9 Cara Memasukkan Token Listrik ke Meteran 2021 : Pembelian & Nominal

Cara Memasukkan Token Listrik ke Meteran – Beralih dari meteran listrik lama (pascabayar) ke meteran listrik token (prabayar)? Mungkin akan menjadi salah satu pengalaman baru bagi para penggunanya.

Hal tersebut karena akan memiliki perbedaan antar keduanya, di mana meteran listrik pembayaran tagihan akan muncul di akhir setelah pemakaian. Sedangkan meteran token, Anda harus membeli token dahulu sebelum menggunakannya.

Dengan menggunakan meteran listrik token ini, ada satu keuntungan yang banyak pengguna menyampaikannya. Di mana penggunaan meteran listrik token ini, nantinya Anda para pengguna bisa mengatur pemakaian sesuai dengan kebutuhan.

Nah, masalah memasukkan token listrik inilah yang kerap terjadi dan membingungkan para pengguna meteran listrik token baru. Tidak perlu khawatir akan hal itu, karena hargaalat.id akan sampaikan cara memasukkan token listrik ke meteran.

Cara Memasukkan Token Listrik ke Meteran Pembelian Nominal

Untuk yang belum tahu dan masih penasaran akan cara memasukkan token listrik tersebut, berikut akan disampaikan secara lengkap dan jelas. Jadi simak dan ikuti terus ulasan cara memasukkan token listrik ini sampai akhir.

Komponen Meteran Listrik Token (Prabayar)

Komponen Meteran Listrik Token Prabayar

Sebelum berlanjut ke pembahasan mengenai cara memasukkan token ke meteran tersebut, Anda terlebih dahulu paham akan komponen yang ada pada meteran itu sendiri. Berikut beberapa komponen yang ada pada meteran listrik token.

1. Nomor Seri (Pelanggan)

Sebenarnya bukan komponen, namun nomor seri meter yang Anda gunakan. Nomor ini memiliki letak biasanya paling atas yaitu tepatnya di atas layar LCD (setiap merek ada yang berbeda letaknya). Fungsinya dibutuhkan saat pembelian token listrik.

2. Layar LCD

Komponen selanjutnya pada meteran listrik token yaitu layar LCD, di mana di sini akan memunculkan KWH token yang kamu miliki. Selain itu juga akan menampilkan tulisan seperti PERIKSA dan lainnya saat meteran bermasalah.

3. Keypad

Di bawah komponen layar LCD ada komponen keypad. Komponen keypad ini terdiri dari tombol angka, backspace dan enter. Tombol backspace sendiri berfungsi untuk menghapus dan tombol enter untuk input token listrik.

4. Lampu Indikator

Lampu indikator pada meteran listrik token sendiri nantinya bisa menunjukkan beberapa warna. Hijau artinya token listrik banyak, kuning token listrik cukup banyak dan merah token listrik hampir habis.

Pembelian Token Listrik

Pembelian Token Listrik

Untuk pembelian token listrik/pulsa ini sendiri ada beberapa pilihan tempat dan cara yang bisa dilakukan. Dengan begitu, Anda tentunya akan semakin termudahkan dalam pembelian token listrik. Berikut beberapa di antara lainnya:

  • Konter pulsa terdekat dengan lokasi Anda.
  • Minimarket (Alfamart & Indomaret).
  • Mesin ATM (semua bank).
  • Layanan Bank Online (Mobile Banking & Internet Banking).
  • dan aplikasi dompet digital (OVO, LinkAja & lainnya).

Nominal Token yang Tersedia

Nominal Token yang Tersedia

Nah, untuk pilihan nominal token itu sendiri bisa dikatakan juga cukup banyak. Sehingga Anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan token yang akan dibeli. Adapun nominal token listrik yang tersedia:

  • Rp 20.000
  • Rp 50.000
  • Rp 100.000
  • Rp 250.000
  • Rp 500.000
  • Rp 1.000.000

Cara Memasukkan Token Listrik ke Meteran

Jika sudah tahu mengenai pembelian token di mana dan nominalnya berapa saja. Anda tinggal tahu cara memasukkan token listrik tersebut ke meteran. Nah, berikut cara atau langkah-langkah memasukkan token ke meteran:

1. Dapatkan 20 Digit Nomor Token

Langkah, pertama silakan dapatkan 20 digit nomor token listrik. Caranya dengan membeli di beberapa tempat yang sudah tadi disampaikan di atas.

1. Dapatkan 20 Digit Nomor Token

2. Masukkan Token ke Meteran

Setelah berhasil membeli dan mendapatkan nomor token listrik tersebut. Lanjut dengan memasukkan nomor token tersebut ke meteran. Caranya Anda hanya langsung menekan angka sesuai token.

2. Masukkan Token ke Meteran

3. Cek & Periksa Nomor Token Dimasukkan

Jika sudah berhasil memasukkan token listrik tersebut, coba cek dan periksa apakah nomor token listrik sudah benar. Dirasa benar maka Anda hanya perlu tekan tombol Enter.

3. Cek Periksa Nomor Token Dimasukkan

4. Memasukkan Token Berhasil

Jika langkah demikian dilakukan secara benar, maka cara maupun langkah memasukkan token listrik ke meteran berhasil. Anda juga akan diberikan tanda pada layar meteran berupa tulisan “benar”.

4. Memasukkan Token Berhasil

Bagaimana? Mudah bukan cara memasukkan teken listrik ke meteran prabayar? Jadi bagi Anda yang baru pertama kali menggunakan meteran prabayar (token) tidak perlu bingung. Mungkin itu saja yang bisa hargaalat.id sampaikan mengenai cara memasukkan token listrik ke meteran prabayar. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.