12 Penyebab Daya Dorong Pompa Air Lemah & Solusi Meningkatkan

Penyebab Daya Dorong Pompa Air Lemah – Penggunaan pompa air menjadi salah satu hal umum dan sudah biasa ditemui. Mungkin ada dari Anda juga memiliki sumur baik itu sumur galian atau pun sumur bor, tentu saja menggunakan tambahan pompa air.

Apalagi sekarang banyak sudah berbagai merek pompa air ternama dengan kualitas bagus, sebut saja POMPA AIR PANASONIC, Sanyo, Shimizu dan lainnya. Merek tersebut sudah menjadi kepercayaan oleh banyak orang.

Terkadang kerap terjadi masalah pada pompa air tersebut saat digunakan. Salah satu yang cukup sering yaitu berupa daya dorong dari pompa air mulai melemah. Masalah seperti ini membuat para pemilik pompa air bertanya-tanya mengenai apa masalahnya.

Kendati demikian, hargaalat.id akan sampaikan informasi mengenai apa saja faktor penyebab mengapa pompa air dirumah Anda memiliki daya dorong lemah. Sehingga saat menemukan permasalahan ini Anda bisa mengatasinya.

Penyebab Daya Dorong Pompa Air Lemah

Agar lebih paham apa saja penyebab di mana membuat pompa air Anda melemah dan tidak stabil tersebut, berikut akan disampaikan secara jelas dibawah ini. Jadi terus simak sampai akhir pembahasan ini.

Penyebab Daya Dorong Pompa Air Lemah

Berbicara daya dorong pompa air lemah sendiri ada beberapa faktor penyebabnya. Namun faktor penyebab ini, kerap tidak disadari oleh para penggunanya. Dan berikut beberapa penyebab-penyebab yang menjadikan daya dorong pompa air menurun.

1. Volume Air Berkurang

1. Pompa Air Lemah Akibat Volume Air Berkurang

Penyebab mengapa daya dorong pompa berkurang atau tidak kencang bisa disebabkan oleh volume air yang mulai berkurang. Biasanya akan dirasakan saat tiba musim kemarau, banyak juga pengeboran sumur, dan pemakaian air terlalu banyak.

2. Masalah Pada Tabung & Pompa Air

2. Masalah Pada Tabung Pompa Air

Tekanan air lemah juga bisa dikarenakan oleh komponen sistem sumur bermasalah. Seperti misalnya saat pompa air dan tabung rusak, sehingga akan otomatis daya hisap air akan ikut lemah dan stabil.

3. Pipa Air Tersumbat

3. Pipa Air Tersumbat

Penyebab mengapa daya dorong pompa air melemah bisa dikarenakan oleh faktor yang datang dari luar. Seperti misalnya tersumbat kotoran dibagian pipa, mengatasinya Anda hanya perlu bersihkan kotorannya. Jika perlu tambahkan filter penyaring.

4. Foot Klep Tersumbat

4. Foot Klep Tersumbat

Penyebab selanjutnya datang dari foot klep tersumbat, penyebab pompa air melemah ini terkadang kerap tidak disadari. Faktor utama dari masalah ini yaitu banyak tanah juga ikut terdorong ke atas melalui pipa.

5. Masalah Pada Kapasitor Pompa Air

5. Masalah Pada Kapasitor Pompa Air

Kapasitor pompa air rusak juga jadi salah satu faktor umum yang menjadikan pompa air dirumah Anda melemah. Hal itu karena komponen (kapasitor) tidak bekerja dengan baik, seperti putaran dinamo pompa air tidak stabil.

6. Tutup Impeller Aus

6. Tutup Impeller Aus

Penyebab pompa air memiliki daya dorong lemah juga bisa dikarenakan tutup impeller (kipas pompa) sudah menipis. Dan biasanya kerap terjadi pada pompa air yang masih menggunakan tutup impeller berbahan kuningan.

7. Instalasi Pipa Terlalu Panjang

7. Instalasi Pipa Terlalu Panjang

Selain faktor penyebab di atas, pompa air lemah juga bisa dikarenakan oleh instalasi pipa terlalu panjang. Apalagi jika penggunaan ukuran pipa juga terlalu besar, tentu saja tekanan daya dorong air akan melemah bahkan menghilang.

Upaya Peningkatan Daya Dorong Pompa Air

Upaya Peningkatan Daya Dorong Pompa Air

Setelah tahu akan penyebab mengapa pompa air melemah, Anda juga perlu tahu bagaimana upaya atau cara untuk bisa meningkatkan daya dorong pompa air tersebut. Ada beberapa hal bisa dilakukan, seperti:

1. Tambah Tekanan Pada Pressure Switch

Lalu untuk cara meningkatkan pompa air yang memiliki daya dorong lemah, bisa ditambahkan tekanan pada pressure switch. Namun dengan penambahan sesuai ketentuan/wajar, misalnya pengaturan awal 30/50 bisa ditingkatkan ke 40/60.

2. Gunakan Pipa Diameter Kecil

Penanganan atau mengantisipasi pompa air yang memiliki daya dorong lemah yaitu dengan cara memperkecil pipa air yang digunakan. Namun dengan catatan, menambahkan filter agar nantinya pipa tidak mudah tersumbat kotoran.

3. Pasang Pompa Pendorong

Selain dua cara mengatasi pompa air lemah di atas, cara berikut juga kerap digunakan. Yaitu dengan memasang pompa pendorong atau pompa booster agar nantinya debit air yang keluar akan semakin deras lagi.

4. Pasang Tabung Tekanan

Ingin daya dorong dari pompa air lebih stabil? Mungkin pemasangan tabung tekanan atau pressure tank menjadi salah satu alternatif cukup tepat. Dengan penambahan pressure tank bertujuan untuk meningkatkan tekanan air dengan cara menampung udara dan air di dalam tabung.

5. Pasang Katup Pelepas

Alat buka tutup aliran air pada instalasi pipa juga kerap disebut dengan Pressure Reducing Valve (RPV) juga bisa dipasangkan agar pompa air memiliki daya dorong lebih besar. Fungsinya sendiri yaitu untuk menurunkan tekanan dari satu tempat ke tempat lain.

Itulah beberapa penyebab mengapa pompa air dirumah Anda memiliki daya dorong lemah. Mungkin seperti itulah informasi dapat hargaalat.id sampaikan, semoga adanya informasi penyebab pompa air melemah di atas dapat bermanfaat.

Tinggalkan komentar