Kode Error Mesin Cuci Samsung, Arti, Penyebab & Cara Mengatasinya

Kode Error Mesin Cuci Samsung – Produk mesin cuci Samsung memang sudah tidak diragukan lagi kualitasnya. Selain berkualitas tinggi, harga mesin cuci Samsung juga dikenal terjangkau, jadi patut menjadi pilihan terbaik untuk mencuci.

Meskipun punya kualitas baik, akan tetapi seiring penggunaan dalam jangka waktu lama mesin cuci Samsung juga bisa mengalami kerusakan. Error dapat terjadi kapan saja, baik itu karena faktor pengguna maupun faktor usia pemakaian.

Ketika terjadi error, display pada mesin cuci Samsung biasanya akan memunculkan sebuah kode-kode tertentu. Kode error tersebut muncul sebagai indikasi adanya kesalahan ataupun kerusakan pada komponen mesin cuci Samsung itu sendiri.

Namun sebagian besar pengguna, masih belum tahu arti dan penyebab kode error tersebut muncul, alhasil mereka tidak mengetahui apa tindakan yang harus di ambil untuk mengatasinya. Adapun untuk informasi lebih lengkapnya, ada di bawah ini.

Fitur Smart Check Mesin Cuci Samsung

Fitur Smart Check Mesin Cuci Samsung

Hampir semua mesin cuci Samsung telah dilengkapi dengan fitur Smart Check sebagai pemecah masalah yang mudah. Fitur ini sangat berguna dan membantu pengguna menghindari biaya dan ketidaknyamanan mesin yang rusak.

Smart Check adalah sistem pemantauan kesalahan otomatis yang dapat Anda gunakan kapan saja, di mana saja dengan aplikasi smartphone. Ini mendeteksi dan mendiagnosis masalah dan memberikan solusi pemecahan masalah yang cepat dan mudah serta menghemat waktu dan uang Anda untuk perbaikan.

Meskipun sudah dilengkapi dengan fitur Smart Check, nyatanya masih banyak pengguna yang belum mengerti dari kode error mesin cuci. Jika memang demikian, silahkan simak informasi di bawah ini agar tahu penyebab dan cara mengatasi error.

Kode Error Mesin Cuci Samsung

Kode Error Mesin Cuci Samsung

Ada banyak kode error yang muncul pada mesin cuci. Nah, setiap kode memiliki arti dan penyebabnya masing-masing, jadi tindakan yang harus dilakukan untuk mengatasinya juga akan berbeda-beda tergantung apa penyebab error tersebut.

Dari pada makin penasaran dengan kode error yang sering muncul pada mesin cuci Samsung, langsung saja Anda menyimak ulasan selengkapnya di bawah ini.

1. Kode DE (Door Error)

Arti dari kode DE ialah Door Error yang biasanya disebabkan karena pintu belum tertutup rapat. Ini terjadi karena pintu terganjal benda atau pakaian saat proses pencucian. Untuk mengatasinya, pastikan pintu tertutup dengan rapat.

2. Kode 4E (Water Supply Error)

Kode 4E muncul karena gangguan pada aliran air yang masuk, bisa jadi karena keran air belum dibuka atau air mengalir kecil. Untuk mengatasinya, pastikan selalu buka keran air dan pastikan juga air yang mengalir memiliki tekanan 50-800 Kpa.

3. 5E (Drain Error)

Kode 5E diartikan sebagai indikator gangguan pada saluran pembuangan karena selang tersumbat atau tertekuk. Untuk mengatasinya, bersihkan saringan pembuangan mesin cuci secara rutin dan pastikan tidak ada kotoran yang menyumbat.

4. UE (Unbalance Error)

kode error UE muncul pada mesin cuci Samsung dapat disebabkan karena mesin cuci tidak berdiri dengan stabil, bisa juga karena ada cucian yang menggumpal. Jika demikian, hentikan proses mencuci, keluarkan cucian dari dalam mesin, kemudian masukkan lagi satu-satu.

5. SUD (Foaming Detected)

Kode ini muncul sebagai indikasi banyak busa sabun yang muncul. Jika kode SUD muncul, maka Anda tidak perlu khawatir karena biasanya mesin cuci Samsung akan bekerja sendiri  untuk mengurangi busa sabun hingga nanti menjadi normal lagi.

