9 Ciri Mesin Cuci Rusak yang Patut Cepat Anda Ketahui!

Advertisements

Ciri Mesin Cuci Rusak – Kini kebutuhan rumah tangga sudah dapat terpenuhi dengan hadirnya sebuah alat elektronik yang bisa membantu pekerjaan Anda. Salah satunya dengan sudah hadirnya mesin cuci atau mesin otomatis yang bisa membersihkan pakaian.

Dengan mesin cuci inilah nantinya pekerjaan cuci pakaian akan semakin mudah dan memangkas waktu. Tinggal menekan tombol perintah, kemudian selanjutnya menunggu mesin selesai memproses dan dalam waktu menunggu tersebut Anda bisa melakukan aktivitas lain.

Namun apa itu yang dinamakan alat elektronik, tentu saja akan mengalami kerusakan atau kendala di waktu yang tidak terduga. Apalagi saat penggunaan alat elektronik berupa mesin cuci ini sudah terlalu lama atau sudah memakan usia pemakaian melebihi anjuran.

Advertisements

Dalam kerusakan mesin cuci tersebut, ada banyak ciri maupun tanda yang harus cepat Anda ketahui guna meminimalisir terjadinya kerusakan yang parah. Nah dengan demikian, pada pembahasan kali ini hargaalat.id akan sajikan informasi mengenai beberapa ciri mesin cuci rusak.

Ciri Mesin Cuci Rusak

Advertisements

Ciri Mesin Cuci Rusak

Terkait mesin cuci rusak sendiri akan memunculkan banyak tandanya, namun secara umum kebanyakan merek mesin cuci seperti Samsung, Sharp, LG, Polytron dan lainnya akan memiliki ciri rusak yang sama. Diantara lain ciri rusak tersebut seperti misalnya:

1. Mesin Cuci Akan Berisik

Ciri pertama mesin cuci rusak adalah dengan adanya suara berisik dan berdecit yang dihasilkan saat mesin cuci sedang digunakan mencuci pakaian. Bahkan jika suara berisik dari mesin cuci terjadi secara terus-menerus, maka mesin cuci rusak berat.

Jika diabaikan mesin cuci ini tidak hanya muncul suara berisik saja, melainkan mesin cuci bakal mati. Karena kerusakan terdapat dibagian motor atau bahkan tabung (mesin cuci). Guna memperbaiki silakan hubungi teknisi guna lakukan pengecekan dan perbaikan.

2. Mesin Cuci Menggunakan Terlalu Sedikit / banyak Air

Ciri kedua mesin cuci rusak adalah dengan adanya sisa air di dalam tabung mesin cuci setelah digunakan meskipun proses pencucian telah berakhir. Lalu apakah air tidak bertambah meski mesin cuci sudah dinyalakan? Atau bisa jadi mesin cuci bocor?.

Jika menunjukkan ciri ini maka bisa saja masalah-masalah lain yang lebih besar akan timbul. Jika sudah demikian, maka mesin cuci dapat diartikan bahwa air tidak keluar, tabung tidak terisi, bahkan terjadi kebocoran.

3. Kondisi Pakaian Dicuci Tidak Bersih

Ciri ketiga mesin cuci rusak terdapat pada kondisi pakaian yang dicuci tidak bersih atau optimal. Dalam artian pakaian yang dicuci masih terlihat kotor dan kurang bersih dengan dibuktikan masih ada bercak kotoran pada pakaian.

Secara umum ciri ini akan muncul jika mesin cuci harus dijalankan dalam waktu yang lama di setiap harinya. Jadi untuk menghindarinya selalu gunakan mesin cuci sesuai prosedur dan usahakan tidak digunakan untuk kerja yang berat.

4. Tagihan Listrik Melonjak / Naik

Ciri keempat mesin cuci rusak adalah tagihan listrik tiba-tiba melonjak lebih tinggi dibandingkan dengan bulan lalu tanpa adanya alasan jelas. Jika tidak segera ditangani, maka mesin cuci rusak dengan ciri ini akan membuat Anda mengeluarkan uang lebih banyak setiap bulannya.

