7 Kode Error Mesin Cuci Sanken, Penyebab & Cara Mengatasinya

Advertisements

Kode Error Mesin Cuci Sanken – Produsen elektronik lokal yaitu Sanken juga ikut menawarkan unit mesin cuci berkualitas dengan harga yang cukup terjangkau. Tak jarang, banyak masyarakat Indonesia yang lebih memilih mesin cuci Sanken ini.

Ada berbagai pilihan produk mesin cuci mulai dari mesin cuci Sanken 1 tabung dan 2 tabung yang cocok untuk semua lapisan masyarakat. Meskipun dinilai punya kualitas lumayan, namun bukan berarti mesin cuci Sanken tidak dapat bermasalah.

Tak jarang, bahkan banyak pengguna unit mesin cuci ini yang mengalami masalah error ataupun kerusakan pada unit. Bagaimanapun sebuah produk memiliki batasan umur pemakaian, dimana semakin lama waktu pemakaian, kualitasnya akan turun.

Advertisements

Kerusakan pada mesin cuci Sanken membuat banyak orang yang mengalaminya kebingungan, karena munculnya kode error. Tapi jangan khawatir, karena di bawah ini adalah penjelasan lengkap dari setiap kode yang muncul pada display kontrol.

Apa Itu Kode Error Mesin Cuci Sanken ?

Apa Itu Kode Error Mesin Cuci Sanken

Advertisements

Kode error mesin cuci Sanken adalah kode yang digunakan untuk mendiagnosis sebuah masalah atau kerusakan yang terjadi pada unit mesin cuci. Kode ini menjadi indikasi adanya kesalahan fungsi pada setiap komponen unit mesin cuci sendiri.

Setiap kode error mengindikasikan kerusakan yang berbeda-beda. Itu artinya setiap kode error muncul dengan penyebab dan cara mengatasi yang berbeda.

Error dengan memunculkan kode tertentu biasanya terjadi pada unit 1 tabung. Nah, kode error ini dimaksudkan untuk membantu pengguna melakukan penanganan, dimana munculnya kode error tersebut muncul berkat fitur self diagnosis.

Kini mesin cuci Sanken 1 tabung telah dilengkapi dengan fitur self diagnosis, yang akan membantu pengguna mengenali kerusakan mesin cuci dengan memunculkan kode-kode tertentu, sesuai dengan jenis kerusakan yang sedang terjadi.

Meskipun demikian, namun masih banyak pengguna yang kurang begitu paham dengan arti setiap kode yang muncul pada mesin cuci. Itulah sebabnya, dibawah ini kami jelaskan arti, penyebab dan cara atasi kode error mesin cuci Sanken.

Kode Mesin Cuci Sanken

Kode Mesin Cuci Sanken

Ada beberapa kode error yang kerap kali dialami oleh pengguna unit Sanken dan kurang begitu dipahami. Meskipun dalam buku panduan produk, telah dicantumkan isi berupa pemecahan masalah terkait kode error, namun tidak semua kode ada.

Selain itu, jika buku panduan tersebut hilang maka akan lebih sulit lagi untuk mengatasi error yang terjadi pada mesin cuci Sanken. Nah, berikut ini adalah daftar kode error mesin cuci Sanken lengkap beserta penyebab dan cara mengatasinya.

1. Kode Error  E1

Kode E1 ada kaitannya dengan gagalnya proses pembuangan air (drain) sehingga mesin cuci berhenti beroperasi. Error E1 bisa disebabkan karena selang tersumbat atau terlipat, tak jarang juga karena tinggi selang pembuangan lebih dari 15 cm.

Nah, tindakan yang harus dilakukan untuk mengatasinya adalah dengan mematikan mesin cuci Sanken dan periksa bagian saluran pembuangan untuk perbaikan.

2. Kode Error E2

Display kontrol mesin cuci Sanken muncul E2 terjadi karena pintu mesin cuci tidak tertutup sempurna, sehingga sensor mendeteksi sebuah kesalahan. Untuk mengatasinya, cek bagian pintu untuk memastikan telah tertutup dengan rapat.

3. Kode E3, E3-1, E3-2

Kode error mesin cuci Sanken E3 terjadi karena posisi mesin cuci tidak balancing. Pastikan Anda menempatkan mesin cuci pada lantai yang rata dan tidak miring.

Terkadang, kode error E3 juga bisa muncul karena pakaian dalam tabung menumpuk ke satu sisi, sehingga mengganggu keseimbangan. Untuk mengatasinya cukup dengan menghentikan siklus dan silahkan ratakan pakaian ke semua sisi.

4. Kode Error E5

Penyebab kode error E5 muncul ialah karena tabung mesin cuci tidak terisi air karena keran air belum dibuka. Selain itu, coba lakukan pemeriksaan saluran air masuk, barang kali ada benda air yang menyumbat, sehingga mesin cuci tidak terisi air.

Bukan hanya itu saja, kode E5 terkadang juga muncul karena dalam waktu 15 menit ketinggian air tidak mencapai batas standar, karena aliran air terlalu kecil.

5. Kode Error E7

Kode error E7, E7-1, E7-2, E7-3, E7-4 menjadi indikasi perputaran motor mesin cuci yang abnormal, baik pada saat melakukan pencucian ataupun pengeringan. Nah, cara mengatasinya membutuhkan pengetahuan dan keterampilan di bidang teknisi.

Itu artinya cara mengatasi error E7 pada mesin cuci Sanken harus dilakukan dengan menghubungi service center Sanken untuk melakukan perbaikan motor unit.

6. Kode Error F1 Sanken

Kode error F1 mesin cuci Sanken terjadi karena adanya kerusakan pada bagian water level. Selain itu, kode F1 juga bisa muncul karena ada salah satu kabel yang putus.

Untuk mengatasinya, silahkan periksa bagian kap belakang mesin cuci Sanken apakan ada kabel yang putus. Jika tidak ada, maka dapat dipastikan komponen water level mesin cuci Sanken mengalami kerusakan, silahkan ganti water level baru.

7. Kode Error F8 Sanken

Penyebab kode error F1 mesin cuci Sanken ialah karena mesin cuci terjadi error ataupun ada kabel yang putus. Nah, untuk mengatasinya bisa dicoba untuk reset kembali mesin cucinya. Apabila masih terjadi hal serupa Anda bisa langsung menghubungi service center di layanan bebas pulsa 08001123800.

Nah, itulah informasi lengkap dari hargaalat.id terkait kode error mesin cuci Sanken lengkap dengan penyebab dan cara mengatasinya. Mungkin itu saja informasi yang dapat kami sajikan, semoga artikel di atas membantu Anda semuanya.

Advertisements