Bunyi Kulkas yang Normal, Harusnya Seperti Ini!

Bunyi Kulkas yang Normal – Berbagai alat elektronik rumah tangga yang hampir saat ini dimiliki oleh semua orang adalah kulkas atau lemari pendingin. Dengan kulkas inilah Anda bisa menyimpan, mendinginkan atau membekukan makanan dan minuman.

Bahkan tidak hanya itu saja, pemilik kulkas juga bisa mempertahankan kesegaran sayur, buah, daging, minuman kemasan, sampai sisa makanan. Dengan begitu, maka nantinya makanan dan minuman tersebut bisa santap di lain waktu.

Membahas mengenai kulkas, pernah tidak saat Anda berada di dekat kulkas kadang bunyi kadang tidak? Itu merupakan hal normal dan sebagian dari proses kerja. Dengan bunyi tersebut pastinya berfikiran jika kulkas alami masalah dengan bunyi tersebut.

Dan seperti yang sudah disampaikan jika itu adalah bunyi normal dan dihasilkan dari komponen kulkas itu sendiri. Lantas seperti apa bunyi atau suara kulkas yang normal? Membahas bunyi kulkas yang normal, kali ini kami akan sampaikan secara lengkap.

Bunyi Kulkas yang Normal

Bunyi Kulkas yang Normal

Untuk lebih jelas mengenai bunyi kulkas yang normal, kami sudah rangkumkan secara lengkap atas penjelasannya. Jadi bagi Anda yang belum tahu bunyi kulkas yang normal, maka kulkas lemari pendingin Anda harus bunyi seperti ini.

1. Bunyi Kulkas dari Kompresor

Bunyi kulkas yang normal pertama adalah bunyi dari bagian kompresor. Pada saat kompresor dinyalakan, umumnya akan terdengar bunyi dengungan dan dalam beberapa tipe kompresor bekerja dengan kecepatan bervariasi.

Hal ini lah menjadikan bunyi dengung bisa menjadi sedikit lebih keras beberapa saat. Tidak terkecuali pada saat kompresor menggerakkan zat pendingin refrigerant, kontraksi dan ekspansi termal.

Dengan hal ini maka yang terjadi kulkas akan menghasilkan bunyi seperti klik, letupan, bahkan benturan. Di mana zat pendingin yang bergerak melalui saluran pun terdengar seperti suara gemericik atau ada aliran air.

Tidak hanya itu saja bunyi klik pada kulkas juga mungkin akan terdengar setelah listrik padam, suara ini berasal dari kompresor. Secara umum bunyi kulkas ini berlangsung selama 3-5 menitan.

2. Bunyi dari Alat Pembuat Es (Pembeku)

Bunyi kulkas yang normal kedua adalah bunyi dari alat pembuat es (pembeku). Pada saat alat pembuat es ini terisi oleh air, maka pengguna akan mendengar suara aliran listrik mengalir melalui katup air saat dihidupkan.

Di waktu yang bersamaan, secara otomatis Anda juga terdengar bunyi aliran air melalui kulkas. Bunyi maupun suara itu biasanya berlangsung sekitar 5-10 detik saja, jadi normal saja jika Anda mendengar bunyi satu ini pada kulkas.

Selain itu, pada bagian pembuat es juga akan keluarkan bunyi keras saat es yang membeku jatuh ke wadah penyimpanan es. Pada saat itu juga dengungan atau bunyi klik juga dapat terdengar saat pembuat es diisi dengan air.

Dalam proses ini komponen pembuat es akan mengeluarkan bunyi mendengung saat mencoba mengisi air kira-kira setiap 15 menit. Dalam hal ini, silakan pastikan jika air sudah dihidupkan ke pembuat es.

Nantinya akan muncul bunyi berderak atau bergetar jika pembuat es dihidupkan sedangkan air tidak mengalir. Jika unit pembuat es tidak terhubung ke air, sebaiknya pengguna kulkas mematikan mesin pembuat es kulkas dahulu.

