15 Penyebab Kipas Angin Tidak Berputar & Cara Memperbaiki 100% Work

Penyebab Kipas Angin Tidak Berputar – Kipas angin mungkin bisa menjadi pilihan jika dirasa membeli AC masih terbilang memakan budget. Sama-sama sebagai pendingin ruangan, kipas angin tentunya banyak yang sudah menggunakan.

Dari banyaknya pengguna kipas angin, tentu banyak permasalahan yang kerap ditemui. Seperti misalnya kipas angin berdengung, berjalan lambat, tidak berputar, cepat panas atau bahkan KIPAS ANGIN MATI yang membuat kipas tidak berputar.

Dari banyaknya masalah yang kerap terjadi pada unit kipas angin, tentunya Anda bertanya mengenai apa faktor penyebab itu sendiri kenapa. Nah, kali ini hargaalat.id akan sampaikan mengenai penyebab mengapa kipas angin tidak berputar.

Masalah umum pada kipas angin satu ini ternyata banyak yang belum mengetahuinya, mungkin itu salah satunya Anda. lalu apa sebenarnya faktor penyebab kipas tidak berputar? Apakah ada masalah serius pada unit kipas angin?

Penyebab Kipas Angin Tidak Berputar Cara Memperbaiki 100 Work

Untuk lebih jelas mengenai penyebab-penyebab tersebut, berikut akan disampaikan secara lengkap di bawah ini beserta cara memperbaikinya. Jadi, terus untuk simak dan pahami faktor penyebab-penyebab berikut ini.

Penyebab Kipas Angin Tidak Berputar

Faktor penyebab kipas tidak berputar sendiri ada beberapa, baik itu dari komponen rusak atau kendala teknis. Nah berikut beberapa penyebab-penyebab tersebut seperti:

  • 1. As Motor Aus

1. As Motor Aus

Penyebab pertama mengapa kipas angin tidak berputar kemungkinan besar karena as motor kipas angin dengan stator (plate spul) sudah tidak berada tengah-tengah.

Hal ini umumnya dikarenakan dari rumah motor depan dan belakang sudah penyok atau mengalami perubahan bentuk. Dengan begitu, as motor nantinya akan menempel pada stator.

Solusi terbaiknya, yaitu Anda perlu untuk ganti satu set casing rumah motor yang sudah ada bearing sekaligus. Karena ini biasanya akan paketan dengan bearing.

  • 2. Bearing Aus

2. Bearing Aus

Penyebab selanjutnya yaitu kondisi bearing atau bushing kipas angin sudah mulai aus. Dengan begitu, kipas angin Anda tidak bisa berputar atau bekerja.

Solusi memperbaiki sendiri yaitu Anda hanya perlu ganti dengan bearing baru. Ini biasanya akan satu paket dengan as motor di atas, kemungkinan bearing harus diganti yaitu bagian depan dan belakang.

  • 3. Kapasitor Melemah

3. Kapasitor Melemah

Penyebab berikutnya mengapa kipas tidak berputar bisa dikarenakan oleh komponen bernama kapasitor mulai melemah. Tidak hanya mengurangi putaran kecepatan baling-baling kipas.

Namun kapasitor melemah juga bisa menjadi penyebab kipas angin benar-benar tidak bisa berputar secara normal seperti biasanya. Kapasitor melemah akan dilihat dari fisik kapasitornya.

Cara memperbaiki Kipas Angin Tidak Berputar

Cara memperbaiki Kipas Angin Tidak Berputar

Jika sudah tahu akan penyebab-penyebab mengapa kipas tidak mau berputar. Maka Anda hanya perlu tahu cara memperbaikinya, cara memperbaiki kipas tidak berputar cukup mudah. Berikut langkahnya:

  • 1. Bongkar Kipas Angin

Pertama silakan siapkan alat yang diperlukan seperti obeng dan lainnya. Kemudian mulai untuk membongkar kerangka kipas angin dengan melepaskan baut yang mengunci kerangka dinamo kipas.

