10 Cara Mengatasi Error EC Pada AC Midea 100% Teratasi

Advertisements

Cara Mengatasi Error EC Pada AC Midea – Air conditioner kini sudah menjadi kebutuhan, dimana AC sangat membantu untuk menyejukkan suhu ruangan, sehingga rumah lebih nyaman. Berbagai merk dan model AC telah hadir di Indonesia, salah satunya yakni Midea yang diklaim punya kualitas sangat baik.

Midea sendiri menyediakan produk AC berkapasitas 1/2 PK hingga 2,5 PK dengan berbagai fitur unggulan dan bahkan Midea menjadi salah satu merk unggulan AC 1/2 PK low watt termurah. Maka tak heran banyak orang lebih memilih AC Midea sebagai AC terbaik hemat listrik, harga terjangkau serta berkualitas tinggi.

Meskipun dikenal berkualitas, namun bagaimanapun sebuah produk ciptaan oleh manusia tidak ada yang sempurna dan pasti ada kalanya AC Midea tersebut mengalami error atau rusak. AC Midea error bisa dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik itu karena faktor usia pemakaian ataupun faktor kurang perawatan.

Advertisements

Banyak pengguna AC Midea mengalami error dengan menampilkan kode-kode tertentu, seperti EC. Lantas, apa arti error EC pada AC Midea? Nah, buat Anda yang penasaran dengan error EC ini, langsung saja simak arti, penyebab dan cara mengatasi error EC pada AC Midea melalui penjelasan lengkap di bawah ini.

Arti Kode Error EC di AC Midea

Arti Kode Error EC di AC Midea

Advertisements

AC Midea error EC, kerap kali membuat kebingungan para pengguna yang mengalaminya. Buat Anda yang bingung dengan error EC pada AC Midea ini, maka sebaiknya pahami arti dari kode error EC yang muncul pada AC Midea Anda.

Kode error EC di AC Midea menandakan bahwa komponen thermistor pada unit tidak bisa mendeteksi suhu dingin di unit Indoor. Error EC ini menunjukan bahwa telah terjadi permasalahan pada saat mendeteksi kebocoran freon AC Midea.

Penyebab Error EC Pada AC Midea

Penyebab Error EC Pada AC Midea

Error EC pada AC Midea muncul bukanlah karena tanpa sebab, namun ada beberapa hal yang bisa menjadi indikasi AC Midea error EC. Nah, untuk memudahkan Anda dalam mengatasi error EC, maka ketahui terlebih dahulu apa penyebab error di air conditioner, agar perbaikan bisa lebih akurat.

Oleh sebab itu, agar bisa dengan mudah mengatasi error EC pada AC Midea kenali beberapa indikasi penyebab error EC tersebut terjadi. Adapun beberapa penyebab AC Midea mengalami error kode EC yaitu sebagai berikut ini.

  • Kebocoran pada refrigen atau Freon.
  • Pemasangan AC kurang baik.
  • Adanya masalah di bagian sensor atau thermistor.
  • Masalah pada PCB Indoor maupun outdoor.

Nah, itulah beberapa penyebab paling sering terjadi yang menimbulkan AC Midea menjadi error dengan menampilkan kode EC. Lalu, bagaimana cara mengatasi error tersebut? Simak cara mengatasinya pada penjelasan lengkap berikut ini.

Cara Mengatasi Error EC Pada AC Midea

Cara Mengatasi Error EC Pada AC Midea

Hal pertama yang dipikirkan ketika AC mengalami error, tentu saja caranya mengatasi error tersebut. Cara mengatasi error EC pada AC Midea pada dasarnya sangat mudah, ini mungkin sama mudahnya dengan cara memperbaiki AC tidak dingin, dimana penyebab kerusakannya yang harus diperbaiki.

Mungkin buat Anda yang tidak tahu perihal AC, maka solusinya memanggil teknisi AC. Namun, bila ingin menghemat biaya untuk membayar teknisi service AC, maka Anda bisa memperbaikinya sendiri dengan mengikuti cara di bawah ini.

1. Matikan AC dan Lepas Sambungan Listrik

Cara mengatasi error EC pada AC Midea bisa dilakukan dengan mematikan AC tersebut. Kemudian, lepaskan pula kabel yang terhubung dengan daya listrik.

Lalu, tunggu selama kurang lebih 2-3 menit dan setelah itu nyalakan kembali AC Midea Anda. Biasanya setelah itu kode error EC akan langsung hilang, namun jika tidak maka Anda bisa melakukan cara lain di bawah ini untuk mengatasi error EC.

2. Periksa Kebocoran Freon

Kebocoran freon biasanya ditandai dengan adanya minyak disekitar unit indoor atau outdoor AC Midea. Untuk memastikannya, Anda bisa menggunakan sabun dan air seperti yang biasa dilakukan ketika mencari kebocoran di ban kendaraan.

Jika ini terjadi, sebaiknya Anda memanggil teknisi AC untuk mendeteksi adanya kebocoran freon menggunakan alat khusus. Nantinya, kebocoran akan diperbaiki dan jika freon kurang maka Anda ditambah atau diganti oleh teknisi AC.

3. Periksa Sensor AC Midea

Error EC juga bisa disebabkan karena ada masalah pada bagian sensor. Dimana koneksi sensor yang longgar menjadi pemicu utama mengapa error EC muncul.

Nah, jika kendala ini terjadi, maka cara terbaik untuk mengatasi kerusakan pada sensor yaitu dengan memanggil teknisi service AC kepercayaan Anda.

4. Cek Komponen PCB AC Midea

Cara lain untuk mengatasi error EC pada pendingin ruangan yaitu dengan memeriksa semua komponen pada PCB menggunakan AVOmeter. Periksa satu-satu komponen untuk memastikan ada komponen yang sudah mati atau tidak.

Nah, jika ada komponen yang mati, maka lepas komponen tersebut dan ganti dengan komponen yang baru. Setelah itu, pasang kembali dan biasanya kode error  EC pada pendingin ruangan merk Midea akan langsung hilang.

Setelah  melakukan beberapa langkah di atas, namun kode error EC belum juga hilang. Maka coba lakukan cara di bawah ini untuk mengatasi error EC itu.

  1. Matikan power  listrik dan periksa bagian unit outdoor. Cek apakah kompresor hidup atau tidak.
  2. Periksa juga tekanan freon pada unit outdoor masih norma atau tidak. Untuk kondisi standar, umumnya tekanan freon antar 150-160 psi untuk freon R32 (setiap jenis tekanannya berbeda-beda).
  3. Jika freon kosong, maka coba cek apakah ada kebocoran atau tidak. Jika ada  segera perbaiki kebocoran freon tersebut.
  4. Setelah kobocoran di atas, maka Anda bisa mengisi ulang freon. Ini sebaiknya dilakukan oleh teknisi service AC.

Sejatinya untuk mengatasi error EC pada AC Midea lebih aman dan maksimal dibawa ke tempat service AC. Ini lebih aman dan perbaikan lebih akurat, namun ada biaya service. Namun dengan ini maka error EC akan diatasi dengan cepat.

Nah, itulah informasi lengkap dari hargaalat.id terkait cara mengatasi error EC pada AC Midea lengkap beserta penyebab error. Mungkin itu saja informasi untuk mengatasi error EC dari kami, semoga ulasan di atas membantu Anda.

Advertisements