√ 6 Cara Memperbaiki Kipas Angin Konslet Mudah dan 100 % Berhasil

Cara Memperbaiki Kipas Angin Konslet – Penggunaan kipas angin tidak semuanya bisa berjalan lancar setiap harinya. Akan ada suatu momen yang akan terjadi dan mengakibatkan masalah pada unit kipas angin yang Anda gunakan.

Entah itu KIPAS ANGIN TIDAK BERPUTAR, kipas angin konslet, berdengung atau bahkan KIPAS ANGIN MATI TOTAL. Semua bisa terjadi kepada semua pengguna kipas angin, tinggal saja menunggu waktu kapan akan terjadinya kendala atau gangguan tersebut.

Kerusakan atau gangguan tersebut akan lebih mudah menyerang kipas angin di mana sudah digunakan dengan waktu cukup lama. Bukan tidak mungkin juga, kipas angin baru dibeli dan pemakaian baru sebentar juga bisa terkena masalah, semua bisa mengalaminya.

Memang banyak masalah kerusakan bisa terjadi pada kipas angin, namun ada beberapa dirasa cukup sering seperti misalnya kipas angin konslet. Jika menemukan masalah seperti ini, tentu banyak orang bertanya mengenai penyebab dan cara memperbaiki kipas anginnya.

Cara Memperbaiki Kipas Angin Konslet

Jika demikian, berikut hargaalat.id akan sampaikan informasi mengenai cara memperbaiki kipas angin konslet sehingga kipas angin tidak dapat digunakan. Untuk lebih jelas mengenai cara memperbaiki kipasnya, berikut akan disampaikan secara lengkap di bawah ini.

Penyebab Kipas Angin Konslet

Penyebab Kipas Angin Konslet

Nah sebelum berlanjut ke pembahasan mengenai cara memperbaiki kipas konslet, terlebih dahulu Anda harus tahu mengenai faktor penyebab di mana menjadikan kipas angin dirumah Anda konslet dan mengakibatkan tidak hidup. Ada beberapa faktor penyebab umum di mana menyebabkan kipas angin konslet, seperti misalnya:

1. Adanya kabel yang terbakar.

Penyebab ini biasanya dikarenakan oleh penggunaan kipas angin terlalu lama. Dengan begitu, kabel kipas angin akan terbakar dan menyebabkan konslet setelah kedua tembaga kabel menempel.

2. Saklar meleleh.

Sama seperti halnya penyebab pertama, melelehnya saklar atau jek kipas angin juga dikarenakan oleh penggunaan kipas angin yang bekerja terlalu lama.

3. Gulungan/lilitan dinamo rusak.

Konslet juga bisa diakibatkan oleh gulungan atau lilitan dinamo yang bermasalah atau rusak. Seperti misalnya ada air masuk ke dalam lilitan dinamo atau lilitan dinamo ada yang putus.

Cara Memperbaiki Kipas Angin Konslet

Jika sudah tahu mengenai penyebab mengapa kipas angin konslet, maka Anda hanya perlu tahu mengenai cara atau langkah memperbaikinya. Dalam memperbaiki kipas angin bermasalah ini sendiri, sesuaikan dengan faktor penyebab atau masalah yang terjadi. Berikut adalah cara memperbaikinya:

1. Memperbaiki Kabel Terbakar

1. Memperbaiki Kabel Terbakar

Jika kipas angin konslet dikarenakan kabel terbakar, maka Anda perlu membongkar dan mencari kabel bermasalah tersebut. Biasanya, kabel terbakar sendiri tidak ada solusi untuk memperbaikinya, di mana pemilik kipas angin hanya perlu mengganti dengan kabel baru.

2. Memperbaiki Saklar Meleleh

2. Memperbaiki Saklar Meleleh

Selain kabel terbakar, saklar atau switch pun juga bisa terbakar atau meleleh. Biasanya saklar meleleh ini diakibatkan oleh penggunaan kipas angin dengan waktu cukup lama. Nah, dalam perbaikan saklar ini, sama halnya dengan memperbaiki kabel. Solusi ampuhnya yaitu Anda hanya perlu ganti saklar kipas baru.

3. Memperbaiki Gulungan/Lilitan Dinamo

3. Memperbaiki Gulungan Lilitan Dinamo

Memperbaiki kipas angin konslet selanjutnya yaitu memperbaiki gulungan atau lilitan dinamo yang bermasalah. Jika konslet akibat gulungan basah terkena air, maka memperbaiki yang tepat dengan membongkar dan mengeringkan gulungan tersebut.

Namun jika konslet akibat gulungan maupun lilitan putus, solusinya Anda hanya perlu menyambungkannya gulungan tersebut kembali. Untuk penyambungan ini sendiri kebanyakan orang ada yang belum bisa, dengan begitu membawa ke tukang service atau tukang dinamo menjadi solusi paling tepat.

Mungkin itu saja penyebab dan cara memperbaiki kipas angin konslet yang bisa hargaalat.id sampaikan untuk Anda semua. Semoga dengan adanya cara memperbaiki kipas angin di atas bisa bermanfaat, terutama bagi para pengguna kipas angin yang mengalami masalah serupa.

Tinggalkan komentar