8 Cara Ganti Kran AC & Penyebab yang Biasa Timbul 2020

Cara Ganti Kran AC – Penggunaan Air Conditioner atau biasa dikenal dengan AC mungkin sudah tidak asing lagi. Bahkan bagi sebagian orangĀ  menggunakan AC merupakan salah satu kebutuhan wajib.

Namun penggunaan AC tersebut tidak selalunya berjalan lancar, terkadang ada masalah yang menjadikan AC tidak bekerja seperti biasanya. Seperti tidak dingin, AC mati, PEMBUANGAN AIR AC TIDAK MENETES, bahkan kran AC mengalami kebocoran.

Masalah-masalah tersebut tentunya sudah pernah dialami oleh anda para pengguna AC, baik itu AC ruangan rumah atau tempat kerja. Dengan begitu anda harus mengetahui penyebab dan cara mengatasinya sebelum memanggil teknisi AC.

Nah pada kesempatan kali ini hargaalat.id akan menyampaikan informasi mengenai cara ganti kran AC yang mengalami kebocoran. Caranya terbilang cukup mudah sehingga anda bisa menghemat dengan cara tidak memanggil teknisi AC dan melakukan perbaikan sendiri.

Cara Ganti Kran AC & Penyebab yang Biasa Timbul

Cara Ganti Kran AC Penyebab yang Biasa Timbul

Lalu bagaimana cara menggantinya? Apakah perlu penanganan khusus? Nah untuk anda yang penasaran akan cara ganti kran tersebut, berikut akan disampaikan secara jelas di bawah ini, jadi terus simak ulasan ini sampai akhir.

Cara Ganti Kran AC

Cara Ganti Kran AC

Sebelum lanjut ke penanganan sendiri pastikan jika kebocoran tersebut terjadi pada kran bukan pada saluran pipa pembuangannya. Jika sudah memastikan kebocoran tersebut maka anda juga perlu menyiapkan kran AC pengganti baru.

Anda bisa mendapatkan kran di toko AC terdekat atau toko-toko yang menyediakan kran AC. Jika sudah siap baru anda mulai melakukan perbaikan kran AC yang mengalimi kebocoran freon sehingga menyebabkan AC cepat mudah tidak dingin.

  1. Pertama siapkan terlebih dahulu alat-alat yang nantinya akan digunakan seperti tang, obeng dan beberapa alat lainnya.
  2. Setelah itu buka cover dan temukan bagian kran AC yang mengalami kebocoran tadi.
  3. Lepas dengan menggunakan tangan, jika sulit bisa menggunakan bantuan tang untuk memutarnya.
  4. Setelah kran AC yang rusak terlepas, jalan satu-satunya yaitu dengan mengganti kran AC menggunakan kran baru.
  5. Pasangkan kran AC yang baru seperti kebalikan melepasnya.
  6. Jika sudah terpasang secara benar dan dirasa tidak mengalami kebocoran lagi, maka anda tinggal menambah freon kembali jika freon habis.
  7. Terakhir kembali pasangkan cover-cover AC yang tadi dilepas.
  8. Setelah itu coba untuk dinayalakan.

Penyebab Kran AC Mengalami Kebocoran

Penyebab Kran AC Mengalami Kebocoran

Setelah mengetahui cara mengganti kran AC yang mengalami bocor sehingga freon cepat habis dan mengakibatkan AC tidak dingin. Anda juga perlu mengetahui beberapa faktor penyebab atau masalah kran AC bocor.

  • Faktor Usia

Penggunaan AC yang sudah cukup lama juga dapat menyebabkan kran AC dapat mengalami bocor. Hal ini tidak bisa disalahkan karena semua benda ataupun apa saja memiliki umur tertentu.

  • Salah Pemasangan

Faktor penyebab kedua dapat diakibatkan oleh terjadinya pemasangan kran yang salah atau miring setelah AC di service. Dengan begitu pastikan jika melakukan service dan pemasangan komponennya kembali dalam keadaan benar.

Mungkin itulah yang dapat hargaalat.id sampaikan untuk anda semua mengenai cara ganti kran AC beserta penyebab atau faktor yang biasa mempengaruhi dan mengakibatkan bocor. Semoga dengan sudah mengetahui cara ganti kran AC diatas, anda bisa melakukan perbaikan sendiri jika mengalami masalah kebocoran kran pengakibat freon AC habis sehingga AC tidak dingin.