Meteran Listrik Muncul Tulisan Gagal ? Begini Penyebab & Mengatasinya

Advertisements

Meteran Listrik Muncul Tulisan Gagal – Kini listrik prabayar atau listrik pulsa akan diberikan oleh pihak PLN kepada para pelanggan yang baru pasang. Di mana dengan listrik prabayar inilah Anda harus membeli token terlebih dahulu sebelum bisa menggunakannya.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membeli token listrik, salah satunya seperti membeli di konter, ATM, Mobile Banking, dompet digital, e-commerce dan lain sebagainya. Nantinya dengan pembelian token tersebut Anda akan mendapat 20 digit perpaduan sebagai kode token.

Token inilah yang nantinya akan dimasukkan ke meteran listrik dengan menekan tombol angka tersedia guna menambah jumlah kWh. Nah dalam penggunaan meteran listrik prabayar nantinya pelanggan akan semakin dimudahkan ketika terjadi masalah pada meteran listriknya.

Advertisements

Karena beberapa masalah yang terjadi akan ditunjukkan dengan peringatan pada layar meteran listrik. Sehingga Anda tinggal mengetahui arti dari setiap kode error atau tulisan yang muncul di layar, nah kali ini kami akan informasikan meteran listrik muncul tulisan gagal.

Meteran Listrik Muncul Tulisan Gagal

Advertisements

Meteran Listrik Muncul Tulisan Gagal

Bagi Anda yang merupakan pengguna meteran listrik prabayar menemui masalah berupa munculnya tulisan gagal pada layar meteran. Dengan membaca artikel ini mungkin menjadi pilihan yang benar, karena kami hargaalat.id akan sajikan secara lengkap mengenai penyebab dan cara mengatasinya.

Penyebab Meteran Listrik Muncul Tulisan Gagal

Penyebab Meteran Listrik Muncul Tulisan Gagal

Untuk soal muncul tulisan gagal pada meteran listrik prabayar sendiri umum terjadi bagi para penggunanya. Karena muncul tulisan gagal ini sendiri diakibatkan oleh kesalahan pengguna atau pelanggan ketika memasukkan 20 digit angka dari token listrik yang berhasil dibeli.

Kejadian muncul tulisan ini biasa terjadi saat pelanggan tidak teliti dalam memasukan angka token tersebut kemudian langsung menekan tombol enter. Karena kesalahan satu angka dalam memasukkan bisa saja membuat pulsa listrik tidak bisa diisi pada meteran.

Cara Mengatasi Meteran Listrik Muncul Tulisan Gagal

Cara Mengatasi Meteran Listrik Muncul Tulisan Gagal

Munculnya tulisan gagal pada meteran listrik sebenarnya bukan permasalahan serius jika Anda hanya sekali melakukan kesalahan dalam memasukkannya. Namun jika memasukkan token listrik gagal 3 kali, itulah yang cukup serius karena bisa saja meteran akan terblokir.

Dengan sudah terjadinya terblokir tersebut maka harus mendapat penanganan khusus oleh pihak PLN untuk menyelesaikannya. Lalu bagaimana cara untuk mengatasi muncul tulisan gagal tersebut? Mengenai hal itu, bisa simak dan ikuti cara mengatasi di bawah ini.

1. Memastikan Token Dimasukkan Benar

Ketika muncul tulisan gagal akibat salah memasukkan token dan baru saja terjadi sekali, maka cara mengatasinya cukup mudah. Anda hanya perlu memasukkan ulang 20 digit angka token listrik secara benar tanpa ada kesalahan lagi.

Secara otomatis pengisian akan berhasil dan tidak akan memunculkan tulisan gagal lagi pada layar meteran. Selalu perhatikan dan teliti dalam memasukkan angka atau nomor token guna menghindari terjadinya kegagalan yang bisa akibatkan masalah.

2. Hubungi Pihak PLN

Namun, jika pengisian token listrik gagal 3 kali dengan menunjukkan pada tulisan gagal maka meteran akan terblokir. Nah untuk mengatasi meteran listrik terblokir sendiri yaitu dengan meminta bantuan kepada pihak PLN, silakan hubungi PLN melalui beberapa cara seperti lewat:

  • Hubungi lewat call center PLN di 123.
  • Hubungi lewat email di pln123@pln.co.id.
  • Hubungi lewat sosial media PLN seperti Facebook : PLN 123, Twitter : @pln_123, Instagram : pln123_pln.co.id dan Web : www.pln.co.id.
  • Atau bisa langsung datang ka kantor PLN terdekat.

Untuk pengguna yang ingin adukan masalah kepada pihak PLN melalui telepon genggam, nantinya akan dikenakan biaya panggilan berupa pulsa. Dengan begitu pastikan jika Anda memiliki memiliki pulsa cukup (minimal Rp 20.000) sebelum mulai menghubungi.

Sedangkan untuk layanan seperti email dan sosial media, pastikan perangkat Anda memiliki atau terhubung dengan koneksi internet lancar. Pengaduan bisa dilakukan kapan saja selama 24 jam, sehingga tidak masalah jika Anda mengadukan kejadian ini saat malam hari.

Tips Anti Gagal Masukkan Token Listrik

Tidak hanya itu, Anda juga perlu perhatikan tips anti gagal dalam memasukkan token listrik sehingga nantinya tidak terjadi kesalahan yang akibatkan muncul tulisan gagal pada meteran. Adapun beberapa tips itu sendiri seperti:

  • Jangan terlalu cepat dalam memasukkan angka token.
  • Pastikan token dimasukkan sudah benar.
  • Selalu hati-hati dalam memasukkan setiap angka.
  • Cek sekali lagi sebelum tekan tombol enter.

Demikian kiranya pembahasan terkait meteran listrik muncul tulisan gagal lengkap dengan penyebab dan cara mengatasi yang dapat hargaalat.id sajikan. Semoga dengan adanya pembahasan terkait meteran muncul tulisan gagal di atas bisa bermanfaat bagi semua yang membutuhkan.

Advertisements