10 Cara Service AC Panasonic Mudah & Dilakukan Sendiri Terbaru 2020

Cara Service AC Panasonic – Penggunaan Air Conditioner (AC) mungkin saat ini sudah menjadi kebutuhan pokok bagi sebagian orang, tidak terkecuali anda tentunya. Hal itu karena AC sangat berfungsi untuk menstabilkan udara yang ada di dalam ruangan.

Apalagi saat ini AC sangat mudah untuk ditemukan dan dimiliki, hanya saja perlu siapkan uang untuk membelinya. Berbagai merek seperti Panasonic, Daikin, Sharp, Samsung dan lainnya mungkin sudah tidak asing di telinga atau bahkan juga telah menggunakannya.

Nah, jika anda menggunakan AC merek apapun di rumah, lakukanlah service secara berkala agar kondisi AC tetap dalam keadaan siap digunakan serta awet. Pada kesempatan kali ini hargaalat.id akan menyampaikan informasi mengenai cara service AC Panasonic.

Mungkin bagi anda yang menggunakan AC Panasonic di rumah dan berkeinginan service atau membersihkannya namun belum mengetahui caranya. Dengan adanya informasi cara service AC ini nantinya cukup membantu tentunya.

Cara Service AC Panasonic Mudah & Dilakukan Sendiri Terbaru

Cara Service AC Panasonic

Lalu bagaimana cara servicenya? Untuk lebih jelas dan lebih paham mengenai langkah service serta membersihkannya, berikut akan disampaikan di bawah ini secara jelas. Jadi ikuti terus ulasan ini sampai akhir.

1. Lakukan Pembersihan dengan Kemoceng, Kain Lap, Vacum Cleaner

Lakukan Pembersihan dengan Kemoceng Kain Lap Vacum Cleaner

Bagi anda pengguna AC Panasonic dan berkeinginan untuk melakukan service sendiri dirumah akibat AC sudah mulai terasa tidak seperti sediakala saat baru membeli maka lakukan service berkala. Cukup mudah dimana pembersihan AC Panasonic tersebut dapat dilakukan dengan alat yang mungkin mudah untuk di temui.

Sediakan alat seperti vacum cleaner jika ada, lap kering dan lap basah, kemoceng atau kuas halus beserta peralatan lainnya lagi. Setelah alat sudah siap maka mulailah pembersihan pada bagian cover AC Panasonic indoor terlebih dulu dan bertahap ke bagian bagian mudah lainnya.

2. Cara Service AC Panasonic dengan Membersihkan Filter

Cara Service AC Panasonic dengan Membersihkan Filter

Berlanjut ke unit AC indoornya anda bisa memulai service-service ringan dengan melakukan pembersihan pada bagian filternya. Filter AC jika tidak dibersihkan maka bisa menjadi PENYEBAB AC TIDAK DINGIN. Jika anda yang belum jelas mengenai cara membersihkan filter baca terlebih dahulu buku panduan yang didapatkan saat pembelian AC Panasonic.

Pada umumnya pembersihan filter ini sendiri digunakan dengan vacum cleaner atau bisa juga gunakan kuas dengan serabut yang bersih dan lembut untuk membersihkan debu menempel. Setelah itu lepas filter AC Panasonic dan cuci menggunakan deterjen maupun sabun kemudian bilas sampai benar-benar bersih.

3. Bersihkan Kipas & Kumparan Evaporator

Bersihkan Kipas Kumparan Evaporator

Service AC berlanjut ke bagian penting lainnya pada unit AC indoor seperti pada bagian kipas dan juga kumparan evaporator. Pada bagian ini saat anda melakukan service sendiri dirumah mengharuskan penanganan khusus seperti keterampilan dan kesabaran karena dua komponen ini sudah terpasang secara permanen.

Dalam service atau pembersihan kumparan evaporator sendiri nantinya anda memerlukan cairan pembersih AC, untuk mendapatkannya bisa beli di toko serba ada atau toko elektronik. Saran sebaiknya beli cairan tersebut dimana memiliki kemasan semprot sehingga dalam penggunaannya akan semakin mudah.

4. Bersihkan AC Bagian Luar (outdorr)

Bersihkan AC Bagian Luar outdorr

Untuk cara service AC Panasonic outodor yaitu dengan membersihkan bagian luar atau covernya terlebih dahulu, namun terkadang banyak para pemilik AC ragu mengenai hal tersebut saat mau membersihkannya. Langkah pertama anda pastikan terlebih dahulu jika jek sebagai sumber listrik terputus untuk menghindari terjadi tersetrum.

Mulailah membersihkan dengan cara membasuh/semprot dengan air bertekanan cukup tinggi dan bila perlu gosok menggunakan sikat. Hal tersebut karena unit outdoor lebih terkena langsung dengan berbagai macam kotoran dan debu yang beterbangan, jangan ragu saat semprotkan air tersebut karena unit AC Panasonic outdoor sudah di desain sedemikian rupa agar aman saat terkena air.

5. Isikan Freon

Isikan Freon

Setelah melakukan service atau pembersihan seperti diatas maka lanjut dengan memasangkan kembali komponen-komponen yang tadi dilepas. Jangan sampai ada bagian atau komponen yang tertinggal dalam pemasangan.

Jika pemasangan sudah semuanya, lanjut dengan menambahkan cairan freon pada AC Panasonic anda agar berasa dingin sempurna seperti AC baru. Untuk mendapatkan freon tersebut anda juga bisa membelinya di toko elektronik atau toko yang menyediakannya.

Tips Merawat AC Panasonic Agar Awet & Berusia Panjang

Tips Merawat AC Panasonic Agar Awet Berusia Panjang

Setelah mengetahui sebuah cara service AC diatas, agar AC ingin awet dan juga memiliki usia cukup panjang anda juga bisa merawat secara berkala. Berikut beberapa tips agar AC Panasonic milik anda bisa bertahan dan awet dengan usia pemakaian cukup lama.

  • Jika pada bagian filter AC sudah dibersihkan, ada baiknya lakukan pergantian juga. Pada umumnya penggantian filter AC Panasonic idealnya setiap 3 bulan sekali.
  • Gunakan AC sesuai kebutuhan saja, sehingga mesin AC bisa beristirahat dan tidak bekerja sepanjang waktu. Hal tersebut salah satu tips merawat AC yang sudah terbukti.
  • Saat menyalakan AC Panasonic lakukan secara berkala atau bertahap, jangan langsung menyalakan AC ke suhu yang paling rendah.
  • Tips terakhir lakukan service berkala seperti diatas dalam beberapa bulan sekali. Jika penggunaan AC terlalu sering lakukan service berkala dengan kurun waktu satu bulan sekali. Jika terjadi masalah berarti pada AC Panasonic dan anda tidak mengetahui cara memperbaiki atau servicenya maka panggil jasa tukang AC ahli.

FAQ

1. Berapa Harga AC Panasonic?

Harga AC Panasonic terbilang cukup beragam tergantung dengan PK. Semakin besar PK biasanya harga akan semakin tinggi.

2. Apakah AC perlu Dicuci?

Untuk service atau membersihkan AC Panasonic ada beberapa bagian yang bisa dibersihkan menggunakan air/dicuci.

3. Waktu Ideal Membersihkan atau Service AC?

Pada umumnya bisa dilakukan dengan kurun waktu 1 – 3 bulan sekali.

Mungkin itulah informasi yang bisa hargaalat.id sampaikan mengenai service AC, semoga bisa bermanfaat dan berguna bagi yang membutuhkan. Service berkala tersebut dapat dilakukan secara rutin agar AC Panasonic anda tetap dalam kondisi prima dan terawat.