara Mengatasi & Penyebab Tidak Bisa Menangkap Siaran

Cara Mengatasi Penyebab Tidak Bisa Menangkap Siaran

  • Langkah pertama memperbaiki atau mengatasi masalah TV Polytron tidak mendapatkan sebuah siaran yaitu dengan cara memeriksa kembali siaran TV terlebih dahulu. Caranya cukup mudah yaitu dengan Auto Search atau Manual pada menu TV, siapa tahu kerusakan terjadi hanya pada programnya.
  • Jika pada permasalahan awal tidak ada masalah maka cek komponen lain yang mungkin mengalami kerusakan seperti aus atau putus pada kaki-kakinya. Hal ini tidak menutup kemungkinan menyebabkan siaran tidak tertangkap secara sempurna dan menjadikan terganggunya siaran TV yang sedang anda lihat.
  • Periksa juga jalur penghubung antara bagian tuner dan bagian lain dimana masih berhubungan menggunakan tuner termasuk timah patrian karena sering kali lepas. Jika lepas maka anda hanya perlu memasangkan timah baru menggunakan solder panas.
  • Periksa tegangan arus AGC pada tuner dengan cara auto search ulang TV, ketika tegangan AGC ada perubahan naik dari angka 0 sampai 3,3 volt itu menunjukan tuner masih dalam keadaan baik. Namun sebaliknya jika tegangan tuner tidak berjalan maka tuner mengalami rusak dan harus diganti dengan baru.
  • Periksa tegangan arus (B+) yang masuk ke tuner biasanya antara 12 volt, jika kurang dari 12 volt maka di salah satu aliran atau tuner itu sendiri mengalami kerusakan. Ini juga menjadikan faktor penyebab TV Polytron anda tidak dapat menangkap siaran.
  • Periksa komponen IF nya karena komponen inilah yang berfungsi mengunci frekuensi yang dihasilkan tuner, jadi pastikan tuner dalam kondisi utuh dan tidak memiliki masalah. Karena seperti sudah di ketahui sendiri jika tuner merupakan salah satu komponen terpenting untuk bisa menangkap siaran TV.

Nah setelah melakukan perbaikan TV Polytron tersebut ternyata masih saja tidak bisa menangkap siaran, maka pastikan sekali lagi dan periksa dengan cara-cara diatas barangkali ada yang masih belum sempurna dalam pemasangannya. Jika masih tetap tidak bisa dibetulkan, itu menandakan anda untuk menggantinya dengan yang baru.

Nah hargaalat.id memberikan rekomendasi beberapa TV dari harga TV LED Polytron dan harga TV murah di bawah 1 jutaan dimana bisa menjadi pilihan anda ketika ingin mengganti TV yang bermasalah tersebut. Mungkin itu saja bisa disampaikan untuk anda semua mengenai cara mengatasi dan mengetahui penyebab TV tidak bisa menangkap siaran.