5 Cara Service TV LED Mati Total 100% Jadi 2021

Cara Service TV LED – Kerusakan TV LED mungkin akan sering ditemui pada TV yang sudah memiliki umur cukup tua. Terkadang masalah itu sendiri datang saat TV LED sedang menyala dan tiba-tiba TV mati atau gambar BLUR dengan sendirinya.

Mungkin hal tersebut akan sedikit mengganggu dan mengakibatkan rasa kesal muncul. Banyak para pengguna TV itu sendiri berfikiran jika TV yang mengalami masalah mati total menandakan adanya kerusakan cukup serius pada TV.

Namun bagi para teknisi TV masalah seperti ini justru akan lebih mudah untuk ditangani, karena si teknisi akan mudah dalam menemukan penyebab atau masalahnya. Karena umumnya penyebab masalah akan muncul di komponen itu -itu saja.

Nah jika Anda mengalami permasalahan seperti ini pada TV LED-nya, jangan terburu untuk panggil tukang teknisi TV, cobalah untuk service sendiri. Agar lebih jelas mengenai cara servicenya berikut akan hargaalat.id sampaikan secara lengkap di bawah ini.

Penyebab TV LED Mati Total

Penyebab TV LED Mati Total

Sebelum lanjut mengenai cara service TV-nya, terlebih dahulu Anda harus mengetahui mengapa TV LED menjadi mati total. Secara umum penyebab masalah utama TV LED mati total sendiri kebanyakan akibat adanya kerusakan pada bagian blok power supply.

Namun untuk lebih memastikannya Anda perlu lakukan pengecekan secara langsung di semua komponen, karena di setiap merk TV LED terkadang ada saja penyebab lainnya. Jadi temukan terlebih dahulu penyebab TV LED Anda mati sebelum melakukan service.

Cara Service TV LED

Cara Service TV LED

Nah jika sudah mengetahui penyebabnya, lanjut dengan cara service atau memperbaikinya. Bisa dikatakan cara service ini cukup mudah dan sederhana, berikut langkah-langkahnya.

1. Ukur Tegangan

Pertama coba untuk lakukan pengukuran pada tegangan power supply yang dibutuhkan main board SMPS. Jika tidak ada tegangan atau tegangan melemah maka Anda perlu service/memperbaiki power supply  agar kembali normal.

2. Micro Control Harus 5V

Jika sudah, Anda coba untuk pastikan standby micro controler memiliki tegangan 5V atau tidak. Namun ada juga beberapa merk dan tipe TV yang hanya membutuhkan 3,5 V, dengan begitu tinggal sesuaikan saja dengan ketentuannya.

3. Main Board Keadaan ON

Saat cek micro control sudah benar dan ternyata memiliki tegangan sebesar 5V. Anda juga perlu memastikan jika main board TV LED dalam keadaan ON saat tombol power dinyalakan.

4. Periksa SMPS Utama

Saat lampu ON pada main board tidak mau menyala, maka Anda harus periksa SMPS utama karena power supply tidak mampu untuk bekerja dengan baik. Yang di maksud yaitu tidak mampu menyuplai tegangan 12/24V sesuai dengan ketentuannya.

5. Periksa Tegangan SMPS

Jika sudah begitu Anda hanya perlu periksa tegangan SMPS itu sendiri. Agar dalam pemeriksaan semakin mudah, Anda dapat terlebih dahulu untuk mencabut kapasitor/elconya. Kemudian lanjut dengan cek menggunakan AVO meter/ESR meter apakah short/korslet atau tidak.

Mungkin seperti itulah cara mudah untuk service TV LED mati total yang dapat hargaalat.id sampaikan. Karena pada dasarnya permasalahan utama dari TV LED mati total yaitu berada power suplaynya.