7 Penyebab Evaporator AC Split Dingin Sebagian atau Tidak Merata

Penyebab Evaporator AC Split Dingin Sebagian – Evaporator menjadi salah satu komponen AC split yang punya peran cukup penting. Evaporator berfungsi untuk mengalirkan dan menyerap panas dari udara ke dalam ruangan refrigerant.

Ketika evaporator rusak ataupun mengalami kebocoran menyebabkan AC tidak dingin ataupun suhu dinginnya hanya sebagian. Kondisi AC split seperti ini banyak dialami oleh sebagian besar pengguna AC split asal merek apapun itu.

Kondisi seperti ini biasanya ditandai dengan tekanan freon dan ampere masih bagus, namun evaporator AC split hanya mengeluarkan sedikit udara. Pengguna pastinya kebingungan dengan kondisi evaporator yang hanya dingin sebagian.

Sebagian dari mereka bertanya-tanya apa yang menyebabkan evaporator AC split di rumah dingin sebagian? Ternyata evaporator dingin tidak merata ini bisa disebabkan oleh banyak hal. Untuk informasi selengkapnya, simak ulasan di bawah ini.

Penyebab Evaporator AC Split Dingin Sebagian

Penyebab Evaporator AC Split Dingin Sebagian

Sebuah kerusakan pada evaporator AC Split pastinya memiliki penyebab tertentu. Pastinya ada hal yang salah, sehingga menyebabkan komponen evaporator pada AC split di rumah mengalami kondisi dimana suhu dingin keluar sebagian saja.

Dengan mengenali penyebab evaporator AC split dingin sebagian, maka ini akan membantu memudahkan pengguna untuk memperbaiki AC split tersebut. Adapun beberapa penyebab evaporator AC split dingin tidak merata yaitu sebagai berikut.

1. Terdapat Oli di Dalam Evaporator AC Split

Penyebab pertama ialah adanya oli yang terjebak di dalam sistem atau ada oli yang masuk ke dalam evaporator. Kondisi ini dapat terjadi ketika posisi outdoor lebih tinggi dibandingkan unit indoor AC Split karena pemasangan yang kurang tepat.

Hal ini menyebabkan oli kompresor yang seharusnya bersirkulasi dengan freon terjebak di bagian evaporator dan jika dalam waktu lama akan terus menumpuk. Ini bisa juga terjadi karena usia pemakaian kompresor yang sudah cukup lama.

Untuk mengatasinya dapat dengan flushing menggunakan R11. Caranya cukup copot evaporator, lalu masukkan R11 dengan di dorong R22, maka biasanya oli bercampur R11 keluar. Flushing terus sampai sisa oli di dalam evaporator benar-benar bersih.

2. Tekanan Freon Kurang

2. Tekanan Freon Kurang

Penyebab lain mengapa evaporator dingin sebagian ialah karena tekanan freon kurang. Nah, jika tekanan freon kurang dari standar yang disarankan pada AC split maka akan dapat menyebabkan pipa dan evaporator AC menghasilkan es.

Freon yang habis biasanya disebabkan karena adanya kebocoran pada jalur pipa sirkulasinya. Untuk mengatasinya silahkan tambahkan freon sesuaikan dengan name plate pada masing- masing unit sesuai standar tekanan freon yang disarankan.

Berikut tekanan standar beberapa jenis freon AC Split.

  • Freon R22 : tekanan standard 70-80 psi
  • Freon R32 : tekanan standard 150-160 psi
  • Freon R410 : tekanan standard 150 psi

3. Freon Tercampur Udara

Penyebab evaporator AC split dingin sebagian ialah karena refrigerant yang sudah tercampur dengan udara. Kondisi refrigerant yang tercampur udara menyebabkan pendinginan kurang maksimal khususnya untuk jenis freon R32 dan R410a yang benar-benar harus bebas dari udara.

Untuk mengatasi hal ini silahkan kuras refrigerant dan lakukan sisi ulang kembali. Jangan lupa untuk memvakum unit sebelum diisi refrigerant agar pendinginan pada AC Split menjadi lebih maksimal dan mesin menjadi awet.

4. Pipa Kapiler Tersumbat

4. Pipa Kapiler Tersumbat

Penyebab lainnya AC Split dingin sebagian yaitu karena pipa kapiler tersumbat. Penyebab ini terjadi ketika kapiler tersumbat sirkulasi jalannya refrigrant juga tidak lancar serta kadang jarum pada manifold saat diukur akan goyang jauh misal dari tekanan 70 psi,tiba-tiba menurun menjadi 30 psi, lalu kembali lagi ke 70 psi.

Di beberapa kasus, ditemukan kondisi jika kapiler ini tersumbat dan tekanan stabil tidak goyang, ampere kompresor kadang naik dengan tekanan di bawah standard.

5. Kipas Indoor atau Outdoor Tidak Berputar

Kipas pada unit indoor berguna untuk memancarkan suhu dingin yang dihasilkan evaporator. Jadi ketikan kipas indor tidak berputar atau putarannya lemah, maka akan membuat udara dingin tidak merata bahkan tidak dingin sama sekali.

Kipas outdoor  berperan untuk keluarnya udara panas hasil kondensor, jadi saat kipas ini tidak berputar maka akan menyebabkan kompresor panas. Alhasil kondisi seperti ini akan menyebabkan kompresor macet, sehingga ac split tidak dingin.

6. Luas Ruangan Tidak Sesuai Dengan Kapasitas AC

Penyebab lainnya mengapa AC split dingin sebagian ialah karena kapasitas AC tidak sesuai dengan luas ruangan. Itulah sebabnya sebelum memasang AC, ada baiknya Anda mengkur terlebih dahulu luas ruangan yang akan dipasangi AC.

Apabila luas ruangan terlalu besar dan kapasitas AC terlalu kecil, maka akan membuat AC Split dingin sebagian atau tidak merata.

7. Outdoor AC Tidak Hidup

Penyebab lainnya mengapa AC split dingin sebagian ialah karena unit outdoor tidak hidup alias mati. Sebagian besar kondisi ini terjadi karena kompresor AC split tak bekerja untuk mensirkulasikan freon pada jalur pipa air conditioner itu sendiri.

Untuk mengatasinya, silahkan cek arus listrik keluar melalui indoor serta cek juga jalu kabel dari indoor ke outdoor. Apabila masih terlihat bagus dan arus sampai ke unit outdoor, maka kemungkinan besar penyebab itu terjadi karena kompresor rusak yang juga menjadi penyebab AC bocor.

Nah, itulah informasi lengkap dari hargaalat.id terkait penyebab evaporator AC split dingin sebagian atau tidak merata. Kondisi AC split dingin sebagian merupakan kerusakan umum paling banyak dialami pengguna dan beberapa penyebab di atas adalah pemicu pastinya.

Jika AC split dirumah Anda dingin sebagian, maka segeralah untuk memeriksa bagian-bagian di atas. Sekiranya hanya itu saja informasi lengkap dari kami, semoga penyebab evaporator ac split dingin sebagian di atas membantu.

Tinggalkan komentar