2 Ciri Ciri Impeller Jet Pump Rusak Yang Wajib Diketahui

Advertisements

Ciri Ciri Impeller Jet Pump Rusak – Jet Pump atau lebih dikenal dengan pompa air adalah alat untuk menyedot air dari dalam sumur. Dengan jet pump, maka Anda tidak perlu membuat banyak tenaga untuk menimba air dari dalam sumur.

Tentu saja dengan adanya alat penyedot air ini, mengambil air dari dalam sumur menjadi lebih mudah dan praktis. Meskipun demikian, namun tak jarang pula jet pump atau pompa air ini mengalami kendala atau kerusakan tertentu.

Kerusakan pada jet pump kerap kali terjadi pada salah satu komponen pompa itu sendiri yang mengakibatkan pompa tidak bisa menyedot air. Salah satu komponen jet pump yang kerap kali mengalami kerusakan yakni impeller pompa.

Advertisements

Jika impeller pompa air rusak, maka harus segera diatasi karena komponen ini sangat berperan dalam menyedot air. Nah, untuk mengetahui apakah impeller rusak atau tidak, maka Anda bisa mengetahuinya melalui ciri ciri di bawah ini.

Fungsi Impeller Jet Pump

Fungsi Impeller Jet Pump

Advertisements

Sebelum lanjut ke inti pembahasan kita kali ini, maka untuk mengawalinya ada baiknya Anda mengetahui apa itu dan fungsi impeller jet pump lebih dulu.

Impeller merupakan komponen yang berputar dari pompa sentrifugal yang berfungsi untuk mentransfer energi dari motor dengan mempercepat air keluar dari pusat rotasi. Impeller biasanya berbentuk silinder dengan inlet terbuka untuk menerima air yang masuk, dan baling-baling untuk mendorong air secara radial.

Ciri Ciri Impeller Jet Pump Rusak

Ciri Ciri Impeller Jet Pump Rusak

Impeller memiliki peran penting dalam sistem kerja jet pump. Itulah sebabnya mengapa ketikan komponen impeller ini mengalami kerusakan maka harus segera di perbaiki atau di ganti dengan impeller yang masih baru dengan kondisi baik.

Salah satu cara paling umum untuk mengetahui apakah impeller jet pump rusak atau tidak yaitu dengan mengenalinya melalui ciri cirinya. Dimana ada beberapa indikasi yang menjadi ciri ciri impeller jet pump di rumah Anda rusak.

Ciri ciri umum paling sering terlihat apabila impeller rusak ialah debit air yang dihasilkan pompa air mengalami penurunan. Adapun beberapa ciri ciri impeller jet pump rusak, silahkan simak penjelasan lengkap di bawah ini.

1. Daya Hisap atau Dorong Jet Pump Lemah

Ciri ciri pertama impeller rusak ialah putaran mesin normal akan tetapi daya hisap atau dorong lemah. Banyak orang beranggapan bahwa daya hisap/dorong lemah, maka ada masalah pada dinamo atau kapasitor jet pump itu sendiri.

Itu memang tak sepenuhnya salah, namun ini juga bisa disebabkan karena impeller telah rusak. Mengingat impeller merupakan komponen yang berperang dalam penyedotan air, maka jika daya hisap dan dorongnya lemah artinya impeller rusak.

2. Air Yang Keluar Kecil

Perlu diketahui bahwa salah satu penyebab jet pump airnya kecil ialah karena impeller rusak. Meskipun ini juga disebabkan karena gear box rusak atau kesalahan pemasangan instalasi listrik, namun impeller cacat juga jadi penyebabnya.

Jadi ketika debit air yang keluar dari jet pump kecil, maka cobalah periksa di bagian impeller apakah masih dalam kondisi yang baik atau memang sudah rusak.

Penyebab Impeller Jet Pump Rusak

Penyebab Impeller Jet Pump Rusak

Impeller rusak bisa disebabkan karena sudah termakan umur pemakaian yang lama. Selain itu, penyebabnya juga karena tempat impeller kotor yang menimbulkan gesekan sehingga menyebabkannya cepat aus atau tidak rata.

Bukan itu saja, impeller rusak juga bisa disebabkan karena banyak gigi yang telah patah. Setelah dipastikan bahwa impeller benar-benar telah rusak, maka impeller ini harus segera di perbaiki. Lalu, bagaimana cara memperbaiki impeller rusak?

Tentu saja caranya sangat gampang, dimana ketikan impeller jet pump rusak maka Anda bisa menggantinya dengan impeller yang baru. Anda bisa mendapatkan impeller jet pump dengan sangat mudah di toko offline maupun online.

Tak perlu khawatir karena harga impeller jet pump tidaklah mahal, dimana harganya kurang lebih sekitar Rp. 95.000 untuk kualitas terbaik. Setelah impeller rusak di ganti, maka debit air pompa akan kembali besar seperti baru.

Nah, itulah informasi lengkap dari hargaalat.id terkait ciri ciri impeller jet pump rusak. Sekiranya cukup sekian informasi dari kami terkait tanda-tanda kerusakan impeller jet pump, semoga ulasan di atas bisa membantu Anda.

Advertisements