8 Arti, Warna & Fungsi Lampu Indikator Meteran Listrik 2022

Lampu Indikator Meteran Listrik – Kehidupan saat ini tentu dekat sekali dengan apa itu listrik, apalagi seperti diketahui sendiri banyak peralatan yang membutuhkan listrik dalam pengoperasiannya. Seperti misalnya TV, kulkas, mesin cuci, AC dan masih banyak lainnya.

Tentu saja dengan hal itu Anda tidak asing lagi dengan apa yang dinamakan meteran listrik. Di mana meteran listrik adalah alat untuk mengukur pemakaian listrik oleh konsumen atau pengguna baik di perumahan domestik, tempat usaha, bangunan pemerintah, dan lain-lain sebagainya untuk memasangnya.

Berbicara mengenai meteran listrik, tentu saja bagi Anda pengguna baru perlu mengetahui lebih dalam lagi tentang apa yang ada. Seperti misalnya mengenai lampu indikator yang dapat menyala pada unit meteran listrik entah itu meteran listrik prabayar atau pasca bayar.

Bagi yang belum tahu akan fungsi dan arti warna lampu indikator yang menyala pada meteran listrik tersebut, pada pembahasan kali ini hargaalat.id akan sajikan secara lengkap. Dengan begitu, bagi yang penasaran terus untuk simak dan ikuti pembahasan di bawah ini sampai akhir.

Lampu Indikator Meteran Listrik

Lampu Indikator Meteran Listrik

Berbicara mengenai fungsi dari lampu indikator pada meteran listrik rupanya memiliki fungsi utama yaitu guna menampilkan keadaan dari listrik yang sedang dipakai maupun digunakan. Baik itu dari pemakaian, kondisi error yang terjadi, saldo/KWH dan keterangan lainnya.

Mengenai lampu indikator ini digunakan pada dua jenis meteran listrik yaitu meteran listrik pasca bayar dan prabayar. Lalu Untuk lebih jelas mengenai warna dan arti daro lampu indikator meteran listrik tersebut simak di bawah ini.

Warna & Arti Lampu Indikator Listrik Pasca Bayar

Warna Arti Lampu Indikator Listrik Pasca Bayar

Teruntuk Anda pengguna listrik pasca bayar perlu mengetahui tiga warna dan arti warna tersebut yang muncul pada meteran. Karena setiap warna yang menyala memiliki arti berbeda-beda. Dan inilah arti warna pada meteran listrik pasca bayar:

  • Hijau : Arti warna hijau ini memiliki arti jika arus listrik dari PLN tersedia dalam meteran listrik pasca bayar Anda. Warna ini akan otomatis mati jika ada pemadam listrik yang dilakukan oleh PLN baik karena pemutusan aliran listrik sebentar maupun secara permanen.
  • Kuning / Orange : Arti warna kuning / orange memiliki arti yaitu terdapat instalasi listrik yang alami masalah. Biasanya dalam kejadian ini meteran listrik juga terdapat tulisan kode T1 dan T2 pada layar meteran, untuk mengatasi silakan segera lapor PLN.
  • Merah : Arti warna merah ini memiliki arti jika arus aliran listrik yang sedang digunakan oleh pengguna meteran listrik pasca bayar dan terdapat tulisan PULSE yang menandakan jika arus listrik sedang berjalan.

Warna & Arti Lampu Indikator Listrik Prabayar

Warna Arti Lampu Indikator Listrik Prabayar

Sedangkan untuk pengguna meteran listrik prabayar, warna lampu yang ada di meteran listrik juga sama yaitu merah, kuning, dan merah. Namun bagi pengguna baru tentu saja tidak mengetahui apa artinya. Untuk lebih jelas mengenai lampu indikator pada meteran prabayar atau pulsa simak di bawah ini.

  • Hijau = Arti warna hijau menandakan jika saldo / KWH listrik masih sangat banyak.
  • Kuning /Orange = Arti warna kuning / orange menandakan jika saldo / KWH listrik masih cukup banyak
  • Merah = Arti warna merah menandakan jika saldo / KWH listrik sudah hampir habis.
  • Merah dan berkedip = Arti warna berkedip menandakan jika credit saldo sudah kritis dan akan segera habis, secara umum hal ini akan di sertai dengan bunyi pada indikator listrik. Dalam hal ini silakan untuk segera isi atau beli token pulsa listrik agar nantinya meteran tidak mati.

Pada meteran listrik pulsa atau prabayar, tidak hanya menunjukkan warna lampu indikator saja. Pada layar meteran listrik ini juga akan memunculkan kode-kode tertentu yang memiliki arti atau fungsi berbeda. Tidak hanya itu saja kode meteran listrik ini juga akan berbeda dari setiap mereknya.

Seperti misalnya kode meteran listrik Melcoinda, ITRON, SMI, Hexing dan lain akan berbeda-beda. Jadi guna mengetahui kode pada meteran silakan sesuaikan dengan meteran listrik apa yang digunakan. Pada pembahasan terkait kode meteran listrik sudah pernah di bahas sebelumnya.

Mungkin itulah informasi terkait lampu indikator meteran listrik prabayar dan pasca bayar lengkap dari fungsi, warna dan arti yang dapat hargaalat.id sajikan. Semoga dengan adanya pembahasan terkait lampu indikator pada meteran di atas bisa bermanfaat bagi semua yang membutuhkan.

Tinggalkan komentar