Kerap tidak disadari oleh para pengguna mesin cuci dengan adanya ciri ini, dengan begitu kejadian tagihan melonjak ini menjadi indikasi bahwa alat bantu rumah tangga satu ini tidak berfungsi dengan baik dan tidak seperti biasanya.

5. Penggunaan Determent Terlalu Banyak

Ciri kelima mesin cuci rusak akan muncul ketika penggunaan deterjen terlalu banyak dan tidak sesuai aturan pemakaian. Dengan begitu akan menjadikan mesin cuci Anda aus, karena nantinya akan terlalu memperpanjang siklus pembilasan.

Ciri aus ini akan ditunjukkan dengan selalu berulang proses pembilasan pakaian setelah di tahap akhir. Dengan begitu pastikan jika penggunaan deterjen terlalu banyak harus diminimalisir dan gunakan sesuai aturan.

6. Mencuci Dalam Jumlah Banyak

Ciri keenam mesin cuci rusak bisa jadi karena Anda sering mencuci dengan dalam jumlah banyak. Memang kerusakan alat sering kali berada di luar kendali Anda, dengan begitu ciri atau penyebab satu ini adalah kesalahan para pengguna mesin cuci.

Meski tidak bermasalah saat menambahkan satu pakaian kotor ketika proses pencucian, namun jika pencucian sudah maksimal sesuai batas berapa KG mesin bisa menampung. Sebaiknya menghindari melakukan pencucian dengan banyak muatan.

7. Penggunaan Mesin Cuci Sudah Lama

Ciri ketujuh mesin cuci rusak adalah dari kondisi mesin cuci yang sudah digunakan dalam usia cukup lama. Karena mesin cuci akan memiliki batasan umur maksimal pemakaian tergantung dengan tipe, jenis 1 tabung atau dua tabung dan merek dari mesin cuci itu sendiri.

Ciri ini biasanya akan menunjukkan kinerja mesin cuci yang tidak optimal seperti saat baru pertama kali penggunaan. Tidak hanya itu, bahkan mesin cuci juga akan memunculkan tanda berupa sering terjadinya kesalahan saat memencet tombol perintah.

8. Terdapat Bau Tidak Kunjung Hilang

Ciri kedelapan mesin cuci rusak adalah hadirnya bau mesin cuci yang asing dan tidak kunjung hilang meskipun sudah melakukan pencucian tabung. Ciri ini biasanya berupa bau tidak enak seperti kecut dan menyengat lainnya.

Mengenai ciri ini memang sulit untuk percaya bahwa pakaian Anda bersih saat mesin cuci Anda berbau kotor. Dengan demikian, memang kondisi ini tidak ada hubungannya dengan cara kerja mesin cuci, namun jika terus digunakan maka mesin bisa hasilkan jamur dan lumut.

9. Muncul Kode Error

Ciri terakhir mesin cuci alami kerusakan adalah dengan munculnya kode error pada mesin cuci. Kode inilah yang nantinya bisa menunjukkan rusak dibagian mana mesin cuci Anda, di mana dari berbagai merek mesin cuci akan memiliki kode error yang berbeda.

Seperti misalnya kode error mesin cuci Toshiba, Sanken, Panasonic, Samsung, LG, Polytron, Sharp dan lainnya akan memiliki kode error yang berbeda. Dengan begitu Anda perlu memahami munculnya ciri berupa kode error pada mesin cuci tersebut.

Demikian kiranya pembahasan terkait beberapa ciri atau tanda mesin cuci alami kerusakan yang dapat hargaalat.id sajikan. Semoga dengan adanya pembahasan terkait ciri-ciri mesin cuci sudah mulai rusak di atas bisa bermanfaat bagi semua yang membutuhkan.

Advertisements