Meteran Listrik Token Tidak Berkurang, Penyebab & Cara Mengatasi

Advertisements

Meteran Listrik Token Tidak Berkurang – Meteran listrik prabayar atau token dinilai lebih mudah, karena pengguna bisa memantau penggunaan daya listrik sendiri. Meskipun demikian, namun meteran token juga sering error.

Error yang sering dialami oleh pengguna meteran token diantaranya seperti METERAN LISTRIK MUNCUL TULISAN TERPUTUS, muncul kode error dan yang sering dialami yaitu token kWh meteran listrik tidak berkurang.

Token tidak berkurang kerap kali dialami oleh sejumlah pengguna dan ini merupakan permasalahan serius yang harus segera di atas. Karena token yang tidak berkurang jika dibiarkan akan membuat kerugian bagi pengguna itu sendiri.

Advertisements

Lalu, apa penyebab dan bagaimana cara mengatasi meteran listrik token tidak berkurang? Adapun untuk penjelasan lengkap terkait kenapa meteran listrik token tidak berkurang, langsung saja simak penjelasan lengkap di bawah ini.

Penyebab Meteran Listrik Token Tidak Berkurang

Penyebab Meteran Listrik Token Tidak Berkurang

Advertisements

Munculnya permasalahan token pulsa listrik tidak berkurang, tentu saja ada penyebab dibalik error tersebut. Nah, untuk mengatasi kendala pada meteran prabayar ini, maka harus diketahui terlebih dahulu apa penyebab kerusakannya.

Karena tanpa mengetahui apa penyebab token tidak berkurang, maka untuk mengatasinya akan lebih sulit. Oleh sebab itu, jika hal ini terjadi maka segera cari tahu penyebab agar bisa mengatasi meteran listrik yang mengalami error tersebut.

Penyebab utama terjadinya token tidak berkurang ialah dikarenakan kWh meteran listrik prabayar mengalami kerusakan. Lantas, bagaimana cara mengetahui kWh meteran listrik tersebut rusak atau tidak? berikut cara mengetahuinya.

Cara Mengetahui kWh Meteran Listrik Rusak atau Tidak

Cara Mengetahui kWh Meteran Listrik Rusak atau Tidak

Untuk memastikan apakah kWh meteran listrik prabayar mengalami kerusakan atau tidak caranya sangat mudah, dimana pengguna hanya perlu mengecek tegangan dan mengecek arus pada meteran listrik prabayar di rumah.

Lalu, bagaimana cara mengecek tegangan dan arus meteran listrik token? caranya juga mudah, karena pengguna bisa mengeceknya menggunakan kode-kode tertentu. Untuk informasi lebih jelasnya, simak caranya pada ulasan di bawah ini.

1. Cara Cek Tegangan Meteran Listrik

Untuk mengecek tegangan pada meteran listrik token caranya cukup gampang, cukup dengan menekan kode “41“, lalu tekan “enter”. Jika hasilnya 00 atau tidak terbaca tergangannya, maka dapat dipastikan kWh meteran listrik rusak.

2. Cara Cek Arus Meteran Listrik

Sedangkan, untuk mengecek arus caranya juga sama dengan cara cek tegangan yakni dengan memasukkan kode, namun kode yang digunakan berbeda. Untuk cek arus, silahkan tekan kode “44“, lalu “Enter”. Apabila hasilnya muncul angka 00 atau tidak terbaca maka kWh meter rusak.

Cara Mengetahui Token Meteran Listrik Berkurang atau Tidak

Cara Mengetahui Token Meteran Listrik Berkurang atau Tidak

Setelah melakukan beberapa cara di atas dan tidak ditemukan kendala, maka jangan senang dulu. Anda mesti harus memastikan kembali jika token benar-benar berkurang dengan melakukan beberapa tindakan seperti pada ulasan di bawah ini.

  1. Coba cek token listrik sudah terpakai atau belum dengan memasukkan kode pengecekan berikut.
    • Meteran Hexing : 801
    • Meteran Glomet : 74
    • Meteran Conlog : #11#
    • Meteran Itron : 54
  2. Setelah itu, periksa juga token listrik terakhir dengan menggunakan kode dibawah ini :
    • Meteran Hexing : 807
    • Meteran Glomet : 59
    • Meteran Conlog : #6#
    • Meteran Itron : 59

Nah, setelah melakukan dua tindakan di atas dan didapati jika token tidak berkurang maka Anda perlu melakukan tindakan di bawah ini untuk mengatasinya.

Cara Mengatasi Meteran Listrik Tidak Berkurang

Cara Mengatasi Meteran Listrik Tidak Berkurang

Caranya mengatasi token meteran tidak berkurang sebenarnya cukup simpel, dimana Anda hanya perlu melapor ke pihak PLN agar meteran diganti dengan yang barus. Dimana, saya harus melaporkan permasalahan ini? Anda bisa melaporkan kerusakan pada meteran prabayar langsung ke kantor cabang atau menghubungi call center PLN 123.

Buat pelaporan dan jelaskan secara detail permasalahan yang terjadi. Setelah itu, Anda tinggal menunggu petugas datang untuk mengecek meteran listrik.

Meteran listrik token tidak berkurang harus segera  dilaporkan, karena ini bisa berakibat fatal yang sangat merugikan. Dimana ketika token tidak berkurang, namun Anda tidak segera melaporkannya kepada petugas PLN.

Maka nantinya pihak PLN akan menagih penggunaan listrik yang dihitung dari waktu terakhir kali Anda mengisi token. Misalkan token tidak berkurang selama 5 bulan dan biaya penggunaan listrik Anda sebesar Rp. 100.000 per bulannya, maka saat ditagih Anda harus membayar sebesar Rp. 500.000.

Tentu saja hal itu sangat merugikan. Oleh sebab itu, ketika diketahui bahwa token tidak berkurang, maka segara laporkan kepada pihak PLN langsung ke kantor ataupun menghubungi via call center PLN 123.

Nah, itulah informasi lengkap dari hargaalat.id terkait meteran listrik token tidak berkurang lengkap dengan penyebab serta caranya mengatasi. Demikianlah informasi dari kami, semoga penjelasan di atas bisa membantu Anda semua.

Advertisements