Biaya Ganti Meteran Listrik Token Rusak & Prosedurnya 2020

Biaya Ganti Meteran Listrik Token Rusak – Penggunaan listrik mungkin saat ini sudah menjadi salah satu kebutuhan pokok bagi setiap orang. Hampir setiap rumah sudah menggunakan meteran listrik masing-masing dengan besaran KwH sesuai kebutuhannya.

Meteran listrik tersebut juga ada beberapa jenisnya, ada meteran listrik biasa (pascabayar) dan ada juga meteran listrik token (prabayar). Pada umumnya meteran listrik keluaran sekarang yaitu berupa meteran listrik token dengan penggunaan pulsa.

Meteran token atau biasa disebut juga dengan listrik prabayar merupakan listrik yang pembayarannya berada di awal, dimana dengan membeli pulsa terlebih dahulu. Berbeda dengan penggunaan meteran listrik biasa (pascabayar) yang membayarkan tagihannya di akhir.

Namun pada kesempatan kali ini hargaalat.id akan menyampaikan sebuah informasi mengenai biaya ganti meteran listrik token rusak. Terkadang para pengguna meteran listrik token mengalami kerusakan pada meteran dan bertanya-tanya mengenai biaya gantinya.

Biaya Ganti Meteran Listrik Token Rusak Terlengkap & Terbaru

Biaya Ganti Meteran Listrik Token Rusak Terlengkap Terbaru

Banyak masalah yang biasa muncul pada meteran listrik token seperti kerusakan pada tombol bahkan pada layar meteran yang tidak bisa menyala. Dimana solusi atau cara mengatasinya dengan mengganti meteran listrik dengan meteran baru, namun banyak yang bertanya mengenai soal biayanya.

Biaya Ganti Meteran Listrik Token Rusak

Biaya Ganti Meteran Listrik Token Rusak

Apakah biaya ganti meteran listrik berbayar? Jika berbayar berapa uang untuk ganti meteran listrik? Pertanyaan tersebut terkadang muncul dari para pengguna listrik yang mengalami kerusakan pada meteran listriknya. Banyak sekali masalah yang terjadi di meteran listrik dari tombol yang rusak atau muncul tulisan periksa pada layar.

Mungkin untuk masalah seperti munculnya TULISAN PERIKSA PADA METERAN LISTRIK TOKEN akan dapat di tangani dengan mudah, seperti menghubungi petugas PLN namun tidak sampai mengganti meteran. Namun yang ditanyakan yaitu mengenai masalah kerusakan yang mengharuskan mengganti meteran dengan yang baru.

Sebenarnya Perusahaan Listrik Negara (PLN) memberikan keringanan kepada setiap pengguna listrik apa bila terjadi kerusakan meteran listrik dengan mendapat jaminan penggantian baru. Nantinya para masyarakat atau pengguna tidak akan di kenakan biaya alias gratis.

Selain itu jasa penggantian juga tidak ada atau bisa dikatakan bebas biaya dari meteran listrik baru sampai biaya pemasangannya. Namun untuk bisa mendapatkan meteran listrik baru ada beberapa persyaratan dan prosedur yang menjadi ketentuan dari PLN.

Setidaknya ada 2 poin yang menjadi ketentuan dari PLN untuk bisa mengganti meteran rusak. Jika rusak akibat kelalaian dari pelanggan/pemilik rumah nantinya akan tetap dikenakan biaya, namun jika meteran listrik token tersebut bukan di sebabkan oleh pelanggan maka akan bebas biaya.

Untuk meteran listrik token (pulsa) penggantiannya cenderung lebih panjang dari pada penggunaan meteran biasa. Meteran listrik token dimana mengalami kerusakan akan diganti terlebih dahulu dengan meteran siaga. Nantinya dengan meteran inilah beberapa hari kedepan baru penggantian meteran listrik token baru.

Untuk penggantian meteran listrik biasa dimana mengalami rusak, para pengguna hanya perlu melaporkan kerusakan apa yang terjadi pada meteran. Kemudian penggantian meteran akan segera di lakukan oleh petugas PLN.

Prosedur Ganti Meteran Listrik

Prosedur Ganti Meteran Listrik

Dalam menyampaikan keluhan meteran listrik rusak sendiri anda bisa menghubungi call center PLN di 123 ataupun datang langsung ke kantor PLN terdekat dari lokasi anda. Untuk proses perbaikannya meteran rusak sendiri tidak terlalu banyak memakan waktu, hanya saja harus sabar sampai petugas datang.

Nah prosedur harus anda lalui untuk mengajukan atau menyampaikan perbaikan pada meteran listrik rusak sendiri seperti berikut:

1. Datangi kantor PLN terdekat dengan membawa dokumen seperti:

  • Kartu identitas pengguna/pemilik meteran.
  • Alamat atau lokasi rumah.
  • Surat kuasa bila pengajuan permohonan diwakilkan.

2. Kerusakan disebabkan oleh kelalaian pengguna maka kerusakan bukan tanggung jawab dari PLN.

3. Menunggu petugas PLN datang untuk memperbaiki meteran listrik rusak dan menggantinya dengan meteran listrik baru.

FAQ

1. Bagaimana Cara Menghubungi PLN?

Untuk menghubunginya sendiri anda para masyarakat atau warga bisa langsung dengan menekan 123. Pengguna telepon genggam hanya perlu menambahkan kode area tempat tinggal

2. Apakah Layanan PLN 24 Jam?

Ya semua layanan kontak PLN memberikan pelayanan 24 jam non stop setiap harinya.

3. Apakah Telepon PLN 123 Bebas Pulsa?

Jika menghubungi lewat telepon genggam akan dikenakan biaya pulsa.

Mungkin itu saja yang bisa hargaalat.id sampaikan untuk anda semua, semoga informasi mengenai biaya penggantian meteran listrik token rusak tersebut bisa berguna dan bermanfaat. Sekali lagi penggantian meteran listrik akibat kerusakan sendiri akan sepenuhnya gratis dari biaya pergantian meteran sampai jasa pemasangan.