4 Cara Reset Meteran Listrik Pulsa Untuk Mengatasi Error

Advertisements

Cara Reset Meteran Listrik Pulsa – Menggunakan meteran listrik prabayar memang diklaim lebih efisien dan hemat, karena pengguna bisa memantau pemakaian listrik secara mandiri langsung dari layar MCB meteran listrik. Meskipun begitu, namun bukan berarti meteran listrik pulsa tidak bisa mengalami error.

Nyatanya meteran listrik pulsa kerap kali terjadi error dengan memunculkan kode ataupun pesan tertentu di layar MCB. Kode atau pesan yang muncul kerap kali menjadi indikasi kerusakan ringan maupun serius yang dapat menimbulkan sebuah kerugian yang sangat besar bagi pengguna meteran itu sendiri.

Maka dari itu, ketika meteran listrik pulsa mengalami error biasanya pengguna akan langsung menghubungi pihak PLN untuk segera memperbaiki meteran listrik di rumahnya. Sebenarnya ada salah satu cara bisa dilakukan untuk mengatasi berbagai error code yang muncul pada meteran listrik pulsa prabayar.

Advertisements

Cara paling ampuh untuk mengatasi error pada meteran listrik pulsa yaitu dengan melakukan reset untuk memperbaiki kembali sistem-sistem yang salah pada meteran listrik. Lantas, bagaimana cara reset meteran listrik pulsa? Nah, bagi yang belum mengetahui caranya, langsung saja simak penjelasan lengkap di bawah ini.

Kenapa Harus Reset Meteran Listrik Pulsa ?

Mungkin banyak pengguna bertanya-tanya mengapa meteran listrik pulsa harus dilakukan reset? Atau mungkin beberapa pengguna pernah di telepon oleh pihak PLN, bahwa mereka akan melakukan reset meteran listrik di rumahnya.

Simpel saja, sebenarnya petugas PLN sendiri akan melakukan reset minimal selama 5 tahun sekali. Jadi meskipun meteran listrik tersebut tidak mengalami error, pihak PLN tetap akan melakukan reset jika sudah 5 tahun meteran dipakai.

Menurut petugas PLN reset ini dibutuhkan agar pengguna bisa melakukan isi pulsa. Hal ini dilakukan sebagai pemeliharaan dan langkah perawatan meteran listrik prabayar agar tetap berfungsi dengan norma tanpa terjadi error.

Jadi ketika dapat telepon dari pihak PLN ingin melakukan reset meteran listrik di rumah Anda, maka sebaiknya beri izin saja. Hal ini dikarenakan reset meteran listrik pulsa memang bagus dilakukan, lebih lagi pengguna masih bisa beraktivitas seperti biasa karena proses reset itu sendiri tidak terjadi perubahan apapun.

Manfaat Reset Meteran Listrik Pulsa

Manfaat Reset Meteran Listrik Pulsa

Advertisements

Selain itu, reset listrik prabayar juga memiliki sejumlah manfaat menguntungkan, jadi tidak ada ruginya jika meteran listrik Anda direset. Terdapat sejumlah manfaat bisa Anda rasakan jika mereset meteran listrik token pulsa tersebut.

Mengingat reset itu sendiri memang bagus dan bahkan secara otomatis akan dilakukan oleh pihak PLN setiap 5 tahun sekali, sehingga tidak ada hal perlu dikhawatirkan. Adapun manfaat mereset meteran listrik pulsa yakni sebagai berikut.

  1. Memperbaiki kembali sistem salah dalam meteran listrik pulsa.
  2. Mengatasi error kode yang muncul pada meteran listrik pulsa.
  3. Mengatasi meteran listrik pulsa GAGAL atau PERIKSA.
  4. Mengatasi tidak bisa memasukkan kode token pulsa listik.

Selain itu, reset juga berfungsi untuk mengatasi meteran listrik error 02. Jelasnya, hampir semua kerusakan internal pada meteran listrik token prabayar bisa diatasi dengan melakukan reset kembali ke sistem awal tersebut.

Bukan itu saja, namun reset juga sangat efektif untuk mengatasi tulisan PERIKSA pada listrik prabayar. Dari sini dapat disimpulkan bahwasanya reset meteran prabayar ini memang sangat bermanfaat karena bisa mengatasi berbagai error.

Maka dari itu, banyak pengguna ingin melakukan reset meteran listrik mereka, namun tidak mengetahui caranya. Bagi Anda tidak tahu cara reset meteran prabayar, maka langsung saja simak ulasan di bawah ini untuk mengetahuinya.

