12 Ciri Ciri STR TV Rusak Yang Wajib Diketahui

Ciri Ciri STR TV Rusak – STR TV adalah IC Quasy Resonant Flyback (QRF) Swiching Regulator, terdiri dari kontrol IC dan power MOSFET yang dikemas jadi satu kesatuan. IC ini didesain sehingga hanya membutuhkan sedikit komponen luar.

Pada dasarnya STR terdiri dari sebuah transistor penguat dan rangkaian osilator power Suply yang digunakan untuk mengatur tegangan output pada transcooper. Nah, STR TV ini juga bisa rusak dan sangat umum terjadi pada televisi.

Ketika STR TV rusak, maka biasanya akan menimbulkan tanda-tanda tertentu sebagai indikasi kerusakan. Dimana melalui ciri ciri tersebut, pemilik TV dapat mengenali dengan jelas apakah STR TV mengalami kerusakan ataupun tidak.

Lantas, apa saja ciri ciri apabila STR TV rusak? Kerusakan STR bisa ditandai dengan berbagai hal. Nah, bagi yang belum mengetahui ciri-cirinya, maka inilah saat paling tepat untuk mengetahui ciri ciri IC Regulator pada televisi rusak.

Ciri Ciri STR TV Rusak

Ciri Ciri STR TV Rusak

Kerusakan pada IC STR TV bisa menyebabkan TV MATI HIDUP SENDIRI. Mengenali IC STR mengalami kerusakan memang sangat mudah dengan memeriksa semua indikasi kerusakan di setiap komponen dengan teliti.

Maka dari itu, ciri ciri STR TV rusak sangat wajib untuk diketahui. Adapun ciri-ciri yang umum sering dialami apabila IC STR TV sudah rusak yaitu sebagai berikut.

  1. Tegangan tidak keluar pada output sekunder travo switching.
  2. Terkadang tegangan ada dan tidak, timbul tenggelam.
  3. Tegangan berdenyit tidak stabil.
  4. TV kadang hidup kadang mati.
  5. Tegangan output dari trafo switching kurang atau berlebih.

Gejala Kerusakan STR TV

Gejala Kerusakan STR TV

Bukan hanya memiliki ciri ciri tertentu, STR TV rusak juga bisa menimbulkan gejala yang umumnya terjadi kerusakan pada power supply. Gejala umum kerusakan power supply yang paling sering terjadi pada televisi yaitu sebagai berikut ini.

  1. Power tidak normal, kadang TV bisa hidup, kadang tidak bisa hidup
  2. Power tidak mampu menghidupkan TV meskipun terdapat tegangan pada pin 1 IC (DC main-power) sekitar 300V
  3. Power mati total.

Power supply yang tidak normal terkadang televisi bisa hidup dan kadang tidak bisa hidup. Apabila hal ini tidak segera di atasi, maka lama kelamaan akan berujung pada keadaan dimana TV MATI TOTAL alias tidak bisa hidup sama sekali.

Troubleshooting STR TV

Troubleshooting STR TV

Setelah mengetahui ciri ciri dan gejala STR TV rusak, terdapat beberapa kondisi troubleshooting yang bisa terjadi. Adapun troubleshooting yang bisa dialami di antaranya.

1. Tidak Bisa Start.

Kondisi ini bisa disebabkan karena :

  • Tidak ada tegangan supply start-up Vcc atau tegangan kurang dari 16v.
  • Elko filter tegangan supply Vcc kering.

2. Led Indikator Kedip-Kedip

Apabila diperiksa, tegangan supply Vcc goyang-goyang. Hal iitu disebabkan regulator hidup mati karena kerja OVLO. Regulator mati-protek dan hidup auto start secara berulang. Jika dimatikan elko besar biasanya masih menyimpan sisa muatan.

Kondisi tersebut disebabkan karena :

Elko filter tegangan supply Vcc pada pin-4 kering. Ganti dengan nilai yang sama atau sedikit lebih besarmen-triger UVLO
Kapasitor filter pada input umpan pin-1 balik kering nilai menurunmen-triger OLP
Diode penyearah dari tranfo switching rusak (kadang kalau diperiksa dengan avo-meter nampak seperti masih bagus)Menyebabkan tegangan supply Vcc dari tranfo switching drops (UVLO)
Kerusakan part atau jalur putus pada sirkit umpan balik dari tegangan B+ ke regulator lewat photocouplermen-triger OVP
Elko filter tegangan B+ keringmen-triger OVP
Salah satu tegangan keluaran dari bagian sekunder tranfo switching ada yang shortmen-triger OLP
Kapasitor soft start nilai menurunmentriger OLP

3. Muncul Gangguan Suara (noise)

Penyebabnya karena :

  • Gulungan tranfo kendor.
  • Jika terdapat kapasitor keramik, terkadang bisa menimbulkan gangguan noise karena mempunyai karakteristik piezoelectrik seperti kristal resonator. Ganti dengan kapasitor film.

4. Ketika St-By Tegangan Normal.

Tetapi ketika power on, regulator langsung mati protek tidak ada tegangan pada bagian sekunder. Elko besar masih menyimpan muatan.

Dapat disebabkan karena :

  • Sensor OVP resistor nilai kecil¬†pada pin-2¬† ke ground nilai molor sehingga men-triger OLP atau OCP.
  • IC regulator rusak.

Nah, itulah informasi lengkap dari hargaalat.id terkait ciri ciri STR TV rusak lengkap beserta gejala dan Troubleshooting STR TV. Demikianlah informasi lengkap dari kami, semoga penjelasan pada artikel di atas membantu Anda semua.