10 Cara Mengatasi AC Sharp Error H3 2022 : Penyebab & Tips

Cara Mengatasi AC Sharp Error H3 – Saat ini penggunaan AC atau pendingin ruangan sudah menjadi salah satu perabotan wajib bagi sebagian besar pemilik rumah, kantor, Toko atau sejenisnya. Dari sekian banyak merk AC yang  dijual di Indonesia, Sharp menjadi salah satu merk terbaik dan paling banyak digunakan.

Sementara itu, Sharp juga merilis beberapa produk AC dengan kapasitas mulai dari 1/2 PK sampai 3 PK. Selain itu, AC Sharp juga terbagi menjadi beberapa tipe, seperti AH-A5UCY, AH-A5UCY dan AH-XP13VXY. Mungkin beberapa dari kalian ada yang menggunakan AC Sharp di rumahnya, jika demikian kalian pasti sudah tahu seperti apa kualitas dari AC merk tersebut.

Ya, kualitas AC merk Sharp bisa dibilang sudah tidak perlu diragukan lagi, tapi bukan berarti perangkat ini tidak bisa mengalami masalah sama sekali. Jadi, belakangan ini kami memperoleh banyak pertanyaan dari para pengguna AC Sharp, khususnya terkait cara mengatasi AC Sharp Error H3.

Kode Error AC Sharp H3 merupakan salah satu permasalahan yang sering dialami pengguna perangkat tersebut. Jika kalian juga sedang mengalami masalah serupa, berikut ini telah kami siapkan pembahasan lengkap seputar penyebab hingga cara mengatasi AC Sharp Error H3.

Penyebab AC Sharp Error H3

Penyebab AC Sharp Error H3

Seperti kami sebutkan diatas, meskipun kualitas AC Sharp sudah tidak perlu diragukan lagi, tetap saja perangkat ini bisa mengalami berbagai masalah, diantaranya adalah error H3 yang terjadi karena pemilik tidak merawatnya dengan baik.

Bagi yang belum tahu, dampak atau akibat dari terjadinya error H3 adalah AC Sharp menjadi tidak dingin karena beban berlebih pada kompresor. Selain berasal dari kesalahan pengguna, munculnya kode error H3 pada AC Sharp juga bisa disebabkan oleh beberapa faktor dibawah ini :

1. AC Kotor

Penyebab pertama adalah kondisi AC Sharp di bagian dalam maupun bagian dalam kotor, sehingga menghambat kinerja pendingin udara tersebut. Hal ini biasanya dialami oleh pengguna rumahan yang mungkin tidak sempat membersihkan AC secara rutin.

2. Themistor Bermasalah

Penyebab kedua adalah Themistor pada AC Sharp bermasalah atau bahkan sudah rusak. Jika terjadi demikian, maka kinerja Themistor dalam mendeteksi sensor suhu sekaligus sebagai pemutus arus kompresor jadi kurang maksimal.

3. Voltase Terlalu Rendah

Selain itu, error H3 pada AC Sharp juga bisa terjadi ketika Voltase atau Daya Listrik yang digunakan terlalu rendah. Dengan begitu, kinerja mesin kompresor pada AC Sharp nantinya jadi lebih berat hingga mengakibatkan kompresor mengalami over heat.

4. Kompresor Over Heat

Selanjutnya, masalah atau kode error H3 pada AC Sharp juga bisa berasal dari kompresor yang kehabisan Oli sehingga terjadi over heat. Ingat, ketika kompresor over heat maka hal ini sudah jelas menimbulkan error H3 di AC Sharp. Selain karena kehabisan Oli, kompresor juga bisa mengalami over heat ketika running kapasitor kompresor rusak, panas dari kondesor tidak maksimal karena fan outdoor bermasalah dan lain sebagainya.

5. Freon Habis

Terakhir, jika Freon pada AC Sharp habis atau terjadi kebocoran juga sudah pasti bakal berdampak pada munculnya kode error H3. Ingat, Freon AC sendiri berfungsi sebagai gas pendingin untuk perangkat AC. Oleh karena itu, jika Freon habis maka AC tidak bisa mengantarkan pendingin ke ruangan tersebut.