3. Bunyi di Komponen Evaporator Kulkas

Bunyi kulkas yang normal ketiga adalah bunyi yang dihasilkan dari sekitar evaporator. Kulkas kadang-kadang keluarkan bunyi atau suara berderak, terkadang zat pendingin yang mengalir melalui saluran bahkan mengeluarkan bunyi seperti detak.

Saat kulkas mencairkan semua es beku, Anda mungkin akan mendengar bunyi benturan atau letupan dari evaporator. Di mana untuk bunyi kulkas yang normal ini disebabkan oleh proses ekspansi dan kontraksi termal.

Selain itu, Anda para pemilik kulkas juga mungkin akan mendengar suara mendesis saat es menetes ke pemanas evaporator, suara tetesan dan aliran air saat es mencair dari evaporator dan berubah menjadi air.

Bunyi atau suara retak atau letupan ini juga bisa didengar oleh pemilik kulkas saat kumparan evaporator pada model kulkas tipe top freezer dan no-frost mendingin setelah siklus pencairan berakhir.

4. Bunyi Normal Lainnya

Secara umum, jika terdengar bunyi atau suara di atas maka besar kemungkinan kulkas dalam kondisi normal. Namun tidak hanya bunyi-bunyi di atas saja yang terdengar pada unit kulkas atau lemari pendingin bekerja.

Di mana dalam penggunaan kulkas normalnya juga akan menghasilkan beberapa suara atau bunyi lainnya. Nah mengenai bunyi kulkas tertentu tersebut, inilah beberapa bunyi kulkas atau lemari pendingin normal lainnya.

  1. Bunyi suara gemericik pada bagian pintu dan terdengar setelah pintu ditutup karena adanya air di area perangkap tabung pembuang.
  2. Bunyi suara gertakan. Mungkin akan terdengar sekitar 4 detik setelah mengeluarkan gelas dari dispenser yang merupakan suara penutup saluran dispenser.
  3. Bunyi suara ketukan atau benturan. Mungkin akan terdengar saat katup air terbuka dan tertutup. Ini disebabkan akibat tekanan air pada saluran pasokan air tinggi.
  4. Bunyi suara kipas. Di mana perubahan kecepatan kipas saat kulkas menyesuaikan perubahan suhu saat pintu terbuka juga akan mengeluarkan bunyi.
  5. Bunyi suara klik. Mungkin akan terdengar saat unit pengontrol suhu menghidupkan dan mematikan lemari es.
  6. Bunyi suara klik/tik-tok. Mungkin akan terdengar pada saat pengatur waktu pencairan es dinyalakan maupun dimatikan.
  7. Bunyi suara mendengung. Mungkin akan terdengar selama dan setelah mengambil air dari pintu dispenser.
  8. Bunyi suara mendesis. Mungkin akan terdengar pada kulkas dengan pencairan sendiri, yang terjadi saat air menetes pada pemanas defrost.
  9. Bunyi suara mendidih, gemericik atau ketukan disebabkan oleh sirkulasi refrigerant.
  10. Bunyi suara motor kipas. Secara umum kulkas memiliki setidaknya dua kipas. Jadi, pengguna bisa dengar bunyi motor kipas saat lemari es mulai mendinginkan.
  11. Bunyi suara tetesan. Mungkin akan terdengar saat air pencairan es menetes ke dalam tempat pembuangan di bawah kulkas.

Kesimpulan

Jika kondisi kulkas Anda mengeluarkan bunyi-bunyi di atas maka nantinya itu adalah ciri ciri kulkas normal. Namun jika kulkas kadang bunyi kadang tidak dengan adanya kejanggalan, itu bisa saja terjadi karena memang ada kerusakan yang perlu diperbaiki.

Mungkin inilah yang dapat hargaalat.id sajikan mengenai bunyi atau suara kulkas yang normal. Jika suara kulkas seperti di atas, bisa saja berkemungkinan ada kerusakan pada komponen-komponen kulkas atau lemari pendingin.

Sumber Gambar : ruangteknisi.com

Tinggalkan komentar