4 Penyebab Kipas Outdoor AC Rumah Tidak Berputar

Penyebab Kipas Outdoor AC Rumah Tidak Berputar – Pada unit outdoor AC, terdapat komponen bernama kondensor yang merupakan bagian paling panas pada sistem AC split. Kondensor AC sendiri berfungsi untuk menurunkan temperatur refrigerant (freon) dan mengubah wujud refrigerant dari gas menjadi cair.

Karena merupakan komponen paling panas, itu sebabnya pada unit outdoor AC terdapat komponen lain berupa fan outdoor seperti baling-baling kipas pada umumnya. Kipas outdoor ini berfungsi sebagai pendingin kondensor serta juga untuk membantu membuang udara panas dan mengurangi tekanan refrigerant.

Itu artinya kipas outdoor AC punya peran yang cukup penting. Ketika kipas tersebut tidak berputar, maka komponen kondensor akan mengalami kerusakan, karena tidak ada yang mendinginkan komponen tersebut. Jika kondisi tersebut terus dibiarkan, maka akan merusak unit outdoor AC rumah itu sendiri.

Jadi ketika kipas tidak berputar, segeralah untuk mencari tahu apa yang terjadi dan segera perbaiki kipas tersebut jika tidak ingin timbul kerusakan yang lebih parah lagi. Lantas, apa penyebab kipas outdoor AC rumah tidak berputar? penyebab kipas tidak berputar cukup beragam, selengkapnya simak ulasan di bawah ini.

Penyebab Kipas Outdoor AC Rumah Tidak Berputar

Penyebab Kipas Outdoor AC Rumah Tidak Berputar

Kipas tidak berputar, pastinya ada penyebab mengapa komponen tersebut tidak dapat berfungsi dengan baik. Penyebab kipas outdoor AC rumah tidak berputar terbilang cukup beragam dan bahkan menimbulkan tanda-tanda tertentu.

Penyebab kipas AC tak berputar bisa jadi ada kerusakan pada komponen lain. Nah, untuk memastikannya Anda bisa melakukan pengecekan fisik. Adapun beberapa kemungkinan penyebab kipas AC rumah tidak berputar yaitu sebagai berikut.

1.  Kapasitor Kipas Rusak

1. Kapasitor Kipas Rusak

Penyebab pertama mengapa kipas outdoor tidak berputar ialah karena kapasitor sudah rusak. Fungsi kapasitor AC ialah untuk membantu putaran motor kipas pada awal dinyalakan, sehingga bunyi start motor listrik menjadi lebih halus.

Kapasitor kipas outdoor biasanya berukuran antara 1-2 mikro. Cara kerja kapasitor kipas yaitu dengan memanfaatkan muatan listrik yang disimpan untuk dialirkan ke kumparan motor listrik, sehingga motor kipas outdoor berputar.

Jadi, ketika kapasitor ini rusak, maka kipas outdoor tidak akan berputar. Maka dari itu, untuk mengatasinya silahkan ganti kapasitor fan dengan yang baru, Anda bisa membeli kapasitor kipas AC split di toko elektronik dengan harga sekitar Rp. 15.000.-

2. Motor Kipas Bermasalah

2. Motor Kipas Bermasalah

Penyebab lainnya yang memungkinkan memicu kerusakan pada fan outdoor AC di rumah ialah motor fan itu sendiri. Penyebab motor kipas tidak berputar biasanya disebabkan karena kotor sehingga membuatnya tidak berputar.

Bisa jadi dinamo kipas AC rumah tersebut tertutup debu atau mungkin terdapat sarang semut. Dinamo kipas ini berfungsi untuk memutar baling-baling agar mengeluarkan udara yang akan mendinginkan kondensor.

Jadi ketika motor kipas tidak berputar, maka baling-baling kipas juga tidak akan berputar. Untuk mengatasi hal tersebut,  silahkan buka cassing outdoor, lepaskan motor kipas dan bersihkan sampai tidak ada debu yang menempel.

3. Start Kapasitor Tidak Berfungsi

3. Start Kapasitor Tidak Berfungsi

Start kapasitor tidak berfungsi dengan baik juga menjadi penyebab lain kipas tidak berputar. Seperti yang sudah, kami jelaskan di atas bahwasanya pada motor kipas terdapat kapasitor sebagai komponen pembantu putaran pertama dinamo.

Ketika start tidak berfungsi, maka dinamo kipas AC rumah tidak mendapatkan supply dorongan putaran pertama. Hal ini mengakibatkan poros motor kipas tidak dapat berputar, sehingga komponen unit outdoor tidak berfungsi dengan baik.

Apabila masalah ini terjadi pada AC di rumah Anda, maka solusinya yaitu dengan mengganti kapasitor AC. Lakukanlah service AC rumah dengan rutin agar komponen seperti kapasitor kipas outdoor lebih terawat.

4. Kabel Motor Kipas Outdoor AC Putus

4. Kabel Motor Kipas Outdoor AC Putus

Penyebab selanjutnya yang mengakibatkan kipas outdoor AC tidak mau berputar ialah adanya kabel yang putus pada dinamo kipas itu sendiri. Jika ada kabel dari unit indoor ke outdoor yang putus, maka rotor tidak dapat berputar.

Cara untuk mengatasi hal ini terbilang cukup mudah, cukup sambung kabel yang putus tersebut. Kemudian cek dengan multitester dan jika semua sudah beres, maka silahkan pasang kembali motor fan outdoor tersebut.

Gejala Yang Sering Muncul Jika Kipas Outdoor Tidak Berputar

Setiap kerusakan AC rumah umumnya akan menimbulkan gejala atau tanda-tanda tertentu. Selain melakukan pemeriksaan beberapa penyebab di atas, Anda juga bisa mengenali beberapa gejala yang bisa menjadi indikasi kipas tidak berputar.

Ini untuk memastikan bahwa komponen kipas outdoor AC rumah benar-benar tidak berfungsi dengan baik, sehingga Anda bisa segera memperbaikinya. Umumnya kipas AC rumah tidak berputar akan menimbulkan gejala seperti berikut.

  1. Komponen outdor AC cepat panas.
  2. Kondensor panas atau rusak.
  3. Unit outdoor mati.
  4. AC tidak dingin atau keluar udara panas.

Nah, itulah beberapa gejala umum paling sering muncul. Gejala paling sering muncul ialah AC tidak dingin, karena kondensor rusak akibat terlalu panas. Mengingat kipas berfungsi untuk mendinginkan kondensor, maka ketika kondensor tersebut panas dapat dipastikan kipas outdoor AC rumah tidak berputar.

Nah, itulah informasi lengkap dari hargaalat.id terkait penyebab kipas outdoor AC rumah tidak berputar lengkap beserta cara mengatasinya. Sekiranya hanya itu saja informasi dari kami, semoga ulasan lengkap di atas bermanfaat.

Tinggalkan komentar