10 Cara Vakum AC Split Duct Mudah & Terbaru 2020

Cara Vakum AC Split Duct – AC mungkin menjadi salah peralatan rumah tangga yang dari dulu sangat dibutuhkan sekali. Hal tersebut seperti anda ketahui sendiri jika kegunaan AC sangat membantu sekali.

Namun jangan hanya bisa menggunakannya saja, anda juga perlu mengetahui mengenai cara service atau memperbaikinya ketika ada masalah. Karena barang elektronik yang digunakan dalam jangka waktu lama akan sering muncul masalah.

Masalah yang terjadi pada AC split duct biasanya seperti sudah tidak dingin dan terjadi kebocoran. Jika mengalami masalah seperti kebocoran maka anda cepat harus memperbaiki agar mesin AC kembali normal dan dingin saat digunakan.

Salah satu memperbaiki AC itu sendiri yaitu dengan cara pemvakuman. Vakum merupakan sebuah cara mengosongkan udara di dalam instalasi AC, pipa, dan kompresornya. Dengan melakukan cara ini nantinya akan menjaga AC tetap memiliki kondisi yang prima serta tetap dingin.

Cara Vakum AC Split Duct Mudah & Terbaru

Cara Vakum AC Split Duct Mudah Terbaru

Terkadang banyak para pemilik AC bertanya-tanya mengenai cara vakum tersebut saat AC dirumah sudah tidak mulai dingin. Untuk langkah atau caranya berikut akan hargaalat.id sampaikan dibawah ini secara jelas.

Cara Vakum AC Split Duct

Siapkan terlebih dahulu peralatan yang nantinya akan digunakan untuk melakukan pemvakuman AC split duct anda. Peralatan yang harus ada yaitu tentunya mesin vakum dan manifold. Jika sudah ada maka bisa mulai melakukan vakum AC tersebut.

1. Langsung saja konekan selang manifold warna biru ke bagian outdoor, dan selang warna kuning ke mesin vakum. Pastikan kedua neupel tersebut dalam kondisi tertutup.

Konekan Selang Manifold

2. Kedua katup manifold dalam kondisi tertutup. Jika sudah maka nyalakan mesin vakum yang sudah terhubung dengan listrik.

Katup Manifold Dalam Kondisi Tertutup

3. Biasanya mesin vakum dalam hal ini akan berbunyi kasar dan mengeluarkan asap.

4. Setelah itu buka katup warna biru dan tunggu sampai jarum yang terdapat di katup warna biru berubah dari 0 ke -30.

5. Jika pada katup sudah menunjukkan di -30 maka suara mesin akan berubah menjadi lebih halus. Hal tersebut menandakan jika udara sudah habis.

Katup Sudah Menunjukkan di 30

6. Setelah itu tutup kembali katup warna biru pada manifold dan matikan mesin vakum. Setelah beberapa detik nyalakan vakum kembali dan dengarkan suara mesin vakum apakah sudah normal atau belum.

7. Jika sudah normal (halus) buka kembali katup manifold berwarna biru.

8. Ketika mesin vakum mengeluarkan suara yang sama (halus/normal) maka dibuka kembali katup birunya. Maka itu menunjukkan jika proses vakum pada AC split duct tidak ada kebocoran lagi dan menunjukkan jika katup pemvakuman AC selesai.

9. Terakhir tutup kembali katup vakum berwarna biru dan matikan mesin vakum. Langkah vakum AC split duct berhasil dilakukan.

Alasan AC Harus di Vakum

Alasan AC Harus di Vakum

Mungkin sudah anda ketahui mengapa mesin AC harus dilakukan pemvakuman yaitu terjadinya AC sudah mulai tidak dingin. Selain itu dahulu memang jika pasang AC tanpa vacum bisa dikatakan aman, namun sekarang kenapa AC harus di vacum.

Hal tersebut karena refrigeran digunakan pada AC jaman dulu memiliki perbedaan dengan AC keluaran sekarang. Berikut beberapa perbedaan perlu diketahui antara AC dulu dan AC sekarang.

  1. Untuk AC lama (keluaran dulu) masih menggunakan refrigeran R22 beda dengan AC jaman sekarang dimana sudah memakai refrigeran R32/R410a. Apalagi pemerintah juga sudah melarang penggunaan refrigeran R22 untuk mesin pendingin, sehingga pabrikan AC beralih ke R32/R410a.
  2. Oli Polylester (POE) sangat hygroscopic. Jika mengalami masalah seperti ini maka oli Polylester (POE) akan hygroscopic atau sangat kuat dalam menyerap air serta uap air dari udara. Tentu dapat menjadi masalah ketika uap air ikut masuk ke dalam sistem.
  3. Jika terjadi uap air atau udara bisa jadi kompresor akan cepat rusak. Dengan begitu cara pemvakuman bisa mencegah cepat terjadinya kerusakan pada kompresor AC split duct anda.

Manfaat AC Split Duct di Vakum

Manfaat AC Split Duct di Vakum

Ada beberapa manfaat dapat dirasakan saat anda memvakum AC dirumah. Di antaranya seperti:

  • Sistem AC akan tetap bersih dari udara & uap air.
  • Membuat AC lebih dingin secara maksimal.
  • AC jadi lebih awet dan memiliki umur cukup panjang.
  • Garansi masih tetap berlaku dan dapat di klaimkan.

Demikianlah informasi yang bisa hargaalat.id sampaikan, dimana yang jelas cara vakum diatas terbilang cukup mudah. Namun untuk tetap menjadikan mesin AC split duct anda awet dan tahan lama maka selalu SERVICE AC secara berkala dengan cara membersihkan serta memvakumnya.