5 Ciri Ciri Dinamo Pompa Air Rusak & Terbakar

Advertisements

Ciri Ciri Dinamo Pompa Air Rusak – Dinamo motor menjadi salah satu komponen yang kerap kali mengalami masalah. Dimana sering kali dinamo pada pompa air mengalami kerusakan pada gulungan dinamo ataupun terbakar.

Mengingat dinamo merupakan bagian cukup penting dalam pompa air, karena dinamo ini memiliki peran dalam mengangkat air dari dalam sumur. Itu berarti ketika dinamo rusak, maka harus segera diganti dengan yang ataupun diperbaiki.

Untuk mengetahui apakah kondisi dinamo dalam keadaan baik atau memang sudah rusak, bisa dilakukan dengan mengenali dari ciri cirinya. Ciri ciri dinamo pada pompa air telah rusak terlihat begitu jelas, karena memang komponen penggerak.

Advertisements

Jadi sangat terasa sekali apabila dinamo pompa air mengalami kerusakan. Lalu, apa ciri ciri dinamo pompa air rusak? Adapun bagi Anda yang belum tahu ciri cirinya, maka langsung saja Anda simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Ciri Ciri Dinamo Pompa Air Rusak

Ciri Ciri Dinamo Pompa Air Rusak

Advertisements

Dengan mengenali ciri cirinya, maka penyebab kerusakan bisa terdeteksi. Itu berarti dengan diketahui pemicu dinamo rusak, maka Anda bisa mengetahui tindakan apa yang harus dilakukan untuk memperbaiki dinamo rusak tersebut.

Itulah mengapa, memahami ciri ciri dinamo pompa air rusak sangat penting, seperti halnya mengenali CIRI CIRI KAPASITOR POMPA AIR RUSAK. Adapun ciri ciri dinamo motor pompa jet pump rusak yaitu sebagai berikut ini.

1. Listrik turun saat pompa air dinyalakan

Ciri ini menjadi indikasi paling kuat apabila gulungan dinamo rusak terbakar yang menyebabkan konsleting dan listrik padam ketika pompa air dinyalakan.

2. Tercium bau gosong di sekitar pompa air

Ciri ini adalah tanda paling jelas apabila dinamo terbakar.

3. Impeller tidak berputar

Ciri lainnya jika gulungan dinamo rusak atau ada yang putus ialah impeller tidak berputar, mengingat dinamo merupakan komponen mesin penggerak yang berfungsi menggerakkan putaran impeller.

4. Terdapat komponen yang meleleh

Ciri ini umumnya terjadi pada komponen kapasitor dan kabel. Tapi, ini juga bisa menjadi indikasi dinamo terbakar.

5. Body pompa air nyetrum

Karena adanya konsleting akibat gulungan dinamo rusak atau putus menyebabkan short body. Dimana terdapat lilitan tembaga gulungan dinamo yang menempel pada body sehingga pompa air nyetrum saat dipegang.

Nah, apabila salah satu dari lima ciri ciri di atas ada satu indikasi yang Anda temui, maka bisa dipastikan dinamo mengalami kerusakan. Lantas, apa yang menjadi pemicu atau penyebab dinamo pompa air rusak? Berikut penjelasannya.

Penyebab Dinamo Pompa Air Rusak

Penyebab Dinamo Pompa Air Rusak

Dinamo rusak atau terbakar bisa disebabkan oleh beberapa hal mulai dari kesalahan pemasangan, kesalahan akibat orang maupun karena pemakaian yang sudah sangat lama. Berikut ini beberapa penyebab kerusakan gulungan dinamo air.

  1. Motor dinamo lemah. Dinamo pompa air menggunakan lilitan tembagan, dimana jika lilitas ini sudah lemah umumnya akan menimbulkan kerusakan pada gulungan tersebut.
  2. Konsleting. Pemicu lainnya penyebab dinamo terbakar ialah karena adanya arus pendek listrik.
  3. Terendam air. Pemasalahan dinamo rusak atau terbakar bisa juga disebabkan karena terendam air karena hujan atau debit air sumur naik.
  4. Kesalahan pemasangan kabel kelistrikan. Pompa air juga dapat terbakar karena salah memasang kabel listrik, sehingga menyebabkan korsleting.

Perbaikan Dinamo Pompa Air Rusak

Perbaikan Dinamo Pompa Air Rusak

Setelah dipastikan motor penggerak pompa air rusak, maka tentu saja tindakan pertama yang harus dilakukan adalah memperbaikinya. Lalu, bagaimana cara memperbaiki dinamo rusak? Tentu saja caranya sangat mudah.

Pompa air terbakar dan rusak masih bisa diperbaiki, sehingga Anda tidak perlu membeli pompa air baru. Untuk memperbaikinya yaitu dengan cara mengganti gulungan lilitan tembaga pada dinamo pompa air itu sendiri.

Disini disarankan untuk mengganti lilitan tembaga dinamo ke teknis dinamo. Hal ini bertujuan agar gulungan dinamo benar jika ditangani langsung oleh ahlinya. Namun ini mungkin akan membutuhkan biaya service dinamo pompa air.

Dimana untuk memperbaiki gulungan dinamo pompa air hanya membutuhkan biaya kurang lebih sekitar Rp. 100.000 – Rp. 500.000 tergantung tingkat keparahan dan jenis pompa air. Dengan ini, maka dinamo rusak akan segera teratasi.

Nah, itulah informasi lengkap dari hargaalat.id terkait ciri ciri dinamo pompa air rusak lengkap beserta penyebab dan cara memperbaikinya. Sekiranya, cukup sekian informasi dari kami, semoga ulasan di atas bisa bermanfaat untuk Anda.

Advertisements