√ Kipas Angin Tanpa Kapasitor 2021 : Skema & Cara Memperbaiki

Kipas Angin Tanpa Kapasitor – Rusaknya sebuah kipas angin mungkin akan kerap terjadi saat kipas angin sudah digunakan dalam kurun waktu yang lama. Baik itu tidak berputar, berdengung atau bahkan mati.

Semua pengguna kipas angin nantinya akan mengalami dan PENYEBAB KIPAS ANGIN MATI atau rusak sendiri ada beberapa faktornya. Dengan begitu, perlu diketahui terlebih dahulu sebelum mulai memperbaiki.

Nah, terkadang banyak para tukang service kipas angin yang menemukan hal baru seperti misalnya memperbaiki kipas angin menggunakan tanpa kapasitor. Apakah itu bisa? Fungsinya kan sangat penting?

Yah, memang benar FUNGSI KAPASITOR KIPAS ANGIN memanglah sangat vital. Namun buktinya banyak para tukang service kipas angin yang melakukan cara ini saat ada masalah dari kipas angin konsumennya.

Kipas Angin Tanpa Kapasitor Skema & Cara Memperbaiki

Dengan begitu, pada pembahasan ini sendiri hargaalat.id akan sedikit ulas informasi mengenai kipas angin tanpa kapasitor. Jadi, jika Anda penasaran dan bertanya akan hal ini, bisa untuk simak pembahasan sampai akhir.

Kipas Angin Tanpa Kapasitor

Kipas Angin Tanpa Kapasitor

Kipas tanpa adanya kapasitor sendiri bisa dikatakan sudah bukan hal baru, apalagi bagi para orang yang senang dan sering membetulkan alat-alat elektronik (terutama kipas). Tentunya hal seperti ini sudah tidak asing lagi.

Skema/Rangkaian Kipas Tanpa Kapasitor

Sebelum berlanjut ke pembahasan mengenai cara memperbaiki atau membetulkan kipas tanpa kapasitor. Alangkah baiknya Anda perlu mengetahui skema atau rangkaian sebuah kipas angin tanpa kapasitor.

Karena seperti diketahui sendiri, antara kipas dengan kapasitor dan kipas tidak dengan kapasitor akan memiliki skema rangkaian berbeda. Nah, untuk rangkaian sederhana kipas tanpa kapasitor itu sendiri seperti gambar berikut:

Skema Rangkaian Kipas Tanpa Kapasitor

Cara memperbaiki Kipas Tanpa Kapasitor

Cara memperbaiki Kipas Angin Tanpa Kapasitor

Berbicara mengenai perbaikan kipas tanpa kapasitor sendiri bisa dikatakan cukup mudah. Karena banyak orang yang telah memperbaiki kipas angin dengan cara ini cukup banyak yang berhasil.

Namun perlu diketahui cara kerja dinamo tanpa listrik kapasitor yang hanya terdiri dari satu gulungan saja tanpa saklar starter. Dengan begitu tentunya harga yang dijatuhi akan jauh lebih ekonomis.

Hanya saja kekurangan terdapat pada putaran torsi awal yang lebih kecil sehingga sangat cocok digunakan pada dinamo ukuran kecil. Seperti misalnya digunakan pada kipas angin kecil.

Lalu untuk memperbaikinya sendiri Anda hanya perlu periksa gulungan utama pada dinamo. Bahkan jika perlu pastikan juga bushing/bearing yang terkait dengan rotor masih berputar lancar maupun sempurna.

Selain itu, jika ada pemasangan kabel maka sambungkan secara benar dengan menggunakan solder agar rangkaian (arus) mengalir optimal. Sebenarnya cara memperbaiki hanya seperti itu saja.

Cara Kerja Dinamo Tanpa Kapasitor

Cara Kerja Dinamo Tanpa Kapasitor

Selain mengetahui skema dan cara memperbaiki, Anda juga perlu tahu akan cara kerja dari sebuah motor listrik (dinamo) tanpa adanya kapasitor. Berikut cara kerja dari kapsitor secara sederhana itu sendiri.

Untuk bisa membantu putaran awal maka terdapat lilitan pelengkap yang dinamakan shaded pole. Nah, pada shaded pole ini nantinya fluks magnet akan meningkat pada saat diberi arus tetapi ditunda oleh arus induksi pada perisai tembaga.

Dengan berjalannya arus yang mengalir ke kumparan utama, unshaded pole akan menimbulkan medan magnet yang memutar rotor. Nah itu lah cara kerja dinamo kipas tanpa ada kapasitor.

Mungkin seperti itulah informasi yang dapat hargaalat.id sampaikan mengenai kipas angin tanpa kapasitor baik dari skema rangkaian dan cara memperbaikinya. Semoga adanya pembahasan kipas angin tidak ada kapasitor di atas bisa bermanfaat.