Cara Reset Meteran Listrik Pulsa

Cara Reset Meteran Listrik Pulsa

Cara mereset meteran listrik token sendiri pada dasarnya sangatlah gampang, dimana pengguna hanya perlu memasukkan kode reset saja. Meskipun demikian, namun kode reset setiap merk meteran listrik itu sendiri berbeda-beda.

Jadi wajar saja masih banyak pengguna yang bingung dengan cara reset meteran prabayar meski caranya sangat mudah. Selain itu, reset juga harus dilakukan dengan langkah yang benar, agar bisa berhasil dan tidak menimbulkan kerugian.

Bagi yang penasaran dengan cara reset meteran listrik pulsa, maka langsung saja Anda ikuti langkah-langkah melakukan reset meteran prabayar di bawah ini.

1. Matikan Seluruh Peralatan Elektronik

1. Matikan Seluruh Peralatan Elektronik

Sebelum mereset meteran listrik pulsa, pastikan terlebih dahulu semua alat elektronik di rumah telah dimatikan. Hal ini sangat penting untuk dilakukan agar benar-benar tidak ada aliran listrik yang sedang digunakan di rumah Anda.

Pastikan untuk mematikan alat elektronik terlebih dahulu sebelum mencabut kabel listriknya. Ini bertujuan agar alat elektronik tersebut tidak mudah rusak serta umur pemakaiannya tetap panjang alias awet dan tahan lama.

2. Cabut Semua Kabel Listrik

2. Cabut Semua Kabel Listrik

Setelah semua peralatan elektronik telah dimatikan, berikutnya cabut semua kabel-kabel yang terhubung dengan aliran listrik di rumah. Hal ini bertujuan untuk menghindari adanya kemungkinan arus listrik yang masih mengalir.

Karena apabila masih ada arus listrik mengalir, maka meteran listrik tetap akan menghitung pengeluaran listrik dan peralatan elektronik dapat tetap menyala. Jadi jangan hanya mematikan alat elektronik saja, namun juga mencabut semua kabel penghubung peralatan elektronik dengan arus listrik agar tidak boros.

3. Masukkan Kode Reset Meteran Listrik

3. Masukkan Kode Reset Meteran Listrik

Setelah itu, maka Anda bisa langsung melakukan reset meteran listrik di rumah. Seperti sudah kami singgung sebelumnya, bahwasanya cara reset meteran listrik pulsa yakni dengan memasukkan kode reset meteran listrik itu sendiri.

Pengguna bisa melakukan reset dengan mematikan meteran listrik untuk memperbaiki kembali sistem yang salah pada meteran listrik tersebut. Sebelum itu, matikan meteran listrik pulsa token di rumah Anda terlebih dahulu.

Setelah kurang lebih 15 menit dimatikan, nyalakan kembali meteran listrik dan masukkan kode reset meteran listrik. Untuk reset meteran listrik Melcoinda dan merek lainnya silahkan masukkan kode reset 00, sedangkan untuk reset meteran listrik Hexing silahkan masukkan kode 800, lalu tekan tombol enter.

Maka setelah itu, meteran listrik akan mereset secara langsung. Proses reset ini tidak membutuhkan waktu lama, kurang lebih hanya sekitar 5 menit saja.

4. Menghubungi Pihak PLN

Nah, jika kode reset di atas tidak berhasil atau meteran listrik Anda memunculkan pesan PERIKSA, maka cara untuk mengatasinya yakni dengan meminta kode reset kepada petugas PLN atau meminta petugas untuk mereset meteran listrik Anda.

Pengguna bisa menelepon call center PLN di nomor 123 dan kemudian, sampaikan tujuan Anda ingin melakukan reset meteran karena terjadi error. Nantinya, pihak PLN akan meminta nomor meteran listrik di rumah, keterangan kerusakan atau error yang dialami dan akan melakukan reset langsung dari kantor PLN.

Nah, itulah cara-cara untuk reset meteran listrik pulsa. Dengan cara di atas, apabila meteran listrik error maka bisa dengan mudah di atasi tanpa memanggil PLN.

Demikianlah informasi lengkap dari hargaalat.id terkait cara reset meteran listrik pulsa lengkap beserta manfaat melakukan reset. Sekiranya hanya itu saja informasi dari kami, semoga artikel tutorial di atas bisa membantu Anda semuanya.

Advertisements