  • 2. Buka Penutup Dinamo

Setelah berhasil melepas baut, lanjut dengan buka penutup motor dinamo kemudian buka bautnya dan keluarkan stator dan as motor, lakukan secara perlahan agar gulungan tidak putus.

  • 3. Cari Bearing/Bushing Kipas Angin

Kemudian cek motor dinamo, apakah benar terjadi aus pada bearing/bushingnya. Untuk ceknya Anda hanya perlu melihat menggunakan mata atau memasukkan as motor ke bearing/bushing lalu goyang-goyang ke kanan ke kiri.

Biasanya saat ada kelonggaran itu menandakan bearing/bushing sudah aus. Dengan begitu, Anda hanya perlu lepaskan bearing/bushing dan ganti dengan bearing/bushing baru. Lalu pasangkan kembali ke motor dinamo.

  • 4. Bersihkan Kotoran

Setelah bearing baru berhasil terpasang, coba untuk memastikan kondisi kipas angin Anda benar-benar bersih. Jika ada kotoron sudah menumpuk, maka bersihkan kipas angin dengan kain lap kering.

Ini bertujuan agar kotoran tersebut tidak masuk dan menyangkut pada mesin maupun baling-baling kipas yang bisa menyebabkan kipas tidak mau berputar nantinya.

  • 5. Pasang Kipas Angin

Jika semua langkah di atas sudah dilakukan secara runtut dan komponen yang rusak telah berhasil diganti. Maka Anda hanya perlu pasangkan kembali semua kerangka seperti sediakala.

  • 6. Cek & Coba Nyalakan Kipas

Setelah berhasil terpasang, maka Anda sudah bisa untuk mencoba kembali kipas angin yang sebelumnya tidak berputar. Jika berputar secara sempurna, maka memperbaiki kipas angin tidak berputar berhasil.

Tips Rawat Kipas Angin

Tips Rawat Kipas Angin

Tidak hanya tahu akan penyebab dan cara memperbaiki saja. Anda juga perlu tahu mengenai tips untuk rawat kipas angin agar awet dan tidak mudah mengelami kerusakan. Berikut beberapa tips tersebut:

  • 1. Rutin Dibersihkan

Rutin membersihkan kipas angin mungkin menjadi salah satu tips wajib yang harus dilakukan. Bagian terkotor biasanya ada pada bagian baling-baling, Anda bisa membersihkan 2 minggu atau 1 bulan sekali.

  • 2. Hindari Penggunaan Kasar

Dalam penggunaan kipas angin, alangkah baiknya ikuti prosedur ketentuannya. Jangan bertindak kasar dengan memutarkan bagian kepala kipas angin secara paksa, justru bisa saja mengakibatkan kipas tidak bisa bergerak sama sekali.

  • 3. Beri Waktu Istirahat

Kipas angin tidak berputar, bisa juga dikarenakan penggunaan kipas yang terlalu lama. Dengan begitu, berilah waktu istirahat dan jangan paksakan kipas angin bekerja sepanjang hari.

  • 4. Pastikan

    Kondisi Kabel

Kabel? Mungkin bisa menjadi komponen terpenting lain dari sebuah kipas angin. Jadi tips berikutnya Anda harus selalu cek dan periksa kabel, jangan sampai ada kabel rusak seperti terkelupas bahkan putus.

  • 5. Jangan Sampai Terkena Air

Tips terakhir agar kipas tetap berputar dan memiliki kondisi baik, yaitu dengan menghindarkan unit kipas dari air. Jangan sampai ada air yang menyiram kipas angin tersebut baik itu disengaja atau tidak.

Mungkin itu dia penyebab-penyebab yang menjadikan kipas dirumah Anda tidak mau berputar. Selain itu, ada juga cara memperbaiki dan tips perawatan unit kipas angin agar tetap dalam kondisi berputar. Semoga adanya informasi penyebab kipas angin bermasalah yang hargaalat.id sampaikan di atas bisa bermanfaat.

Tinggalkan komentar