√ AC Sharp Netes Air 2021 : Penyebab & Cara Mengatasi

AC Sharp Netes Air – Sharp menjadi salah satu merek AC yang sudah sangat terkenal dan terpercaya sebagai salah satu penghasil produk AC berkualitas. Banyak sekali tipe dan jenis AC sudah diproduksi oleh Sharp.

Semua produk tersebut memiliki kelebihannya sendiri, seperti misalnya fitur disematkan sudah paling terbaru. Sehingga setiap produk baru dari Sharp tentunya akan memiliki kelebihan dari produk-produk sebelumnya.

Bagi para pengguna AC Sharp tentunya sudah tidak ragu dengan kualitas diberikan tersebut. Namun para pengguna AC Sharp juga pernah menemui kendala atau masalah pada unit AC Sharp itu sendiri.

Salah satunya AC akan menampilkan KODE ERROR pada layar di unit AC yang setiap kode memiliki masalah berbeda. Tidak jarang ada juga permasalahan-permasalahan nyata dan langsung terlihat oleh si pengguna AC, seperti AC netes air di unitnya.

Penyebab dan Cara Mengatasi AC Sharp Netes Air Termudah

AC Sharp Netes Air

Jika Anda pengguna AC menemukan masalah berupa netes air, tentunya bertanya mengenai penyebab dan cara mengatasinya. Berikut akan disampaikan oleh hargaalat.id secara lengkap di bawah ini. Jadi simak ulasan ini sampai akhir.

1. Ada Blok Es pada Evaporator (Habis Freon)

Ada Blok Es pada Evaporator Habis Freon

Munculnya blok es pada evaporator bisa dikarenakan oleh akibat kurangnya freon (bocornya freon). Hal ini nantinya akan memunculkan bongkahan es yang membeku sehingga drainase AC penuh, tak berselang lama bongkahan tersebut akan mencair dan unit AC netes air.

Untuk penyebab seperti ini, cara untuk mengatasinya terbilang cukup mudah, di mana Anda para pengguna AC Sharp hanya perlu menambahkan freonnya kembali pada unit AC. Karena pada dasarnya muncul es atau salju itu sendiri diakibatkan oleh AC kehabisan freon.

2. Adanya Debu dan Kotoran

Adanya Debu dan Kotoran

Penyebab AC Sharp milik Anda meneteskan air juga bisa dikarenakan adanya debu dan kotoran sehingga akan menyumbat pipa saluran pembuangan. Sehingga air netes tidak sempurna dan di jalur yang tidak normal, bahkan pada unit AC Sharp tersebut bisa meneteskan air.

Selain membuat AC netes air, adanya penumpukan debu dan kotoran ini mengakibatkan udara dihasilkan juga akan kotor. Dengan begitu atasi AC Sharp Anda karena penyebab ini dengan selalu rajin membersihkan debu dan kotoran pada unit AC serta komponennya.

3. Air Netes di Celah Tersembunyi

Air Netes di Celah Tersembunyi

Banyak para pengguna AC Sharp mengalami masalah berupa unit AC tetap meneteskan air meskipun sudah sering diperbaiki. Tetap saja ada air netes lewat celah-celah tersembunyi yang membuat pengguna terasa bingung dengan permasalahan ini.

Jangan khawatir, untuk mengatasinya cukup mudah di mana Anda hanya perlu menemukan sumber dari tetesan air tersebut. Setelah itu lakukan perbaikan pada komponen AC Sharp yang bocor. Jika Anda tidak terlalu paham, maka bisa untuk panggil jasa tukang service AC.

4. Bagian Selang Ada Terjepit

Bagian Selang Ada Terjepit

AC netes air juga bisa disebabkan oleh adanya selang terjepit oleh komponen lain, sehingga jalur air pembuangan menumpuk dan air tidak bisa keluar secara sempurna. Untuk mengatasi masalah ini Anda para pengguna AC Sharp hanya perlu memperbaiki sampai selang tidak ada lagi bagian terjepit.

5. Instalasi AC Ada Masalah

Instalasi AC Ada Masalah

Instalasi salah atau bermasalah juga bisa menyebabkan AC Sharp Anda akan meneteskan air yang tentunya tidak diinginkan. Kesalahan instalasi ini sendiri seperti kemiringan saluran pembuangan, sehingga biasanya air netes lewat pipa pembuangan AC justru tidak bisa keluar lewat saluran pembuangan.

Untuk mengatasinya Anda hanya perlu memperbaiki instalasi AC tersebut, terutama pada bagian saluran pembuangan agar nantinya air bisa netes dengan lancar tanpa ada hambatan. Biasanya mengatasi ini sampai membuka casing dari unit AC, jadi hal ini perlu ketelitian.

6. Masalah Kondensasi

Masalah Kondensasi

AC Sharp Anda meneteskan air juga bisa disebabkan oleh perbedaan suhu cukup tinggi di dalam pipa dan di luar. Masalah ini biasanya akan menyerang AC Sharp yang sudah digunakan dalam waktu cukup lama. Karena biasanya pembungkus pipa sudah tidak layak pakai.

CARA MENGATASI KONDENSASI AC netes air akibat masalah ini Anda bisa memperbaiki dengan mengganti pembungkus pipa tersebut dengan pembungkus pipa baru. Anda bisa mendapatkannya di toko elektronik atau toko yang menyediakan komponen-komponen AC.

7. Selang Pembuangan Tersumbat

Selang Pembuangan Tersumbat

Penyebab terakhir AC Sharp Anda netes air bisa dikarenakan evaporator kotor, hal ini sering terjadi pada AC yang jarang dibersihkan. Hal ini akan membuat cairan yang seharusnya menetes berubah jadi jel/lendir sehingga mengakibatkan penyumbatan.

Untuk mengatasinya Anda bisa menyemprotkan angin bertekanan tinggi agar gel tersebut bisa keluar. Atau jika tidak ada angin tekanan tinggi (kompresor) Anda bisa gunakan lidi atau kawat panjang untuk mengoreknya.

Itulah informasi penyebab dan cara mengatasi AC Sharp meneteskan air dapat hargaalat.id sampaikan untuk Anda. Semoga adanya ulasan tersebut, para pengguna AC Sharp yang menemukan masalah seperti itu bisa untuk mengatasinya.