10 Kode Error Mesin Cuci Sanyo, Penyebab & Cara Mengatasi

Advertisements

Kode Error Mesin Cuci Sanyo – Semakin berkembangnya dunia teknologi, menjadikan setiap alat-alat elektronik kini dibekali dengan fitur canggih dan terbaik. Salah satunya adalah mesin cuci yang sudah dibekali dengan self diagnostic.

Di mana fungsinya untuk mendeteksi masalah pada komponen mesin cuci dengan menampilkan kode error pada display atau layar kecil pada mesin. Nah terkadang kode error mesin cuci inilah yang kerap tidak diketahui oleh para pemilik mesin cuci.

Namun di setiap produsen mesin cuci yang ada memberlakukan kode error dengan arti keterangan yang berbeda-beda. Seperti misalnya kode error mesin cuci Samsung, Polytron, LG, Panasonic, Sanyo, Sanken dan beberapa merk lain tidak akan sama.

Advertisements

Nah jika Anda menggunakan merk mesin cuci Sanyo maka perlu mengetahui kode error-nya. Bagi yang belum tahu, kali ini kami akan bahas mengenai kode error mesin cuci merk Sanyo secara lengkap dari arti keterangan kode dan cara mengatasinya.

Kode Error Mesin Cuci Sanyo Penyebab Cara Mengatasi

Advertisements

Fitur Kode Error Mesin Cuci Sanyo

Namun sebelum lanjut ke pembahasan kode error dari mesin cuci tersebut, alangkah baiknya Anda mengetahui fitur kode error yang disematkan oleh produsen. Di mana fitur tersebut bernama self diagnostic atau pendeteksi kerusakan mesin.

Seperti disinggung di atas jika fungsinya adalah untuk mendeteksi kegagalan serta kerusakan komponen mesin cuci. Hanya saja fitur ini disematkan kepada produk mesin cuci Sanyo keluaran terbaru yang sudah memenuhi syarat.

Sebenarnya jika menaati aturan pengoperasian yang sudah ada di buku panduan, maka Anda selangkah memberikan tindakan untuk mencegah munculnya kode error-error tersebut. Namun karena ini alat elektronik, tentu bisa terjadi kerusakan kapanpun.

Kode Error Mesin Cuci Sanyo

Kode Error Mesin Cuci Sanyo

Sebenarnya kode error ini sudah tertulis lengkap di buku panduan, namun untuk yang masih masih belum paham. Berikut informasi lengkap mengenai kode error dari mesin cuci merk Sanyo dari arti keterangan kode beserta cara mengatasinya.

KODE ERRORARTI / PENYEBABSOLUSI
U3Mesin cuci Sanyo tidak berputarPastikan mesin cuci berada ditempat rata.
U4Mesin cuci Sanyo tidak berputarPastikan tutup mesin cuci tertutup rapat.
U5Tidak bisa mencuci.Pastikan Child mode aktif atau tidak.
E1Tidak bisa menampung air.
  • Buka penuh keran air.
  • Pastikan selang terpasang dengan benar.
  • Pastikan filter air tidak tersumbat atau kotor.
E2Tidak bisa membuang air.
  • Periksa selang pembuangan tersumbat atau tidak.
  • Pastikan posisi selang pembuangan tidak terlalu tinggi.
  • Tidak menggunakan selang pembuangan yang terlalu panjang.
EC –Tekan tombol Power, Start maupun Pause.
EA –Tekan tombol Power, Start maupun Pause.
EH1Ada masalah pada PSU maupun PCB rusak. –
EH2Ada masalah pada PSU maupun PCB rusak.Tunggu sampai tegangan kembali normal.
EH3Ada masalah pada PSU maupun PCB rusak.Tunggu sampai tegangan kembali normal.

Masalah Mesin Cuci Sanyo Lainnya

Tidak hanya masalah atau kerusakan pada mesin cuci yang sudah disajikan di atas, mesin cuci Sanyo juga kerap memunculkan masalah umum lain yang akan mengganggu kinerja. Di antara lain masalah mesin cuci Sanyo tersebut antara lain seperti:

1. Mesin Cuci Alami Bocor

Mesin cuci bocor atau tidak bisa menampung air yang dikarenakan adanya kotoran, logam maupun benda lain di katup pembuangan air pada mesin cuci. Cara mengatasinya adalah dengan melakukan pembersihan atau menghilangkan masalah yang mengganjal pada katup karet penyebab air mengalir terus.

2. Suara Gesekan Saat Mesin Bekerja

Suara atau bunyi melengking pada saat mesin cuci bekerja biasanya terjadi karena rem yang sudah menipis sehingga menghasilkan suara gesekan lebih nyaring. Upaya mengatasi bisa dilakukan dengan membersihkan rem dari kotoran, karat atau bisa juga meneteskan sedikit oli agar suara gesekan tidak terlalu berisik.

3. Rem Tidak Fungsi

Pada tabung atau spin akan membutuhkan waktu lebih lama agar berhenti jika ada masalah pada pengereman. Penyebab masalah ini adalah karena torsi pengereman terlalu besar, jika terlalu parah maka mengatasinya adalah dengan mengganti bearing case keseluruhan.

Demikian kiranya pembahasan terkait kode error, arti keterangan kode, penyebab beserta cara mengatasi yang dapat hargaalat.id sajikan. Dengan adanya kode error mesin cuci Sanyo di atas semoga bisa bermanfaat bagi semua yang membutuhkan.

Advertisements