6 Penyebab Kompresor AC Mati & Cara Mengatasi 100 % Berhasil

Penyebab Kompresor AC Mati – Berbagai macam kerusakan AC mungkin sudah sering ditemui oleh para penggunanya. Baik itu seperti PIPA AC BERSALJU, kompresor rusak, bahkan sampai AC tidak mau nyala alias mati.

Permasalahan seperti itulah yang terkadang membuat para pengguna tidak bisa menikmati suhu udara segar dalam ruangan yang dihasilkan AC. Hal itu juga lah yang membuat Anda harus memperbaiki agar AC tetap bisa digunakan kembali.

Namun sebelum mulai melakukan perbaikan-perbaikan masalah kerusakan AC tersebut, alangkah baiknya Anda harus penyebab-penyebab kerusakan. Nah pada kesempatan kali ini sendiri hargaalat.id akan sampaikan penyebab kompresor AC mati.

Memiliki peran penting yaitu untuk pemompa freon dan disalurkan ke seluruh sistem. Tentu dengan matinya kompresor AC ini akan membuat sistem kerja dari AC akan bermasalah. Dengan begitu kenali penyebab mengapa kompresor mati sebelum mulai memperbaiki.

Penyebab Kompresor AC Mati

Nah untuk lebih jelas mengenai penyebab kompresor mati, berikut akan disampaikan secara jelas di bawah ini. Jadi terus ikuti pembahasan ini sampai akhir, agar tahu penyebab-penyebab mengapa kompresor miliki Anda mati.

Penyebab Kompresor AC Mati

Berbicara penyebab kompresor hidup sebentar lalu mati atau bahkan sampai mati total, tidak hanya satu atau dua masalah saja. Melainkan ada cukup banyak dan berbeda masalahnya. Berikut lebih jelasnya:

1. Freon Habis

Freon Habis

Penyebab pertama mengapa kompresor mati, bisa dikarenakan freon pada AC sudah mulai berkurang atau bahkan habis. Tidak hanya membuat AC TIDAK DINGIN saja, ternyata kehabisan freon juga bisa menyebabkan kompresor bisa sampai mati.

2. Kapasitor Melemah

Kapasitor Melemah

Menjadi salah satu komponen pembantu kerja kompresor, kapasitor juga memiliki peran penting pada AC yang Anda gunakan. Jadi bisa juga penyebab kompresor mati akibat kapasitor sudah mulai melemah akibat usia pemakaian.

3. Kondisi AC Terlalu Kotor

Kondisi AC Terlalu Kotor

Apa saja yang kotor tentu akan memiliki efek tidak baik, ini berlaku pada AC. Jika keadaan AC Anda kotor bisa saja menjadi penyebab mengapa kompresor rusak atau bahkan mati. Dengan begitu rajinlah untuk bersihkan/service AC-nya.

4. Thermisator AC Rusak

Thermisator AC Rusak

Thermisator menjadi komponen elektronika yang memiliki fungsi sebagai sensor pengukur suhu. Jadi, jika komponen ini bermasalah maka bisa menjadi salah satu penyebab kompresor AC mati, namun tidak banyak orang mengetahui hal ini.

5. Voltase/Tegangan Tidak Stabil

Voltase Tegangan Tidak Stabil

Penyebab berikutnya tentu bisa menjadi penyebab yang mungkin sering terjadi bagi para pemilik AC, yaitu disebabkan dengan adanya tegangan voltase tidak stabil.  Itu bisa dikarenakan kabel bermasalah atau voltase listrik Anda bermasalah.

6. Faktor Usia

Faktor Usia

Penyebab terakhir mengapa kompresor mati, bisa juga dikarenakan oleh faktor usia dari AC yang Anda gunakan sudah cukup berumur. Sehingga setiap komponen-komponen di dalamnya mulai rusak atau kerjanya kurang optimal maupun sempurna. Ini sudah menjadi hal wajar.

Cara Mengatasi Kompresor AC Mati

Cara Mengatasi Kompresor AC Mati

Lalu bagaimana dengan cara mengatasi kompresor AC mati terebut? Setelah tahu akan penyebab-penyebab di atas tadi, mungkin cara mengatasinya akan semakin mudah. Karena akan langsung tertuju pada komponen yang bermasalah saja.

Seperti misalnya jika kompresor mati dikarenakan freon yang habis, maka Anda hanya perlu mengisi ulang kembali freonnya. Sedangkan jika mati akibat komponen thermisator, kapasitor, arus voltase (kabel) maka Anda hanya perlu menggantinya dengan komponen baru.

Sebenarnya cara membetulkan kompresor AC mati sendiri sangat mudah dan bisa dilakukan sendiri. Namun jika kurang yakin dan kurang paham, Anda bisa panggil bantuan pada tukang service AC berpengalaman.

Mungkin seperti itulah penyebab mengapa kompresor AC hidup sebentar lalu mati maupun mati tidak mau bekerja sama sekali beserta cara mengatasinya. Semoga dengan informasi penyebab kompresor mati yang hargaalat.id di atas dapat berguna dan bermanfaat.

Tinggalkan komentar