√ Ukuran Kapasitor Mesin Cuci Sanken 2 Tabung yang Ideal

Ukuran Kapasitor Mesin Cuci Sanken 2 Tabung – Pada mesin cuci 1 tabung maupun 2 tabung merk apapun itu, kapasitor menjadi komponen vital dengan peran sangat penting. Dimana fungsi kapasitor pada mesin cuci adalah untuk memberikan arus listrik ke motor penggerak mesin cuci itu sendiri.

Jadi, apabila kapasitor mesin cuci tersebut mengalami kerusakan, maka dapat menyebabkan mesin cuci tersebut macet dan bahkan tidak bisa digunakan kembali. Jika sudah begitu, maka untuk memperbaiki mesin cuci agar bisa digunakan lagi adalah dengan mengganti kapasitor yang telah rusak tersebut.

Mengganti kapasitor mungkin memang mudah, akan tetapi hal itu tidak bisa dilakukan sembarangan, dimana hal yang harus paling diperhatikan dalam penggantian kapasitor mesin cuci adalah ukuran atau nilai kapasitas kapasitor itu sendiri. Jika ukuran kapasitas kapasitor tidak sesuai maka dapat menyebabkan kerusakan lain.

Oleh sebab itu, bagi Anda pemilik mesin cuci Sanken 2 tabung sangat penting untuk mengetahui ukuran kapasitor mesin cuci Sanken 2 tabung, agar nantinya saat penggatian Anda tidak salah memilih kapasitor. Adapun untuk informasi lebih lengkap terkait ukuran kapasitor mesin cuci yaitu sebagai berikut ini.

Ciri-Ciri Kapasitor Mesin Cuci Sanken Rusak

Ciri Ciri Kapasitor Mesin Cuci Sanken Rusak

Kerusakan pada kapasitor sering kali tidak dikenali oleh pemilik mesin cuci Sanken itu sendiri. Sebenarnya, kerusakan kapasitor mesin cuci dapat dikenali dengan sangat mudah dan bahkan terlihat jelas sekali ada yang salah pada mesin cuci itu sendiri.

Dimana kapasitor mesin cuci Sanken rusak biasanya ditandai dengan putaran mesin cuci yang bergerak lambat dan bahkan mesin cuci tidak dapat berputar baik saat proses pencucian maupun pengeringan. Jadi terlihat jelas sekali perbedaannya.

Jadi apabila putaran mesin cuci Sanken Anda lambat atau tidak berputar sama sekali, maka Anda bisa langsung mengecek kapasitor mesin cuci. Jika ditemukan masalah, maka segera ganti kapasitor yang rusak tersebut dengan kapasitor yang baru.

Ukuran Kapasitor Mesin Cuci Sanken 2 Tabung

Ukuran Kapasitor Mesin Cuci Sanken 2 Tabung

Nah, setelah memastikan bahwa kapasitor mesin cuci Sanken 2 tabung milik Anda rusak dengan mengenali ciri-ciri di atas, maka tindakan yang harus Anda lakukan adalah mengganti kapasitor tersebut, dengan kapasitor pengganti yang baru.

Penggantian kapasitor mesin cuci Sanken terbilang sangat mudah, dimana pada kapasitor biasanya hanya terdiri dari dua kabel yang bisa disambung tanpa harus takut terbalik kabel penyambungnya. Tapi ini adalah bagian paling penting.

Dimana hal yang harus Anda perhatikan adalah ukuran kapasitor itu sendiri. Anda harus memperhatikan tinggi rendahnya ukuran kapasitor itu sendiri, pasalnya hal ini akan berpengaruh pada ketahanan motor mesin cuci Sanken itu sendiri.

Mungkin merk kapasitor mesin cuci Aqua 2 tabung banyak sekali, tapi sebenarnya ukuran kapasitor mesin cuci 2 tabung rata-rata sama. Ukuran kapasitor mesin cuci Sanken 2 tabung sebenarnya sama seperti ukuran kapasitor mesin cuci Aqua 2 tabung, yang terpenting ukuran kapasitor pengganti harus sama dengan aslinya.

Ukuran kapasitor sendiri diukur dalam satuan mikrofarad (μF). Umumnya mesin cuci Sanken 2 tabung menggunakan kapasitor ukuran 8, 10 atau 12 μF. Sementara itu untuk tabung pengering sendiri menggunakan kapasitor ukuran 4,5 atau 6 μF.

Ukuran kapasitor mesin cuci Sanken 2 tabung bervariasi tergantung kapasitas unit, ada yang berukuran 4 μF, 5 μF, 6 μF, 8 μF, 10 μF dan juga ada yang berukuran 12 μF. Makin besar nilai mikrofaradnya, maka makin besar pula ukuran kapasitornya.

Kapasitor dengan kapasitas 4 μF, 5 μF dan juga 6 μF merupakan kapasitor yang sering digunakan untuk mesin pengering. Ukuran kapasitor tersebut banyak digunakan pada mesin cuci Sanken kapasitas 7 kg, 9 kg dan semua kapasitas lainnya.

Efek Penggantian Kapasitor Mesin Cuci dengan Nilai Tidak Sama

Efek Penggantian Kapasitor Mesin Cuci dengan Nilai Tidak Sama 1

Seperti yang telah kami jelaskan di atas, bahwasanya untuk mengganti kapasitor mesin Sanken 2 tabung, Anda tidak boleh mengganti asal-asalan. Akan tetapi ukuran atau nilai kapasitor pengganti harus sama dengan kapasitor Sanken 2 tabung aslinya.

Karena jika hal ini tidak dilakukan, maka akan menimbulkan efek yang dapat menyebabkan kerusakan lain yang bahkan bisa lebih parah. Adapun efek penggantian kapasitor mesin cuci Sanken 2 tabung dengan nilai tidak sama yaitu.

  • Arus yang dibutuhkan untuk menggerakkan motor mesin cuci akan berubah mengikuti nilai kapasitas kapasitor, semakin besar kapasitas kapasitor maka akan semakin besar pula daya yang dibutuhkan.
  • Motor listrik mesin cuci Sanken 2 tabung akan lebih cepat panas, sehingga dapat menyebabkan motor listrik mesin cuci cepat rusak.
  • Secara langsung hal tersebut dapat mengakibatkan tagihan listrik naik menjadi lebih besar.

Nah, itulah informasi lengkap dari hargaalat.id mengenai ukuran kapasitor mesin cuci Sanken 2 tabung yang dilengkapi dengan ciri-ciri kapasitor rusak dan efek salah mengganti kapasitor. Sekian, semoga informasi di atas bermanfaat.

Sumber gambar: Binaindojaya.com, lazada.co.id

Tinggalkan komentar