6 Cara Membersihkan Kipas Angin Tanpa Perlu Dibongkar

Cara Membersihkan Kipas Angin Tanpa Perlu Dibongkar – Kipas angin bisa saja menjadi kotor, bila digunakan dalam jangka waktu yang lama. Debu dan kotoran akan tersedot dan menempel pada bagian baling-baling atau tutup kepala kipas angin.

Dengan banyaknya debu dan kotoran yang menempel di bagian dalam, seperti baling-baling dan tutup, maka untuk membersihkannya biasanya perlu dibongkar. Hal ini tentu saja akan sangat merepotkan serta menyita waktu terutama bagi Anda orang yang sibuk.

Namun, Anda tidak perlu khawatir karena kipas angin masih bisa dibersihkan tanpa perlu dibongkar. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan buat membersihkan kipas angin tanpa perlu melakukan pembongkaran pada tutup dan baling-baling kipas angin.

Dengan banyaknya cara yang tersedia, tentu saja bagi Anda yang sibuk dengan aktivitas pekerjaan, tepat bisa membersihkan kipas angin yang berdebu dengan cepat. Adapun cara membersihkan kipas angin tanpa dibongkar yaitu sebagai berikut.

Cara Membersihkan Kipas Angin Tanpa Perlu Dibongkar

Cara Membersihkan Kipas Angin Tanpa Perlu Dibongkar

Kipas angin merupakan alternatif untuk Anda yang belum bisa membeli AC, mengingat HARGA KIPAS ANGIN jauh lebih murah dibandingkan AC. Meskipun demikian, namun karena pemakaian yang sudah lama, membuat kipas angin berdebu dan kotor.

Kondisi kipas angin berdebu tentu saja sangat menyebalkan dan tidak enak tuk dipandang. Nah, cara simpel serta termudah untuk membersihkan debu tersebut ialah tanpa perlu membongkarnya. Adapun cara membersihkan kipas angin tanpa perlu dibongkar yaitu sebagai berikut.

1. Bersihkan Menggunakan Blower

1. Bersihkan Menggunakan Blower

Bagi Anda yang memiliki blower, maka bisa memanfaatkannya untuk membersihkan kipas angin. Caranya sangat gampang, cukup bawa kipas angin berdebu ke luar ruangan, lalu tutup menggunakan plastik.

Selanjutnya, tinggal gunakan blower untuk merontokkan debu pada baling-baling ataupun bagian terluar kipas angin. Tapi, cara ini memiliki kekurangan yaitu tidak akan berfungsi jika tebu sudah terlalu tebal.

2. Pakai Pasir atau Garam

2. Pakai Pasir atau Garam

Alternatif lainnya buat Anda jika ingin membersihkan kipas angin tanpa perlu dibongkar yaitu menggunakan pasir bersih atau garam. Cara ini paling cocok digunakan untuk membersihkan debu dan kotoran pada baling-baling kipas angin berbentuk kotak, kipas jendela maupun kipas alas.

Cara melakukannya juga sangat mudah, pertama-tama siapkan selembar kerja. Lalu, letakkan kipas di atasnya atau mengarahkan baling-baling ke bawah atau ke atas.

Kemudian, tinggal tuangkan pasir kering bersih maupun garam melalui panggangan. Pasir atau garam kemudian akan melewati bilah kipas membersihkan kotoran, sehingga debu akan jatuh ke kertas.

3. Gunakanlah Kompresor Udara

3. Gunakanlah Kompresor Udara

Cara  membersihkan kipas angin tanpa perlu dibongkar menggunakan kompresor udara menjadi cara paling efektif. Namun untuk melakukan cara ini, sebaiknya bersihkan kipas angin di ruang terbuka seperti garasi, teras maupun halaman rumah.

Bawa kompesor dan colokan kabel daya untuk menghidupkan kompresor. Kemudian tinggal semprotkan udara bertekanan tinggi buat membersihkan kipas angin.

Membersihkan kipas angin dengan cara ini bisa membersihkan hingga 95%. Sedangkan untuk membersihkan sisa debu bisa dibersihkan menggunakan tongkat yang dibungkus kain mikrofiber lembab atau kuas buat membersihkan bagian dalam baling-baling.

4. Gunakan Penyedot Debu

4. Gunakan Penyedot Debu

Cara berikutnya ialah menggunakan penyedot debu buat membersihkan alas atau bagian dalam kipas angin. Dengan alat penyedot debu, maka Anda bisa membersihkan kipas angin tanpa perlu dibongkar.

Caranya cukup bawa kipas angin ke tempat terbuka. Setelah itu, gunakanlah penyedot debu mulai dari bagian dalam kipas seperti baling-baling.

5. Pakai Pengering Rambut

5. Cara Membersihkan Kipas Angin Pakai Pengering Rambut

Pengering rambut juga bisa Anda manfaatkan untuk membersihkan kipas angin tanpa dibongkar. Hal ini disebabkan karena pengering rambut memiliki udara bertekanan sehingga mampu merontokkan debu pada baling-baling.

Gunakan suhu paling dingin dari pengering rambut, lalu jaga jarak sekitar 15-25 cm antara pengering rambut dan baling-baling. Anda juga bisa melakukan hal serupa buat bersihkan bagian belakang baling-baling tanpa dibongkar.

6.  Menggunakan Pembersih Khusus

6. Menggunakan Pembersih Khusus

Cara terakhir  yaitu menggunakan pembersih khusus, tanpa perlu dibongkar. Cara ini sedikit rumit, namun cukup efektif membersihkan kipas tanpa dibongkar.

Langkah pertama, bawa kipas ke luar rumah, lalu letakkan kipas di tanah atau lantai. Anda bisa memakai plastik atai piring untuk menutupinya.

Setelah itu, gunakan pembersih yang mengandung natrium hipoklorit atau pemutih rumah tangga. Semprotkan cairan pemutih pada kipas, lalu rendam selama beberapa menit di bawah sinar matahari.

Setelah beberapa menit, gunakanlah selang jet buat mencuci sampai bersih. Lalu, tinggal letakkan kipas angin dibawah sinar matahari sampai benar-benar kering.

Itulah beberapa cara membersihkan kipas angin tanpa perlu dibongkar paling efektif yang dapat Hargaalat.id bagikan buat Anda semuanya. Dengan banyaknya cara di atas, tentu saja kipas angin kotor bukan jadi masalah lagi, karena Anda masih bisa membersihkannya tanpa perlu dibongkar.

Kondisi kipas angin bebas debu membuat penggunaan lebih nyaman, terlebih lagi debu juga jadi salah satu PENYEBAB KIPAS ANGIN TIDAK BERPUTAR, dengan kondisi bersih dan bebas dari debu tentu saja kipas angin akan lebih awet. Demikianlah informasinya, semoga saja bermanfaat.

Tinggalkan komentar