Cara Mengatasi AC Sharp Error H3

Cara Mengatasi AC Sharp Error H3

Setelah menyimak beberapa penyebab dari AC Sharp mengalami error H3, sekarang mari kita lanjut ke tata cara mengatasi AC Sharp error H3. Berikut ini telah kami siapkan beberapa cara yang bisa diterapkan untuk mengatasi error H3 maupun kode masalah AC Sharp lainnya :

1. Bersihkan AC

Cara pertama untuk mengatasi AC Sharp error H3 adalah membersihkan bagian dalam dan luar AC. Dengan begitu, sirkulasi pendingin udara yang sebelumnya terhambat oleh debu, setelah dibersihkan nantinya kinerja AC bisa kembali optimal.

2. Ganti Themistor

Cara kedua adalah mengganti Themistor yang rusak. Jadi, setelah melakukan cek Themistor menggunakan alat multi tester dan hasilnya kurang dari 8k, maka kalian perlu ganti Themistor. Harga Themistor untuk AC Sharp dibanderol mulai dari Rp. 18.000 sampai dengan Rp. 100.000, tergantung kapasitas AC yang digunakan.

3. Tambah Daya Listrik

Cara selanjutnya untuk mengatasi AC Sharp error H3 yaitu menambah daya listrik. Cara ini berlaku jika kode error H3 pada AC Sharp disebabkan oleh Voltase yang terlalu rendah. Perlu diketahui, Voltase normal yang diperlukan untuk unit AC adalah 220 Volt.

4. Isi Ulang Oli Kompresor

Kemudian jika masalah diatas disebabkan oleh kompresor yang kehabisan oli, maka cara mengatasi yang paling tepat adalah mengisi ulang oli kompresor. Tapi sebelum itu, alangkah baiknya kalian juga cek ampere kompresor terlebih dahulu. Apabila semuanya normal, maka silahkan lanjut mengisi ulang oli kompresor untuk mengatasi error H3 di AC Sharp.

5. Isi Ulang Freon AC

Cara terakhir untuk mengatasi masalah diatas memeriksa Freon AC, jika ternyata sudah habis maka segera lakukan isi ulang. Sebelum melakukan pengisian Freon R32, kami sarankan untuk memeriksa apakah ada kebocoran Freon atau tidak. Jika ternyata aman, maka lakukan cleaning pakai vakum cleaner, kalau sudah benar-benar bersih baru kalian isi kan Freon R32 yang sudah disiapkan.

Tips Merawat Pendingin Udara

Sampai disini kalian sudah tahu apa saja penyebab hingga bagaimana cara mengatasi permasalahan error H3 pada AC Sharp. Bagi pengguna AC Sharp, silahkan pakai cara diatas untuk mengatasi kode error H3. Apabila cara-cara tersebut efektif mengatasi masalah error H3, selanjutnya kalian bisa menerapkan beberapa tips dibawah ini agar masalah serupa tidak terjadi lagi di kemudian hari :

  • Bersihkan AC minimal 1 bulan sekali
  • Rutin cek kapasitas Oli pada kompresor untuk menghindari terjadinya over heat
  • Periksa Freon AC, jika mendapati adanya indikasi kebocoran maka segera hubungi teknisi
  • Matikan AC jika tidak digunakan atau ketika rumah di tinggal ke luar kota

KESIMPULAN

Itu saja informasi dari Hargaalat.id mengenai solusi AC Sharp mengalami error H3. Jadi, ketika AC Sharp mengalami masalah tersebut penyebab utama nya berasal dari kompresor yang over heat. Selain itu, ada juga beberapa faktor yang menjadi alasan AC Sharp tidak dingin, yaitu unit kotor, Freon habis, Voltase Drop dan lain sebagainya.

sumber gambar :

  • Channel Youtube Service AC Bekasi
  • Channel Youtube JS Channel
  • Ruanganbaca.com