4 Cara Mengatasi Kondensasi AC Mudah & Terbaru 2020

Cara Mengatasi Kondensasi AC – Menggunakan sebuah AC mungkin saat ini sudah menjadi kebutuhan bagi sebagian orang. Dimana nantinya menjadikan ruangan rumah, kantor atau lainnya terasa sejuk dan tidak panas.

Apalagi saat ini banyak sekali merk dan jenis AC yang dapat dengan mudah untuk di temui di pasar Indonesia. Dari merk terkenal sampai merk yang baru akan dapat dengan mudah di temui, anda hanya perlu menyesuaikan budget dan jenis AC-nya saja.

Namun pada kesempatan kali ini hargaalat.id akan sampaikan informasi mengenai cara mengatasi sebuah masalah yang terjadi pada AC yaitu cara mengatasi kondensasi AC. Mungkin pernah dari anda yang menggunakan sebuah AC mengalami masalah seperti ini.

Kondensasi sendiri merupakan sebuah kondisi dimana pipa AC yang berada di luar ruangan berembun seperti es. Dengan kondisi seperti itu menjadikan anda pemilik AC pastinya was-was dan berfikiran untuk mengatasi masalah kondensasi tersebut.

Cara Mengatasi Kondensasi AC Terbaru

Cara Mengatasi Kondensasi AC Terbaru

Nah untuk anda yang penasaran akan cara mengatasi masalah kondensasi pada AC, berikut akan hargaalat.id sampaikan di bawah ini. Jadi terus simak ulasan berikut ini sampai akhir agar anda paham dan jelas mengenai caranya, sehingga saat mengalami masalah serupa anda bisa menanganinya sendiri.

Cara Mengatasi Kondensasi AC

Cara Mengatasi Kondensasi AC

Untuk cara mengatasinya sendiri alangkah baiknya mengetahui mengenai sebuah penyebab utama dari munculnya embun di pipa AC terlebih dahulu. Sehingga nantinya akan lebih mudah dalam melakukan perbaikan kondensasi pada AC tersebut. Berikut beberapa cara mengatasinya:

  • Cek tekanan freon dengan manifold atau alat pengukur tekanan freon, jika terjadi kekurangan dari standar, maka anda hanya perlu segera mengisi lagi/ulang.
  • Cek apakah terjadi kebocoran pada sambungan pipa ac atau di bagian evaporator, jika ada lakukan perbaikan dengan menutup kebocoran tersebut atau bisa juga mengganti pipa jika terjadi rusak atau bocor cukup parah.
  • Cek armaflex atau pembungkus pipa AC, jika kondisinya sudah tidak baik dan tipis maka ganti dengan yang baru. Untuk mendapatkannya anda bisa datang ke toko penjual AC atau toko lain yang menyediakannya.
  • Cek pemakaian arus dengan ampere meter dan sesuaikan dengan nameplate tertera di outdoor, jika melebihi standar maka panggil teknisi atau tukang AC untuk mengatasinya. Jika anda paham mengenai hal tersebut maka anda bisa lakukan sendiri.

Faktor Penyebab Kondensasi AC

Faktor Penyebab Kondensasi AC

Sebelum melakukan perbaikan diatas untuk lebih memudahkan sebuah cara mengatasinya anda perlu mengetahui mengenai masalah atau penyebabnya. Faktor penyebab yang biasa terjadinya pada AC dengan masalah kondensasi bisa terjadi akibat:

  • Evaporator mengalami kotor sehingga pipa AC dimana seharusnya terdorong oleh kipas blower indoor tetap mengandung suhu dingin secara terus menerus.
  • AC mengalami kekurangan freon, sehingga jangan sampai AC anda kekurangan freon.
  • Pipa AC tidak ada pelindung berupa armaflex/insuflex, adapun jika menggunakan yaitu dengan kualitas armalek rendah.

Itulah informasi yang bisa sampaikan untuk anda semua mengenai cara mengatasi kondensasi pada AC dan penyebab yang menimbulkan masalah tersebut. Semoga informasi tersebut bisa bermanfaat dan berguna bagi semua yang membutuhkan. Jika terjadi sebuah masalah lain yang mengharuskan anda membeli mesin AC baru, berikut akan hargaalat.id sampaikan beberapa rekomendasi harga AC Daikin 1 PK terbaik.