√ Meteran Listrik Muncul Tulisan Rusak ? Ini Penyebab & Cara Mengatasi

Advertisements

Meteran Listrik Muncul Tulisan Rusak – Dengan melakukan pemasangan listrik baru dirumah, nantinya Anda akan mendapatkan sebuah meteran listrik pulsa atau token (Prabayar). Di mana meteran listrik ini harus diisi token terlebih dahulu sebelum mulai untuk menggunakannya.

Banyak keuntungan nantinya dengan penggunaan meteran listrik satu ini, diantara lainnya seperti misalnya Anda bisa mengatur penggunaan dan memudahkan saat terjadi kendala. Karena saat listrik dirumah Anda ada masalah nantinya akan muncul kode error pada layar meteran.

Munculnya kode error atau tulisan inilah yang kerap tidak dipahami oleh para pemilik atau pelanggan listrik negara. Jadi bagi pelanggan listrik perlu mengetahui setiap arti tulisan yang muncul pada meteran listrik tersebut guna memudahkan ketika meteran listrik menampilkan tulisan.

Advertisements

Salah satu tulisan yang kerap muncul pada meteran listrik pulsa ini adalah tulisan periksa, inscek, gagal, rusak dan masih banyak tulisan lainnya. Pada pembahasan kali ini sendiri kami akan bahas mengenai meteran listrik prabayar yang muncul tulisan rUSAk pada display KWH meter.

Meteran Listrik Muncul Tulisan Rusak

Advertisements

Meteran Listrik Muncul Tulisan Rusak

Teruntuk Anda yang mengalami masalah serupa yaitu pada layar display meteran listrik muncul keterangan rusak, maka simak penjelasan di bawah ini sampai akhir. Karena kami sudah rangkumkan secara jelas apa saja penyebab dan bagaimana cara untuk mengatasinya.

Penyebab Meteran Listrik Muncul Tulisan Rusak

Penyebab Meteran Listrik Muncul Tulisan Rusak

Mungkin sebelum mulai mengatasi, guna memudahkannya Anda perlu mengetahui terlebih dahulu arti dan juga penyebab mengapa meteran listrik keluar tulisan rusak pada layar. Sehingga nantinya proses memperbaiki akan semakin mudah.

Secara umum munculnya tulisan rusak pada meteran listrik diakibatkan oleh terbukanya cover (Tutup) meter bagian atas baik itu disengaja atau tidak disengaja. Karena seperti diketahui sendiri jika meteran listrik tidak boleh terjadi hal ini.

Munculnya tulisan rusak itu sendiri merupakan sebuah terobosan baru dari PLN agar tidak terjadi pelanggaran pada Listrik Prabayar. Karena sekarang ini makin marak dan banyak kasus pencurian pada meter Prabayar yang merusak segel metrologi.

Untuk sanksi jika meteran listrik muncul tulisan rusak akibat pelanggan yang dengan sengaja merusak segel metrologi maka pihak PLN akan dikenakan denda berupa penggantian KWH Meter. Hal itu terjadi karena KWH Meter sudah rusak dan tidak bisa clear tamper.

Namun jika rusak tidak disengaja dan tiba-tiba alami kerusakan tanpa ada sebab apapun. Menurut kabar yang beredar nantinya pelanggan akan mendapatkan meteran listrik baru secara gratis beserta tanpa adanya biaya atau ongkos pemasangannya.

Cara Mengatasi Meteran Listrik Muncul Tulisan Rusak

Cara Mengatasi Meteran Listrik Muncul Tulisan Rusak

Jika sudah demikian, muncul keterangan rusak pada meteran listrik prabayar hanya bisa diatasi oleh pihak PLN. Jadi saat terjadi muncul tulisan rusak pada KWH meteran, maka silakan segera mungkin untuk hubungi pihak PLN melalui beberapa layanan yang disediakan.

Nantinya pihak PLN akan memberikan solusi harus mengganti KWH Meter Prabayar dan Pelanggan yang merusak meteran listrik prabayar dan segel metrologi akan dikenakan denda berupa penggantian meteran baru. Nah untuk menghubungi pihak PLN bisa melalui:

  • Telepon : 123
  • Phone : (kode area) 123
  • Twitter : @pln_123
  • Facebook : PLN 123
  • Email : pln123@pln.co.id

Catatan : Anda bisa mengadukan masalah atas meteran listrik rusak tersebut kapan saja selama 24 jam di 7 hari jam kerja. Jadi tidak usah ragu saat Anda mengalami masalah di malam hari, silakan langsung saja hubungi pihak PLN melalui layanan-layanan tersebut.

Setelah menyampaikan secara jelas, maka pihak PLN akan segera datang untuk menangani permasalahan meteran listrik rusak tersebut. Jika tidak datang saat itu juga, silakan tunggu 1 x 24 jam maka pihak PLN datang dan membawakan meteran listrik baru yang akan dipasang.

Mungkin itu saja kiranya pembahasan terkait meteran listrik keluar tulisan rusak pada display atau layar yang dapat hargaalat.id sajikan. Semoga dengan adanya arti, penyebab dan cara mengatasi tulisan rusak pada KWH meter bisa bermanfaat untuk semua.

Terutama bagi para pelanggan listrik negara yang menemui masalah serupa dengan munculnya keterangan berupa tulisan rusak pada meteran listrik yang menjadikan aliran listrik dirumah menjadi mati maupun tidak menyala.

Advertisements