10 Cara Menghidupkan Listrik Token yang Mati 100% Work

Advertisements

Cara Menghidupkan Listrik Token yang Mati – Saat ini pemasangan listrik akan mendapatkan meteran prabayar atau meteran listrik token. Di mana penggunaan listrik prabayar harus membeli token terlebih dahulu sebelum bisa menggunakannya.

Nah dalam penggunaan meteran listrik token tersebut nantinya lebih dimudahkan saat ada permasalahan pada meteran listrik tersebut. Karena nantinya permasalahan akan muncul dengan kode error yang tampil di layar meteran listrik token untuk memperjelasnya.

Dengan begitu, Anda harus mengetahui arti dari KODE METERAN LISTRIK PRABAYAR tersebut agar mengetahui masalah dan bisa mengatasinya. Namun apa jadinya jika sampai meteran listrik token sampai mati? Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Advertisements

Mengenai hal itu, cara ampuh untuk mengatasinya adalah dengan menghidupkan kembali listrik token yang sudah mati. Seperti apa cara menghidupkan meteran listrik token tersebut? Untuk lebih jelasnya bisa simak dan ikuti pembahasan di bawah ini.

Cara Menghidupkan Listrik Token yang Mati

Advertisements

Penyebab Listrik Token Mati

Namun sebelum melanjutkan ke cara menghidupkannya, alangkah baiknya Anda mengetahui apa saja faktor penyebab yang menjadikan listrik token atau prabayar mati. Adapun penyebab umum matinya meteran listrik token terjadi diakibatkan:

1. MCB Rusak

Penyebab listrik token mati bisa saja terjadi karena MCB di Kwh alami kerusakan. Biasanya ini diakibatkan oleh penggunaan MCB yang sudah terlalu lama, karena MCB memiliki batas umur atau usia pemakaian.

2. Konsleting

Kedua, listrik token mati juga bisa terjadi karena adanya konsleting baik pada meteran atau instalasi kabel. Konsleting pada bagian instalasi kabel biasanya terjadi akibat adanya kabel yang terkelupas dan terkena air atau bertemu antara aliran plus dan minus.

3. Token Habis

Selain dua faktor di atas, penyebab listrik token mati juga bisa terjadi karena token habis total. Secara umum sebelum token habis meteran akan mengindikasikan dengan bunyi, namun jika Anda mematikan bunyi tersebut maka Anda tidak mengetahui jika token habis.

4. Kelebihan Beban

Terakhir, bisa saja listrik token mati terjadi karena kelebihan beban. kelebihan beban dimaksud disini adalah terlalu banyak menghidupkan alat elektronik dalam waktu bersamaan. Alhasil listrik akan anjlok dan MCB akan menjadi off atau mati.

Cara Menghidupkan Listrik Token yang Mati

Jika sudah tahu akan penyebab yang menjadikan meteran listrik prabayar mati, maka lanjut ke pembahasan mengenai cara menghidupkan listrik tersebut agar kembali bisa digunakan. Adapun beberapa cara menyesuaikan dengan faktor penyebab:

1. Cek MCB KWH Meter

Cara pertama untuk menghidupkan meteran listrik token mati adalah dengan cek MCB KWH meter terlebih dahulu. Jika ditemukannya kerusakan, maka cara paling ampuh adalah dengan mengganti MCB baru dengan menghubungi pihak PLN.

2. Cek Instalasi Kabel

Namun jika mati karena instalasi kabel ada yang alami rusak, putus atau terkelupas. Maka cara mengatasinya Anda hanya perlu memastikan cek dan memastikan kabel sudah kembali normal dengan cara mengganti kabel instalasi yang bermasalah.

3. Isi Ulang Token

Menghidupkan listrik token yang mati selanjutnya adalah dengan mengisi ulang token jika memang penyebabnya adalah token habis. Pengisian bisa dilakukan lewat beberapa metode cara, seperti misalnya beli token di konter pulsa, ATM, layanan Mobile Banking, dompet digital dan lainnya.

4. Kurangi Penggunaan Alat elektronik

Namun untuk menghidupkan listrik token mati akibat terlalu banyak beban, jalan satu-satunya adalah dengan mengurangi atau mencabut alat elektronik yang membutuhkan daya besar. Setelah itu coba untuk menghidupkan dengan menggeser MCB ke mode on.

5. Reset Ulang Meteran Prabayar

Setelah melakukan beberapa cara menghidupkan di atas, namun tetap listrik token tidak mau menyala, maka Anda bisa mencobanya dengan menghidupkan dengan melakukan reset ulang meteran. Namun dengan catatan, sebelum lakukan reset Anda harus sudah mematikan peralatan elektronik dan baru lakukan reset ulang.

6. Hubungi Pihak PLN

Masih saja tetap gagal untuk menghidupkan listrik token yang mati dengan cara-cara di atas, maka solusinya adalah dengan menghubungi pihak PLN dan meminta bantuan. Secara otomatis pihak PLN akan datang 1 – 2 hari setelah Anda melaporkan masalah.

Jika perlu ganti meteran listrik maka akan diganti dengan yang baru, bahkan BIAYA GANTI METERAN LISTRIK RUSAK atau mati tidak ada biaya. Dengan artian Anda digratiskan tanpa perlu mengeluarkan biaya, dengan catatan jika benar ada kerusakan dan segel masih utuh.

Mungkin itulah cara mudah menghidupkan listrik token yang mati dapat hargaalat.id sampaikan. Bagi Anda para pengguna listrik token yang alami hal sama, adanya pembahasan terkait listrik token mati di atas semoga bisa bermanfaat.

Advertisements