Arti Kode 9898 Meteran Listrik – Sebagai pelanggan Listrik Prabayar, pernahkah kalian mendapati kemunculan kode error 9898? Ya, kode error ini memang cukup sering dialami oleh para pengguna meteran Listrik Prabayar atau meteran Listrik Pulsa (Token).
Meskipun bukan masalah baru, nyatanya sampai saat ini banyak pelanggan yang belum tahu secara pasti apa arti kode 9898 meteran Listrik Prabayar. Oleh karena itu, melalui artikel berikut kami ingin menjelaskan secara lengkap mengenai kode error tersebut.
Ketika mengalami masalah ini, tentu hal yang pertama kali di cari tahu adalah solusinya. Padahal sebelum itu, kalian perlu tahu arti kode 9898 meteran Listrik sehingga bisa mengetahui penyebabnya. Baru setelah itu lanjut ke solusi atau penanganan.
Disamping itu, kalian juga perlu tahu dampak dari masalah ini, apakah sangat merugikan, biasa saja atau justru bisa memerlukan ganti meteran. Baiklah, di bawah ini sudah kami siapkan rangkuman pembahasan mengenai arti kode 9898 meteran Listrik beserta sebab, akibat hingga cara mengatasinya.
Arti Kode 9898 Meteran Listrik
Dalam penggunaan meteran Listrik Prabayar ada banyak sekali permasalahan yang kerap kali dialami pengguna. Masalah tersebut mulai dari meteran Listrik muncul tulisan Daya Lebih, muncul tulisan Rusak atau bahkan tombol-tombol di meteran tidak bisa di pencet dan layar meteran Listrik mati.
Penyebab dan metode penanganan dari masing-masing kendala yang dialami pun berbeda-beda. Beberapa ada yang bisa ditangani sendiri karena memang penyebab nya juga sepele, tapi beberapa masalah ada yang harus menghubungi teknisi PLN guna dilakukan penanganan lebih serius.
Nah, dari sekian banyak jenis permasalahan pada meteran Listrik, kalian sebagai salah satu pelanggan Listrik Prabayar apakah pernah menjumpai kode error 9898? Sudah tahu apa arti dari kode tersebut? Jika belum tahu, berikut kami coba bantu jelaskan.
Seperti kita tahu bahwa ada banyak sekali kode meteran Listrik, seperti kode 01, kode 08, kode 00 dan lain sebagainya dimana setiap kode memiliki arti nya masing-masing. Setiap kode yang muncul di layar meteran Listrik juga tidak melulu menandakan adanya masalah.
Tapi, untuk kemunculan kode 9898 pada meteran Listrik adalah suatu masalah yang harus segera ditangani. Jadi, arti kode 9898 ini merupakan penanda bahwa kWh sedang bermasalah tidak bisa mengisi Pulsa Listrik atau Pulsa Listrik gagal terisi.
Kode ini biasanya muncul saat kalian hendak melakukan Top Up Pulsa Listrik. Lantas, apa akibatnya? Jelas, Listrik di rumah bisa padam saat saldo Token sudah habis dan kode 9898 muncul di layar.
Penyebab Muncul Kode 9898 Pada Meteran Listrik
Sampai disini kalian sudah tahu apa arti kode 9898 meteran Listrik. Selanjutnya, kalian juga pasti penasaran kenapa kode error di atas bisa muncul? Jadi, muncul nya kode 9898 pada Token Listrik bisa disebabkan oleh beberapa faktor sebagai berikut :
1. Nomor Token Salah
Penyebab pertama adalah nomor Token yang dimasukkan tidak benar. Perlu diketahui bahwa ketika salah memasukkan satu digit nomor Token saja, proses pengisian akan gagal dan hal itu juga bisa memicu kemunculan kode 9898.
2. Pengisian Pending / Tertunda
Tapi kenapa Token Listrik gagal padahal sudah benar dalam memasukkan nomor Token? Jika terjadi demikian, ada kemungkinan kode 9898 muncul karena transaksi tersebut pending atau tertunda.
Hal ini karena PLN menerapkan jam operasional untuk mengisi ulang Pulsa Listrik. Arti nya, ketika transaksi dilakukan di luar jam operasional, ada kemungkinan transaksi tertunda.
3. Adanya Masalah di Perangkat Meteran Listrik
Penyebab terakhir dari kode 9898 adalah ada kerusakan di perangkat meteran Listrik. Sebagai pelanggan, kita tidak bisa memastikan titik kerusakan di perangkat tersebut. Selain muncul kode 9898, beberapa kode error lain juga bisa muncul dalam kondisi seperti ini.
Cara Mengatasi Kode 9898 Pada Meteran Listrik
Jika melihat arti kode 9898 meteran Listrik sepertinya cara mengatasi masalah tersebut cukup mudah. Ya, memang masalah di atas bisa ditangani sendiri dengan mudah, melalui beberapa metode berikut :
1. Masukkan Ulang Nomor Token
Pertama, coba lakukan pengisian ulang dengan memasukkan nomor Pulsa Listrik sesuai. Pastikan angka demi angka yang ditekan benar agar tidak mengalami kendala serupa. Apabila nomor sudah benar, maka di layar meteran Listrik akan muncul tulisan Sukses / Berhasil yang menandakan Pulsa Listrik sudah terisi sekaligus menghilangkan arti kode 9898.
2. Reset Meteran Listrik Prabayar
Kedua, jika nomor sudah benar tapi Pulsa Listrik tidak kunjung masuk dan kode 9898 masih juga muncul, arti nya kalian perlu melakukan reset meteran Listrik. Jika hasil nya NIHIL, maka tunggu saja sampai jam Offline pengisian Pulsa Listrik berakhir. Setelah itu, Pulsa Listrik akan masuk dan kode error 9898 juga akan hilang.
3. Hubungi Teknisi PLN
Apabila semua upaya sudah dilakukan dan hasil nya tetap sama, besar kemungkinan masalah bersumber dari kerusakan meteran Listrik. Jika demikian, mau tidak mau kalian perlu menghubungi teknisi PLN melalui panggilan telepon ke nomor Call Center atau datang langsung ke Kantor PLN terdekat.
Nantinya petugas akan meminta beberapa data pelanggan, seperti :
- Nomor Meteran Listrik
- Nomor Token (bisa di lihat pada struk pembelian Token dalam bentuk fisik maupun Digital)
- Foto meteran Listrik
- Status Listrik (Nyala / Padam)
- Alamat pelanggan
- Nomor telepon
Berdasarkan data di atas, petugas akan membuat laporan untuk di follow up ke pihak Teknisi. Jika laporan sudah di verifikasi, nantinya ada pemberitahuan via SMS atau Email terkait jadwal kunjungan teknisi ke rumah.
KESIMPULAN
Jadi, arti kode 9898 meteran Listrik adalah kWh error tidak bisa menerima isi ulang Pulsa Listrik. Selain arti kode 9898, di atas kami juga menjelaskan beberapa faktor penyebab munculnya kode tersebut. Jadi, tinggal cari tahu penyebabnya, kemudian lakukan penanganan berdasarkan penyebab, semua nya sudah kami sajikan di atas. Semoga bermanfaat!
sumber gambar :
- Listrikmu.com
- Djangkarubumi.com