6 Penyebab Jet Pump Airnya Kecil & Cara Buat Semburan Jadi Kencang

Penyebab Jet Pump Airnya Kecil – Pompa air mungkin saat ini sudah menjadi alat yang dapat dengan mudah untuk ditemukan. Biasanya alat satu ini akan Anda jumpai dirumah-rumah yang masih menggunakan sumur sebagai sumber mata airnya.

Nah, bagi para pengguna sumur biasa secara umum akan menggunakan pompa air biasa. Sedangkan untuk sumur bor biasanya akan menggunakan jet pump agar airnya bisa terangkat dan memberikan semburan air yang kencang.

Dalam penggunaan pompa air atau jet pump tersebut, tentu banyak kendala yang bisa terjadi dan dialami oleh para penggunanya. Seperti salah contohnya POMPA AIR KONSLET atau jet pump airnya keluar kecil atau lemah.

Jika sampai masalah jet pump airnya kecil, tentu banyak dari Anda yang bertanya mengenai faktor penyebab. Nah, berikut akan hargaalat.id sampaikan mengenai beberapa penyebab di mana menjadikan jet pump Anda airnya lemah.

Penyebab Jet Pump Airnya Kecil

Untuk lebih jelas mengenai penyebab-penyebabnya itu apa saja, berikut akan disampaikan secara lengkap di bawah ini. Dengan begitu, terus untuk simak dan ikuti pembahasan ini sampai akhir agar Anda tahu faktor penyebabnya.

Penyebab Jet Pump Airnya Kecil

Ada beberapa faktor penyebab di mana menjadikan jet pump Anda airnya keluar kecil, baik itu dari faktor komponen yang rusak maupun akibat faktor alam. Lalu apa saja sebenarnya penyebab masalah ini? Berikut ini ada beberapa faktornya:

1. Gearbox Jet Pump Rusak

1. Gearbox Jet Pump Rusak

Penyebab pertama mengapa jet pump di rumah airnya kecil biasanya ada kerusakan pada gearbox yang akan berputar seiring dengan motor dynamo. Karena fungsi gearbox ini sebagai sumber daya untuk menyedot air dari dalam sumur.

Maka jika gearbox rusak atau bermasalah tentu saja daya hisap yang dihasilkan oleh jet pump akan berkurang dan melemah. Dengan begitu, jet pump nantinya tidak kuat untuk menghisap air dari dalam sumur ke atas.

Penyebab rusaknya gearbox secara umum diakibatkan adanya batu kerikil yang ikut terbawa bersama air dari dalam sumur dan akan menyebabkan gearbox pecah. Untuk membuat semburan kembali normal maka lakukan service ke tukang reparasi pompa air.

2. Jet Pump Tidak Sesuai

2. Jet Pump Tidak Sesuai

Penyebab berikutnya mengapa jet pump airnya kecil bisa juga karena pemilihan jet pump kurang tepat. Seperti spesifikasi jet pump tidak sesuai dengan kedalaman sumur, sehingga air yang terangkat ke atas tidak sempurna dan hanya mengalirkan air cukup kecil.

Dengan begitu, memang sangat penting sekali dalam pemilihan jet pump sebelum mulai menggunakan atau membelinya. Untuk mengantisipasi hal ini terulang lagi, maka Anda bisa lakukan pengecekan kedalaman sumur dan menyesuaikan dengan spesifikasi jet pump yang akan digunakan.

3. Kesalahan Pemasangan Instalasi Pipa

3. Kesalahan Pemasangan Instalasi Pipa

Airnya kecil dan lemah? Penyebab selanjutnya mungkin bisa dikarenakan adanya kesalahan instalasi pipa saat pemasangan. Seperti misalnya salah dalam pemasangan pipa hisap, sehingga mengakibatkan jet pump airnya keluar sangat kecil.

Tidak hanya kesalahan instalasinya saja, namun bisa juga karena ada kebocoran maupun sambungan pipa yang tidak tepat. Biasanya hal ini akan membuat daya vakum jet pump tidak ada walaupun mesin sudah berhasil dihidupkan.

Untuk memperbaiki dan membuat semburan kembali kencang, maka Anda hanya perlu lakukan perbaikan pada saluran pipa tersebut sampai benar-benar tidak ada masalah. Jika sudah berhasil diperbaiki, maka langsung saja untuk dicoba.

4. Impeler Cacat

4. Impeler Cacat

Penyebab berikutnya mengapa airnya keluar kecil bisa jadi adanya kerusakan pada impeller. Nah, Anda hanya perlu periksa dengan membuka bagian tabung ruang impeller mesin jet pump untuk melihat apakah ada kotoran tersangkut yang menyebabkan daya hisap melemah.

Tidak hanya itu, Anda juga diminta untuk memastikan jika kondisi impeller masih layak atau tidak ada tanda tanda cacat. Jika sampai ada, maka secara otomatis penyedotan air oleh jet pump menjadi kurang sempurna. Mengatasinya Anda hanya perlu coba perbaiki bagian impeller.

5. Sumber Air Berkurang/Menipis

5. Sumber Air Berkurang Menipis

Penyebab berikutnya berbeda dengan penyebab ini, karena penyebab satu ini merupakan keadaan alam lah yang nantinya mempengaruhi. Di mana jet pump airnya lemah bisa dikarenakan sumber air sudah mulai berkurang atau bahkan menipis.

Dalam memastikan apakah ketersediaan air di dalam sumur mencukupi atau tidak, Anda bisa pasang stop kran pada saluran pipa keluar. Dan cek dengan buka stop kran mulai dari bukaan terkecil hingga membukanya secara penuh.

Saat dalam keadaan bukaan kecil airnya keluar walaupun minim, lalu air menjadi tidak mengalir saat stop kran dibuka penuh. Maka bisa dipastikan penyebab jet pump keluar air kecil ini yaitu akibat ketersediaan air tidak mencukupi untuk di sedot oleh jet pump.

Secara umum, penyebab ini akan kerap terjadi saat mulai memasuki musim kemarau, yang mana sumber air mengalami kekeringan. Solusi penyebab airnya kecil satu ini, bisa dilakukan pengeboran lebih dalam lagi.

6. Sumber Air Tertutup Tanah

6. Sumber Air Tertutup Tanah

Penyebab berikut mengapa jet pump airnya kecil yaitu bisa dikarenakan oleh sumber air tertutup tanah akibat longsor. Penyebab ini juga bisa dikatakan sama seperti penyebab di atas yaitu karena faktor alam.Cara

Biasanya penyebab satu ini kerap terjadi pada daerah maupun wilayah yang sering mengalami banjir. Untuk solusi paling tepat mengatasi masalah ini yaitu harus dilakukan pengeboran pada sumber air (sumur) agar tanah longsor yang menutupi bisa terangkat ke atas.

Mungkin seperti itulah beberapa penyebab mengapa jet pump airnya kecil atau lemah yang bisa hargaalat.id sampaikan. Semoga dengan adanya informasi penyebab dan cara mengatasi di atas bisa bermanfaat bagi semua yang membutuhkan.

Tinggalkan komentar