√ Kapan Batas Waktu Pengisian Token Listrik ? Apa 24 Jam?

Advertisements

Batas Waktu Pengisian Token Listrik – Perusahaan Listrik Negara (PLN) menyediakan dua jenis layanan listrik yaitu listrik pascabayar serta listrik prabayar. Selain itu ada beberapa pilihan daya yang bisa digunakan dari 450, 900, 1300, 2200, serta 3500 VA.

Namun untuk kini PLN hanya akan memberikan listrik prabayar kepada pengguna baru. Itu artinya setiap pengguna baru akan mendapatkan meteran listrik pulsa atau token. Keuntungan penggunaan listrik token misalnya terhindar dari tagihan serta denda keterlambatan.

Selain itu Anda juga akan mendapat kemudahan dalam proses pembelian atau pengisian token listrik ketika sudah habis. Hal itu dikarenakan banyak pilihan metode yang bisa digunakan dalam pembeliannya. Contoh lewat ATM, m Banking, e-commerce dan banyak lainnya.

Advertisements

Setelah pembelian dan mendapat 20 digit kode token, maka Anda tinggal memasukkan ke meteran. Namun jika berhasil membelinya pasti sebagian orang pernah bertanya dakah batas waktu pembelian serta pengisian token listrik PLN dapat dilakukan 24 jam?.

Batas Waktu Pengisian Token Listrik

Advertisements

Batas Waktu Pengisian Token Listrik

Jika muncul pertanyaan seperti itu, pada kesempatan kali ini kami hargaalat.id akan sajikan informasi mengenai batas waktu pengisian token listrik prabayar. Untuk lebih jelas batas waktu pengisian tersebut, kami sudah rangkumkan penjelasannya dibawah, jadi simak sampai akhir.

Kapan Batas Waktu Pengisian Token Listrik?

Menurut beberapa informasi dari laman pembelian token listrik PLN dari berbagai e-commerce yang ada. Memang Anda tidak bisa melakukan pembelian ataupun pengisian token listrik pada batas waktu 23.00-01.00 WIB setiap harinya.

Itu tandanya segala bentuk transaksi pembelian ataupun pengisian token listrik yang dilakukan lewat berbagai metode apapun tidak dapat diproses. Mengapa bisa begitu? Apakah sudah menjadi ketentuan?

Hal itu dikarenakan dalam kurun waktu pukul 23.00 – 01.00 WIB, server dari PLN sedang melakukan rekonsiliasi data atau pemeliharaan sistem. Inilah yang membuat semua transaksi akan dihentikan dan tidak dapat diproses.

Nantinya transaksi bisa kembali dilakukan dan dapat diproses jika sudah masuk pukul 01.00 WIB ke atas. Jadi, sebaiknya Anda lakukan melakukan pembelian ataupun pengisian token listrik di luar pukul 23.00 – 01.00 WIB.

Tujuannya agar nanti terhindar dari apa yang dinamakan tertunda, sehingga saat sisa Kwh meter sudah mendekati habis pada jam-jam tersebut bisa terhindarkan. Itu membuat nantinya listrik di rumah Anda tidak padam.

Pengisian Token Listrik Dimana?

Seperti sudah dijelaskan di atas, ada beberapa cara yang bisa Anda pilih sesuai kenyamanan dalam pengisian maupun pembelian token. Antara lain pembelian token listrik bisa dilakukan melalui beberapa metode berikut:

  • PLN Mobile.
  • ATM semua bank.
  • Mobile Banking, SMS Banking, Internet Banking.
  • Dompet digital (OVO, DANA, GoPay dan lainnya).
  • E-commerce (Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Lazada dan lainnya).
  • Gerai minimarket (Indomaret, Alfamart dan lainnya).
  • Gerai / konter terdekat.
  • dan beberapa lainnya.

Namun jika Anda sudah tidak sempat keluar rumah untuk pembelian token listrik dan Anda sudah mengaktifkan layanan m Banking. Maka bisa lakukan pengisian token secara mudah lewat layanan perbankan tersebut.

Selain mudah dan praktis, nantinya pembelian melalui layanan m-Banking memudahkan Anda. Karena tinggal mengakses layanan di smartphone atau HP Anda sudah berhasil lakukan pengisian atau pembelian token.

Apa Yang Terjadi Beli Token Listrik Tidak Langsung Diisi?

Terkait tidak langsung memasukkan token setelah berhasil mendapatkan 20 digit angka token sendiri bukan masalah berarti. Hal itu dikarenakan token listrik tidak akan hangus atau tidak memiliki masa aktif, dengan catatan masih memenuhi syarat ketentuan.

Seperti misalnya, nomor token listrik dibeli dan lama tidak digunakan tidak bisa dimasukkan ke kWh jika telah terlewat penginputannya dari 50 x transaksi pembelian selanjutnya. Namun jika baru 2 atau 3 kali penginputan token maka tetap masih bisa dimasukkan.

Semisal Anda ingin memasukkan token yang berhasil dibeli dalam 2-3 hari kedepan kWh ke meteran bukan menjadi masalah. Jadi intinya memasukkan token di atas tidak melebihi ketentuan yang dijelaskan di atas.

Langkah Input 20 Digit Token Listrik

Teruntuk Anda yang belum paham bagaimana cara memasukkan token listrik ke meteran setelah membelinya, maka berikut sudah pernah kami sampaikan. Sebenarnya cara sangat mudah, namun bagi pengguna baru dan masih bingung silakan ikuti langkah memasukkan token berikut ini.

  • Pertama silakan siapkan nomor 20 digit nomor token.
  • Kemudian input 20 digit token sesuai yang didapatkan.
  • Setelah itu pastikan nomor token dimasukkan benar.
  • Lalu tekan atau klik saja “Enter”.
  • Jika benar maka di layar meteran muncul tulisan benar.

Akhir Kata

Seperti itu kiranya pembahasan dapat hargaalat.id sajikan mengenai batas waktu pembelian atau pengisian token listrik. Bisa disimpulkan jika pembelian sebenarnya bisa dilakukan 24 jam melalui berbagai metode pengisian.

Hanya saja lebih baik hindari pengisian di waktu pukul 23.00 – 01.00 WIB atau sekitar jam 12 malam agar terhindar dari tertundanya proses pengisian. Bahkan jika perlu beli sebelum batas waktu tersebut atau setelah pukul 01.00 WIB.

Semoga adanya pembahasan batas waktu isi token listrik di atas bisa bermanfaat dan berguna bagi semua. Terutama bagi Anda yang bertanya ketentuan batas waktu pengisian token pada meteran listrik.

Advertisements