√ Pengertian AC Split 2021 : Komponen, Kelebihan & Kekurangan

Pengertian AC Split – Penggunaan AC mungkin saat ini bisa dikatakan cukup wajib bagi sebagian orang. Tidak terkecuali anda tentunya, apalagi jika lokasi rumah atau tempat tinggal anda berada di daerah yang terkenal akan memiliki suhu panas.

Dengan begitu beralih dengan menggunakan AC menjadi pilihan tepat untuk mengatasi masalah tersebut. Apalagi saat ini sudah dapat dengan mudah untuk menemukan AC di pasaran dengan berbagai macam merek seperti DAIKIN, Panasonic, Samsung dan lainnya.

Selain merek dan juga tipe, harga di berikan juga bisa dikatakan cukup beragam tergantung jenis AC apa yang akan dipilih. Seperti anda ketahui sendiri jika jenis AC ada beberapa seperti AC Split, Central, Cassette dan Standing.

Nah pada kesempatan kali ini hargaalat.id akan sampaikan informasi mengenai pengertian dari salah satu jenis AC tersebut. Dimana yang akan di bahas yaitu mengenai pengertian AC Split, mungkin banyak yang sudah menggunakan tapi belum tahu mengenai pengertiannya.

Pengertian AC Split Beserta Kelebihan & Kekurangannya

Pengertian AC Split Beserta Kelebihan Kekurangannya

Lebih jelas mengenai pengertiannya berikut akan disampaikan di bawah ini secara jelas beserta komponen, keunggulan dan kekurangannya. Jadi terus simak dan ikuti ulasan ini sampai akhir agar anda paham dan jelas.

Pengertian AC Split

Pengertian AC Split

AC Split sendiri ialah pendingin ruangan yang telah diatur agar mengeluarkan suhu lebih rendah dari suhu dan lebih efektif bekerja dalam ruangan tertutup. AC Split terdiri dari unit luar (outdoor) ruangan dan unit dalam ruangan (indoor).

Unit outdoor dipasang di dekat dinding luar ruangan, nantinya unit ini akan menampung kompresor, coil kondensor dan coil ekspansi atau tabung kapiler. Sedangkan untuk unit indoornya sendiri menampung blower panjang, coil pendingin serta filter udara.

Komponen AC Split

  • Kondensor

Kondensor

Komponen ini memiliki fungsi sebagai panukar kalor dan mengubah wujud refrigerant dari bentuk gas sampai dengan mencair.

  • Kompresor

Kompresor

Komponen bernama kompresor ini memiliki fungsi sebagai pusat sirkulasi bahan pendingin dan refrigerant ke seluruh bagian AC.

  • Pipa kapiler

Pipa Kapiler

Pipa kapiler memiliki fungsi untuk menurunkan tekanan refrigerant serta mengatur aliran yang menuju evaparator nantinya.

  • Evaparator

Evapartor

Evaparator memiliki fungsi mengalirkan dan menyerap panas dari udara ke dalam ruangan refrigerant.

Kelebihan & Kekurangan AC Split

Kelebihan Kekurangan AC Split

Setelah mengetahui tentang pengertian dari AC Split, anda juga perlu mengetahui kelebihan dan kekurangan dari jenis AC split. Dan berikut kelebihan dan kekurangan dari AC Split.

Kelebihan

  • Banyak merek yang menciptakan AC split dengan bentuk yang simpel namun tetap elegan di dalam ruangan.
  • Penggunaan listrik bisa dikatakan lebih hemat dari pada jenis AC lainnya.
  • Dapat diatur dengan jarak jauh yaitu menggunakan remote.
  • Lebih cepat dalam mendinginkan ruangan.

Kekurangan

  • Membutuhkan daya listrik besar saat pertama kali dihidupkan, ini hanya pertama saja setelah menyala dalam beberapa waktu akan normal seperti biasa.
  • Tidak bisa sering dihidup dan matikan, karena dapat menyebabkan kerusakan. Selain itu listrik juga akan semakin besar nanti saat tagihan bulanan.
  • Bisa dikatakan AC split terbilang cukup sulit untuk mempertahankan suhu.

Mungkin itulah informasi yang dapat hargaalat.id sampaikan mengenai pengertian AC split beserta komponen, kelebihan dan kekurangannya. Semoga dengan adanya ulasan di atas dapat membantu dan bermanfaat bagi yang membutuhkannya.