√ MCB Meteran Listrik Rusak 2021 : Penyebab, Cara Atasi & Biaya

MCB Meteran Listrik Rusak – Komponen bernama Miniature Circuit Breaker atau lebih dikenal MCB merupakan salah satu komponen instalasi listrik yang perannya penting. Lalu bagaimana jika sampai MCB meteran listrik rusak?

Tentu saja permasalahan listrik dirumah Anda tidak dapat terhindarkan dan akan menghambat aktivitas yang berhubungan dengan alat di mana membutuhkan aliran listrik dalam kegunaannya. Bahkan rusak MCB juga bisa menimbulkan korsleting.

Mungkin sudah banyak permasalahan MCB rusak yang dialami oleh para pengguna meteran listrik, bahkan tidak terkecuali saat ini Anda sedang mengalaminya. Jika sedang alami, tentu saja banyak yang menanyakan apa penyebab dan cara mengatasinya.

Nah jika demikian, pada kesempatan kali ini hargaalat.id akan sampaikan informasi seputar MCB meteran listrik yang alami rusak baik itu dari faktor penyebab beserta cara mengatasinya. Sehingga jika Anda nantinya bisa tangani secepat mungkin.

MCB Meteran Listrik Rusak

Untuk lebih jelas akan penyebab dan cara atasi MCB rusak di rumah, berikut akan di sampaikan secara lengkap di bawah ini. Jadi, terus untuk simak dan ikuti pembahasan tentang MCB meteran rusak di bawah ini agar rasa penasaran Anda bisa terjawabkan.

Penyebab MCB Rusak

Penyebab MCB Rusak

Mengenai penyebab MCB rusak sendiri secara umum disebabkan karena memang MCB sudah mulai melemah atau berusia cukup lama. Walaupun penggunaan alat listrik normal dan tidak melebihi batas, jika MCB lemah maka METERAN AKAN SERING ANJLOK yang menyebabkan pemadaman.

Kegagalan fungsi MCB ini nantinya dapat berisiko menimbulkan korsleting yang bisa menyebabkan kebakaran. Selain itu fungsi MCB bisa saja tiba-tiba turun dan mengakibatkan listrik di rumah mengalami penurunan meskipun pemakaian listrik belum melebihi beban.

Cara Mengatasi MCB Meteran Rusak

Cara Mengatasi MCB Meteran Rusak

Mengenai permasalahan rusaknya MCB meteran listrik, para pengguna meteran tentunya harus segera melakukan penanganan agar nantinya meteran listrik dirumah dapat normal kembali seperti biasa. Jangan anggap sepele jika MCB meteran mengalami rusak.

Lalu bagaimana cara atau prosedur mengatasi MCB rusak? Secara umum mengatasi MCB meteran rusak nantinya dilakukan dengan mengajukan kembali MCB baru ke PLN. Anda bisa proses pengajuan ganti MCB lewat unit layanan PLN langsung, hubungi 123 atau lewat twitter @pln_123.

Jika sudah mengajukan permohonan ganti MCB meteran baru, nantinya Anda hanya perlu tunggu balasan. Biasanya Anda akan diminta konfirmasi perihal permohonan ganti MCB baru dengan melengkapi beberapa syarat diperlukan seperti misalnya:

  • Nama pelanggan
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Nomor Meter/ID Pelanggan (Daya terpasang)
  • Alamat lengkap pelanggan
  • Nomor telepon aktif yang bisa dihubungi setiap saat

Jika prosedur pengajuan dan permintaan syarat sudah dilengkapi, selanjutnya Anda hanya perlu menunggu beberapa saat. Nantinya pihak PLN nantinya akan segera mengirim teknisi atau petugas untuk mengecek dan mulai memperbaiki MCB meteran yang rusak.

Mengenai proses atau jangka waktu ganti MCB baru akibat rusak sendiri akan tergantung dari petugas PLN setempat. Jadi ketentuan ini akan berbeda satu sama lain di daerah-daerah di tanah air.

Biaya Atasi MCB Meteran Rusak

Biaya Atasi MCB Meteran Rusak

Lalu berapa biaya atasi atau ganti MCB meteran listrik baru akibat rusak?Tentu saja pertanyaan ini juga kerap dilontarkan bagi para pemilik meteran listrik yang alami masalah berupa MCB melemah.

Mengenai ganti MCB meteran listrik, PLN nantinya tidak akan memungut biaya sepeser pun atau bisa dibilang gratis. Dengan catatan, tidak dikenai biaya jika benda (MCB meteran listrik) tersebut mengalami kerusakan dan melemah akibat sudah tua.

Tidak hanya itu, selain mendapat MCB baru nantinya para pemilik meteran juga tidak akan dikenakan tarif pemasangan. Adapun jika pihak meminta biaya pembayaran maka akan menggunakan nomor register sehingga pembayaran tidak langsung melalui petugas.

Dengan begitu, pihak PLN mengimbau agar pelanggan tidak memberikan biaya pada teknisi atau petugas saat melakukan proses penggantian MCB. Karena seperti sudah disampaikan di atas jika pihak PLN tidak mengenai biaya atau tarif apapun.

Sanksi & Denda Ganti MCB Meteran Sendiri

Sanksi Denda Ganti MCB Meteran Sendiri

Pemberitahuan, jangan sekali-kali Anda mengganti MCB PLN/meteran listrik sendiri tanpa sepengetahuan pihak PLN. Hal itu karena petugas akan selalu mengecek meteran listrik termasuk MCB apakah resmi maupun tidak.

Biasanya MCB resmi dari PLN akan tersegel dan biasanya MCB tersebut bermerek Merlin Gerin dengan warna biru. Jika sampai ganti MCB meteran listrik sendiri dan tidak sesuai ketentuan maka Anda akan dikenakan sanksi.

Risiko, denda dan sanksi tersebut terbilang cukup berat, di mana nantinya pihak PLN akan langsung melakukan pemutusan arus listrik sementara sampai denda dibayarkan. Denda uang sendiri nantinya akan dilakukan hitung-hitungan oleh petugas PLN, jadi denda akan berbeda satu sama lain.

Demikian mungkin informasi dapat hargaalat.id sampaikan mengenai penyebab, cara mengatasi MCB meteran listrik yang rusak. Semoga adanya informasi MCB PLN rusak di atas bisa bermanfaat dan berguna bagi semua yang membutuhkan, terutama pengguna listrik yang alami masalah MCB meteran rusak.