√ Ukuran Kapasitor Pompa Air Shimizu Semua Model

Advertisements

Ukuran Kapasitor Pompa Air Shimizu – Semua model atau tipe pompa air Shimizu pastinya memiliki kapasitor. Dimana kapasitor pada pompa air memiliki peran untuk membantu starting awal dinamo saat motor pertama kali dinyalakan.

Kapasitor pompa air memiliki peran yang cukup penting, sehingga jika kapasitor pompa air mengalami kerusakan maka harus segera di ganti dengan kapasitor baru. Pasalnya untuk memperbaiki kapasitor pompa air yang rusak terbilang cukup sulit.

Nah, untuk memastikan kapasitor rusak atau tidak, maka Anda dapat mengenalinya melalui ciri ciri kapasitor pompa air rusak dilihat dari daya dorong atau hisap pompa air tersebut. Jika ada kerusakan, maka segera lakukan penggantian kapasitor.

Advertisements

Hal yang harus diperhatikan ketika ingin mengganti pompa air adalah ukuran kapasitor itu sendiri. Oleh sebab itu, berikut ini hargaalat akan memberikan informasi kepada Anda ukuran kapasitor pompa air Shimizu untuk semua model.

Ukuran Kapasitor Pompa Air Shimizu

Ukuran Kapasitor Pompa Air Shimizu

Advertisements

Setiap model pompa air Shimizu memakai kapasitor dengan ukuran yang berbeda. Dimana masing-masing kapasitor pompa air Shimizu punya spesifikasi tertentu terkait besar kapasitansi kapasitor yang sering dinyatakan dalam satuan Farad (F).

Jika Anda mencari pengganti kapasitor terbaik untuk jet pump Shimizu, maka kapasitor dengan ukuran yang tepat adalah pilihan terbaik. Lantas, berapa ukuran kapasitor pompa air Shimizu? berikut adalah penjelasan selengkapnya.

  • Untuk ukuran kapasitor pompa air Shimizu PS 116, 125, 126, 121, 128, 130 bit, 135/135E bit yaitu 8 µF (±5% – 10%) 370/450 Volt AC (VAC) 50/60 Hz 70o C.
  • Sedangkan untuk pompa air Shimizu PS 226 bit dan PS 230 bit menggunakan kapasitor berukuran 16 µF.

Penting diketahui, ketika ingin mengganti kapasitor disarankan untuk mengganti dengan ukuran yang sesuai. Karena jika mengganti kapasitor dengan ukuran yang lebih besar memiliki resiko atau efek tertentu seperti pada penjelasan berikut.

Efek Mengganti Kapasitor Pompa Air Dengan yang Lebih Besar

Efek Mengganti Kapasitor Jet Pump Dengan yang Lebih Besar

Besaran kapasitor biasanya disesuaikan dengan kebutuhan arus dan tegangan listrik dinamo untuk memulai starting saat menyelakan pompa air dan selama pompa air berputar (running).Tak jarang banyak orang melakukan modifikasi kapasitor dengan menggantinya menggunakan kapasitor yang lebih besar ukurannya.

Perlu Anda ketahui bahwa mengganti kapasitor dengan ukuran yang lebih besar bukanlah keputusan yang tepat. Memang, mengganti kapasitor pompa air Shimizu dengan nilai yang lebih besar bisa meningkatkan kecepatan putar dinamo, akan tetapi hal itu dapat berefek terhadap pompa air yang akan lebih cepat panas.

Akibat terburuknya adalah gulungan tembaga dinamo rawan putus atau terbakar karena menerima arus dan tegangan listrik yang melebihi kebutuhannya. Olehnya sebab itu, sangat tidak dianjurkan mengganti kapasitor dengan ukuran lebih besar dari kapasitor sebelumnya karena akan memperpendek umur dari dinamo.

Harga Kapasitor Pompa Air Shimizu

Harga Kapasitor Pompa Air

Buat Anda yang ingin mengganti kapasitor pompa air Shimizu, maka Anda bisa dengan mudah mendapatkan kapasitor terbaik di toko elektronik offline maupun online. Kapasitor pompa air Shimizu banyak dijual dengan berbagai ukuran.

Sedangkan untuk harganya sendiri juga bervariasi tergantung merek dan ukuran. Baik itu di toko elektronik online maupun offline harga kapasitor tidak berbeda jauh yakni sekitar Rp. 63.000 – Rp. 78.000 untuk kapasitor ori Shimizu.

Cara Ganti Kapasitor Pompa Air

Cara Ganti Kapasitor Pompa Air

Nah, setelah menemukan kapasitor yang sesuai dengan ukuran yang tepat, maka Anda bisa langsung melakukan penggantian. Cara mengganti kapasitor pompa air Shimizu terbilang cukup mudah dan berikut langkah-langkah yang bisa Anda ikuti.

  1. Langkah pertama, pastikan supply listrik PLN ke pompa air Shimizu telah dicabut dan amankan area sekitar pompa agar lebih aman.
  2. Kemudian, buka penutup kapasitor pada pompa air. Kapasitor biasanya terletak di bagian atas pompa air yang ditandai dengan bagian yang menonjol.
  3. Sebelum Anda melepas kapasitor ori Shimizu, perhatikan jalur kabel untuk menghindari kesalahan pemasangan.
  4. Biasanya terdapat pelindung kabel berupa selongsong atau pin. Silahkan longgarkan selongsong/pin tersebut menggunakan tang lancip agar saat menyambung kabel kapasitor pompai air jadi lebih mudah.
  5. Cara pasang kapasitor pompa air Shimizu bisa bolak balik karena tidak ada polaritasnya.
  6. Setelah kapasitor diganti, maka bungkus kembali sambungan kabel dengan pelindung kabel yang Anda lepas sebelumnya. Lalu, tinggal pasang tutup kapasitor pompa air dan coba nyalakan pompa air Shimuzu.

Nah, itulah informasi lengkap dari hargaalat.id terkait ukuran kapasitor pompa air Shimizu semua model dilengkapi harga dan cara mengganti kapasitor pompa air. Demikianlah informasi dari kami, semoga artikel di atas bermanfaat untuk Anda.

Advertisements