6. Kode UC (Power Error)

Apabila terdapat indikasi gangguan pada sistem power mesin cuci, maka kode UC akan muncul. Kode error ini berarti tegangan listrik sedang tidak stabil sehingga proses pencucian secara otomatis ditunda, agar mesin cuci tidak cepat rusak.

7. LE / LE1 (Water Leakage Error)

Penyebab error LE / LE1 yaitu karena busa terlalu banyak deterjen, adanya kebocoran air pada selang pembuangan, atau lepasnya penutup filter pada pompa pembuangan.

8. OE / OF (Overflow Error)

Kode error OE /OF pada mesin cuci Samsung disebabkan karena pasokan air bekerja terus-menerus. Biasanya terjadi karena pendeteksi level air tidak bekerja, bisa juga disebabkan selang pembuangan terlipat sehingga air tidak keluar dengan lancar.

9. Kode Error 4C

Kode error 4C disebabkan oleh suplai air tidak tersedia. Jadi pastikan bahwa air keran terbuka, tidak ada selang tersumbat atau terlipat, keran air tidak membeku dan pastikan mesin cuci Samsung bekerja dengan tekanan air yang cukup.

Jika mesin cuci Samsung menampilkan error 4C, maka mesin cuci akan melakukan pengurasan selam 3 menit. Selama waktu tersebut tombol power mesin cuci Samsung tidak akan berfungsi.

10. Kode Error 4C2

Jika kode ini muncul maka ada kesalahan pada selang pasokan air. Jadi untuk mengatasinya, pastikan selang pasokan air dingin tersambung dengan kuat ke keran air dingin, jika terhubung ke keran air panas cucian bisa berubah bentuk dengan beberapa siklus.

11. Kode Error 5C

Error 5C terjadi karena disebabkan air tidak mengering. Cara menghilangkan kode error ini, pastikan selang pembuangan tidak tersumbat dan posisikan dengan benar.

Bersihkan bagian filter dari serpihan yang dapat menyumbat selang pembuangan atau dengan memposisikan selang pembuangan lurus hingga ke sistem pembuangan.

12. Kode Error 1E

Kode error 1E terjadi karena water level sensor mengalami masalah. Langkah perbaikan yang harus dilakukan yaitu memastikan selang penyuplai air tidak tersumbat benda asing ataupun tidak terjepit atau terlipat yang membuat penyumbatan selang penyuplai air ke mesin cuci Samsung.

Pastikan juga selang penyuplai air tidak terlepas dari keran air. Jika itu belum juga mengatasi error ini, maka silahkan hubungi teknisi service mesin cuci Samsung.

13. Kode Error UB

Kode error UB terjadi pada mesin cuci Samsung disebabkan oleh spinning yang tidak berfungsi. Jika hal itu terjadi, pastikan mesin cuci berada di permukaan yang rata dan tidak ada cucian yang menggumpal.

Distribusikan ulang beban dan jika hanya satu item pakaian perlu dicuci, hasil putaran akhir mungkin tidak akan memuaskan serta pesan cek UB akan ditampilkan pada display mesin cuci Samsung.

14. Kode Error HC

Sementara itu, kode HC akan muncul karena Heater Control mesin cuci Samsung mengalami peningkatan suhu. Cara mengatasi kode error HC, cukup dengan membersihkan wadah saringan atau kondesor mesin cuci Samsung.

15. Kode LC /LC1

Kode error ini disebabkan adanya masalah pada selang pembuangan mesin cuci Samsung. Jika hal ini terjadi, pastikan Anda meletakan ujung selang pembuang di lantai dan pastikan juga tidak ada selang pembuangan yang tersumbat atau tertekuk.

16. Kode Error DC

Kode error ini umumnya disebabkan karena pintu terbuka saat menjalankan pengeringan. Jadi pastikan pintu tertutup rapat dan tidak ada cucian yang terjepit, hingga membuat pintu mesin cuci Samsung tidak tertutup sempurna.

Nah, itulah sejumlah kode error mesin cuci Samsung yang dapat hargaalat.id sajikan. Anda dapat melakukan reset modul mesin cuci Samsung untuk mengatasi error atau mungkin menghubungi call center Samsung 0800-112-8888. Sekiranya cukup sekian informasi dari kami, semoga artikel di atas membantu Anda semuanya.

Tinggalkan komentar