Cara Memperbaiki TV Mati Total & faktor Penyebab Terbaru 2020

Cara Memperbaiki TV Mati Total – TV tidak mau sama sekali menyala atau biasa dikatakan mati total mungkin pernah  dirasakan oleh sebagian dari anda. Hal tersebut pastinya akan timbul rasa kesal dan marah, namun jangan langsung di buang atau di biarkan begitu saja, lebih baik di perbaiki barang kali bisa digunakan lagi.

Nah pada kesempatan kali ini hargaalat.id akan menyampaikan informasi mengenai cara memperbaiki sebuah TV yang mati total. Banyak orang beranggapan sebuah TV dimana mengalami kerusakan dan tidak mau menyala sama sekali harus di ganti dengan yang baru.

Rupanya TV mati total sendiri bisa dilakukan perbaikan, nah cara memperbaiki tersebut dilihat dari faktor penyebab yang membuat TV mati total. Jika cara-cara tersebut mungkin sudah tidak bisa dilakukan perbaikan, baru mengganti dengan TV baru merupakan sebuah pilihan tepat.

Selain itu memperbaiki sebuah TV tersebut juga harus mengetahui beberapa faktor seperti kenali gejala atau hal-hal sebelum TV tersebut mati. Sehingga dalam memperbaikinya akan lebih cepat dan terfokus terhadap faktor dan gejala yang timbul tersebut, sehingga lebih memangkas waktu.

Cara Memperbaiki TV Mati Total Mudah & Terbaru

Cara Memperbaiki TV Mati Total Mudah Terbaru

Berikut cara memperbaiki TV mati, mungkin bisa menjadi solusi jika TV di rumah anda mengalami masalah serupa. Jadi terus simak ulasan berikut ini sampai akhir agar anda paham dan jelas mengenai cara memperbaiki sebuah TV mati total.

Cara Memperbaiki TV Mati Total

Cara Memperbaiki TV Mati Total

Seperti sudah disampaikan di awal jika ingin memperbaiki sebuah TV yang mati atau tidak mau menyala sekali yaitu kenali gejala dan faktor penyebabnya. Banyak penyebabnya, namun dari banyaknya faktor penyebab tersebut TV mati total dan tidak bisa menyala biasanya akibat beberapa faktor seperti.

Faktor Penyebab TV Mati Total

  • Regulator atau power supply mengalami konslet.
  • Horisontal mengalami konslet.
  • Osilator mengalami kerusakan.
  • Program tidak betul.

Setelah mengetahui mengenai masalah yang timbul tersebut, maka lakukan pengecekan untuk memastikan bahwa dari salah satu masalah tersebut benar merupakan faktor penyebab TV mati total. Jadi buka terlebih dahulu cover dari belakang TV tersebut, agar mudah dalam menanganinya.

Cek, jkika antara kabel dan sekring tidak ada masalah atau kendala penyebab TV mati total, maka berlanjut dengan cek dioda atau kiproknya. Selain itu jangan sampai lupa untuk cek juga kapasitor/kondensator power supply dengan menggunakan AVO meter.

Ketika di cek tidak menunjukan sebuah pergerakan di jarum AVO atau tidak mengeluarkan angka pada layar jika menggunakan AVO digital, itu menunjukan jika transistor mengalami sebuah kerusakan yang menyebabkan mati total. Maka segera ganti dengan yang baru, biasanya transistor tersedia di toko-toko elektronik.

Setelah beli dan ada di toko elektronik maka langsung saja berlanjut dengan pemasangan, pasangkan dengan posisi serupa seperti aslinya (jika bisa). Kemudian jika sudah terpasang lanjut dengan cek kembali menggunakan AVO meter, jika jarum menunjukan pergerakan berarti bisa dikatakan pemasangan berhasil.

Langkah selanjutnya yaitu anda hanya perlu mengecek dengan cara menyalakan TV tersebut jika dirasa permasalahan tersebut sudah diatasi semua. Jika nyala seperti sedia kala, itu menandakan memperbaiki TV mati total tersebut sudah berhasil.

Mungkin itu saja yang bisa disampaikan untuk anda semua mengenai langkah memperbaiki sebuah TV mati total, namun sebelum memperbaiki alangkah baiknya ketahui faktor penyebabnya terlebih dahulu agar lebih memudahkan. Selain itu hargaalat.id juga merekomendasikan sebuah harga TV LED murah di bawah 1 juta dan harga TV LCD, apabila TV tersebut sudah tidak bisa diperbaiki lagi dan mengharuskan ganti TV baru.